Belajar Bisnis dari Bangku Kampus? Coba Peluang Bisnis Online untuk Mahasiswa

Bagi ke media sosial..twitter » Belajar Bisnis dari Bangku Kampus? Coba Peluang Bisnis Online untuk Mahasiswafacebook » Belajar Bisnis dari Bangku Kampus? Coba Peluang Bisnis Online untuk Mahasiswagoogle » Belajar Bisnis dari Bangku Kampus? Coba Peluang Bisnis Online untuk Mahasiswapinterest » Belajar Bisnis dari Bangku Kampus? Coba Peluang Bisnis Online untuk Mahasiswalinkedin » Belajar Bisnis dari Bangku Kampus? Coba Peluang Bisnis Online untuk Mahasiswa

Belajar Bisnis dari Bangku Kampus? Coba Peluang Bisnis Online untuk Mahasiswa – Kampus itu bukan hanya tempat belajar hal-hal berbau akademis saja, namun juga tempat belajar bisnis, tempat mengasah soft skill, dan tempat membangun relasi. Bila kamu ingin menjadi pebisnis, di kampus, kamu bisa belajar bisnis dan membangun relasi bisnis dengan cara mencoba berbagai macam peluang bisnis online untuk mahasiswa di sela – sela aktivitas belajarmu.

Ada banyak pengusaha sukses yang sudah mulai meniti karir usaha nya sejak di bangku perkuliahan. Sebut saja Chairul Tanjung dan Elang Gumilang. Dua pengusaha top asal Indonesia ini sudah memulai kiprah bisnis mereka sejak mereka masih menyandang status mahasiswa.

Nah, bila kamu ingin seperti mereka, tidak ada salah nya bukan bila kamu mencontoh apa yang mereka lakukan? Itung – itung untuk mempersiapkan fisik dan mental bila nanti nya benar – benar akan membuka usaha selepas kuliah.

Lantas bisnis apa ya kira – kira yang cocok untuk dijalankan oleh mahasiswa di sela – sela aktivitas kampus yang padat? Jawaban nya ada banyak, dan salah satu di antara nya adalah bisnis online.

memulai usaha dari kampus dengan bisnis online » Belajar Bisnis dari Bangku Kampus? Coba Peluang Bisnis Online untuk Mahasiswa

Beberapa contoh peluang bisnis online untuk mahasiswa sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Jadi Blogger

Khusus untuk kamu yang hobi nulis, bisnis yang satu ini benar – benar sangat cocok untuk kamu tekuni. Ya, menjadi blogger.

Dengan menjadi blogger, selain bisa menekuni hobi menulis, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang jumlah nya bisa melebihi gaji karyawan kantoran.

Jika dilihat pekerjaan  seorang blogger memang sepele. Namun potensi penghasilan yang bisa diraup tergolong tidak main – main.

Konon seorang blogger yang sudah berhasil membangun beberapa blog bisa berpenghasilan hingga puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah.

Tapi hal ini tidak mudah. Karena selain membutuhkan konsistensi, ngeblog itu juga membutuhkan kesabaran, terutama di masa – masa awal dimana blog yang dibangun belum menghasilkan pendapatan sama sekali.

Untuk mendirikan sebuah blog, ada dua alternatif pilihan yang bisa kamu pilih, yaitu dengan menggunakan fasilitas blog gratisan dan dengan menggunakan fasilitas berbayar. Di tahap belajar, kamu bisa menggunakan fasilitas blog gratisan seperti wordpress dan blogspot.

Nah, yang perlu kamu lakukan saat ngeblog adalah menyediakan tulisan yang dibutuhkan orang lain selengkap dan sebaik yang kamu bisa, serta mempromosikan nya pada orang – orang yang membutuhkan tulisan tersebut.

Bila nanti nya blog milikmu sudah memiliki banyak pengunjung, kamu bisa menyediakan layanan pasang iklan pribadi, layanan paid review, atau pun menggunakan jasa iklan pihak ketiga untuk mendapatkan penghasilan.

  1. Jadi Youtuber

Peluang bisnis online untuk mahasiswa yang ke dua adalah menjadi seorang Youtuber. Hampir sama dengan seorang blogger, seorang youtuber kerjaan nya juga menyediakan informasi bermanfaat kepada orang – orang yang membutuhkan.

Hanya saja, jika seorang blogger menyediakan informasi via tulisan, seorang youtuber menyediakan informasi nya via video yang diunggah / diupload ke halaman website youtube.

Sama seperti hal nya seorang blogger, seorang youtuber yang sudah berhasil juga bisa mendapatkan penghasilan yang luar biasa fantastis.

Hanya saja kembali lagi, jalan yang harus dilalui untuk bisa sampai ke level tersebut sangat lah tidak mudah dan cepat.

Untuk bisa terjun ke bisnis ini, kamu hanya perlu membuat akun youtube, lalu menyediakan konten yang dibutuhkan oleh banyak orang, entah itu konten edukasi, informasi dan atau hiburan.

Nah, nanti nya, setiap video yang kamu miliki bisa dipasangi iklan entah itu iklan baris atau pun iklan video.

Atau, bila channel youtube milikmu menyasar niche tertentu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan via paid review terhadap produk – produk terkait dengan niche channel youtube yang kamu miliki.

  1. Jadi Buzzer di Media Sosial

Peluang bisnis online untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah menjadi buzzer di sosmed.

Tidak jauh berbeda dengan dua peluang usah onlne yang sebelumnya, menjadi buzzer di media sosial sebenarnya juga masih terkait dengan aktivitas menyediakan konten bermanfaat untuk orang lain.

Beda nya, tempat penyajian konten nya seorang buzzer bukan di blog atau pun channel youtube. Tempat penyajian konten nya seorang buzzer adalah di media sosial yang sedang ngetrend saat ini, seperti di Facebook, di Instagram, Twitter, Line, dan lain sebagai nya.

Beberapa  buzzer feed ternama yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi adalah Dagelan, Arief Muhammad (merangkap sebagai Youtuber), dan MotomobiTV (merangkap sebagai Youtuber).

Untuk mendapatkan penghasilan sendiri, seorang buzzer sosial media biasa nya cenderung memanfaatkan layanan paid promote, paid review, dan jualan produk milik pribadi.

  1. Jadi Content Maker

Peluang bisnis online untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah menjadi seorang content maker.

Seperti yang telah disebutkan di atas, seorang blogger, youtuber, dan buzzer feed sosial media semua nya membutuhkan content untuk bisa menjalankan aktivitas bisnis milik mereka.

Pertanyaan nya, apakah mereka membuat sendiri semua konten yang mereka miliki? Jawaban nya bisa ia bisa juga tidak. Untuk blogger, youtuber, dan buzzer sosial media yang sudah ternama mungkin mereka akan membuat content mereka sendiri dengan jalan mempekerjakan orang lain yang memang ahli dalam bidang tersebut. Namun hal ini berbeda dengan blogger, youtuber dan buzzer sosial media yang belum begitu ternama..

Sebagian besar blogger, youtuber dan buzzer sosial media yang masih belum begitu top biasa nya akan membeli content dari para penyedia content.

Nah, maka dari itu, bila kamu memiliki kemampuan atau pun keahlian dalam membuat content yang dibutuhkan oleh blogger, youtuber dan juga buzzer sosial media, kamu bisa mencoba peluang usaha online yang satu ini.

Untuk menawarkan keahlian dan atau mendapatkan job sendiri, kamu bisa menawarkan jasa content maker milik mu di tempat ngumpul nya para blogger, youtuber dan buzzer sosial media, baik itu di forum – forum online di situs khusus untuk freelancer dan atau di forum sosial media.

  1. Menjadi Dropshipper

Peluang bisnis online untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah menjadi seorang Dropshipper.

Tugas seorang dropshipper adalah menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Dalam hal ini, kamu hanya perlu mencari pembeli tanpa harus menyediakan barang dagangan sama sekali.

Lha, lantas yang dijual apa dong?

Nah, itu lah seni dalam bisnis dropship. Di bisnis ini kamu harus menemukan supplier terlebih dahulu.

Misal nya kamu ingin jualan tas. Pertama – tama kamu harus menemukan supplier yang bersedia menjadi pemasok. Setelah itu, kamu tinggal meminta katalog mereka untuk kamu tawarkan secara online entah itu di media sosial, di blog pribadi milikmu, atau pun di tempat – tempat lain nya.

Bila nanti nya ada pembeli, kamu tinggal menghubungi supplier mu untuk mengirimkan barang ke alamat konsumen.

Gimana? Sangat mudah bukan?

Nah, itu lah beberpa peluang bisnis online untuk mahasiswa yang layak untuk kamu coba! Selamat mencoba dan semoga sukses ya!