Bisnis Online Dropship, Usaha Sampingan Tanpa Modal Untuk Semua Golongan Masyarakat

Bagi ke media sosial..twitter » Bisnis Online Dropship, Usaha Sampingan Tanpa Modal Untuk Semua Golongan Masyarakatfacebook » Bisnis Online Dropship, Usaha Sampingan Tanpa Modal Untuk Semua Golongan Masyarakatgoogle » Bisnis Online Dropship, Usaha Sampingan Tanpa Modal Untuk Semua Golongan Masyarakatpinterest » Bisnis Online Dropship, Usaha Sampingan Tanpa Modal Untuk Semua Golongan Masyarakatlinkedin » Bisnis Online Dropship, Usaha Sampingan Tanpa Modal Untuk Semua Golongan Masyarakat

Semenjak jumlah pengguna meningkat, juga mulai diminati oleh banyak orang. Ada banyak sekali jenis bisnis online, salah satu jenisnya yang ditekuni oleh banyak orang saat ini adalah .

Bisnis online dropship memang paling cocok dijadikan tanpa modal. Anda tidak membutuhkan ketrampilan khusus untuk mulai bisnis online satu ini.

Apakah anda juga tertarik untuk mencoba belajar bisnis online? Masih bingung bagaimana cara memulai bisnis online model dropship?

Bagi anda yang mau mencoba menjalankan bisnis online dropship namun masih belum paham bagaimana caranya, anda bisa membaca penjelasan selengkapnya mengenai cara menjalankan bisnis online model dropship di artikel ini.

ilustrasi bisnis online dropship » Bisnis Online Dropship, Usaha Sampingan Tanpa Modal Untuk Semua Golongan Masyarakat

Modal Awal Menjalankan Bisnis Online Dropship

Katanya bisnis online dropship itu adalah jenis usaha sampingan tanpa modal? Lalu kenapa kita masih membahas mengenai modal awal yang perlu anda miliki untuk memulai usaha ini?

Begini, sebenarnya tidak ada satupun usaha yang bisa dijalankan tanpa modal apapun. Setiap usaha pasti membutuhkan modal awal. Namun banyak yang salah mendefinisikan mengenai modal awal sebuah usaha tersebut.

Modal awal tidak selalu sesuatu yang harus anda beli. Modal awal bisa jadi adalah apa yang selama ini sudah anda miliki, namun belum anda gunakan fungsinya secara maksimal.

Sebagai contohnya, bisnis online dropship ini membutuhkan beberapa modal awal yang kemungkinan besar sudah anda miliki. Berikut ini adalah beberapa modal awal yang wajib anda miliki jika ingin memulai bisnis online dropship:

  • Rekening Bank

Modal pertama yang wajib anda miliki ketika akan memulai bisnis online adalah rekening bank.

Perlu anda ketahui, anda nantinya akan menerima pembayaran mayoritas dengan cara transfer ke rekening bank. Oleh sebab itu, usahakan untuk sudah memiliki rekening bank sebelum memulai bisnis online apapun.

Sebisa mungkin, buatlah rekening bank atas nama anda sendiri. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen kepada anda.

Tak hanya itu, sebaiknya anda juga memiliki lebih dari satu rekening bank atas nama anda sendiri. Sangat disarankan untuk memiliki minimal satu rekening bank swasta dan satu rekening bank BUMN.

Kenapa harus dua macam rekening bank? Hal ini bertujuan untuk mempermudah konsumen dalam proses pembayaran, mengingat transfer antar bank swasta dan BUMN yang masih cukup mahal.

  • Smartphone

Modal kedua yang wajib anda miliki untuk memulai bisnis online dropship adalah smartphone. Smartphone nantinya akan anda gunakan sebagai alat untuk mempromosikan barang-barang yang anda jual secara online.

Selain itu, smartphone juga dibutuhkan untuk membuat dokumentasi produk-produk yang anda jual karena smartphone sekarang sudah dilengkapi dengan kamera yang cukup bagus kualitasnya.

Bagi anda yang mungkin belum memiliki smartphone, anda bisa memilih berbagai macam jenis merek. Anda tidak harus membeli smartphone seri terbaru yang mahal harganya untuk memulai bisnis online.

Smartphone dengan kisaran harga satu juta sampai dua juta rupiah saja sudah sangat memadai digunakan untuk menjalankan bisnis online.

  • Koneksi internet

Modal selanjutnya yang anda butuhkan untuk menjalankan bisnis online adalah koneksi internet. Untuk urusan koneksi internet ini, anda bisa memilih menggunakan salah satu provider yang memberikan penawaran harga termurah.

Namun pastikan juga untuk membandingkan harga dengan kualitas koneksi internet yang diberikan. Jangan sampai anda hanya memperhatikan tarif internet tanpa memperhatikan kualitas koneksinya.

Apakah anda perlu menggunakan koneksi internet unlimited? Sebenarnya bisnis online dropship tidak terlalu membutuhkan koneksi internet unlimited. Selain itu, di awal menjalankan bisnis, sebaiknya tekan pengeluaran bulanan anda seminim mungkin.

Jadi sebaiknya jangan gunakan koneksi internet unlimited sebelum bisnis anda benar-benar berjalan.

Tahap Pencarian Suplier Bisnis Online Dropship

Jika anda sudah memiliki semua modal awal untuk memulai bisnis online dropship, selanjutnya anda bisa mulai mencari supplier produk yang akan anda jual secara online.

Bagi anda yang masih dalam tahap belajar bisnis online, anda perlu mengetahui bahwa anda tidak harus mencari suplier produk secara online. Mencari suplier produk secara offline juga amat sangat disarankan.

Memang benar mencari suplier produk secara online itu jauh lebih mudah. Namun karena terlalu mudah, maka sebelum mulai berjualan, anda sudah harus menghadapi banyak pesaing yang menjual produk sejenis. Kemungkinan besar anda nantinya harus berperang harga jika menjual produk dari suplier online.

Ada banyak sekali kelebihan yang bisa anda dapatkan ketika berhasil mendapatkan suplier produk secara offline. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang perlu anda cermati:

  • Mengecek kualitas produk secara langsung

Enaknya menjalankan bisnis online dropship dengan suplier offline adalah anda bisa secara langsung mengecek kualitas produknya. Hal ini sangat penting jika anda ingin mendapatkan pelanggan yang loyal.

Jangan main-main dengan kualitas produk yang anda jual. Karena jika sampai anda menjual produk yang tidak berkualitas, kemungkinan besar anda akan mendapatkan penilaian buruk dari konsumen anda.

Jika anda sudah mendapatkan penilaian buruk dari konsumen anda, maka risikonya adalah anda akan kehilangan calon-calon pembeli baru.

  • Dokumentasi produk original

Coba anda perhatikan produk-produk yang dijual di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, maupun Shopee. Anda pasti pernah melihat satu produk dengan foto yang sama dijual oleh lebih dari satu orang.

Jika posisi anda sebagai pembeli, apa yang akan anda lakukan jika menemukan hal seperti itu? Ya, mayoritas pembeli mulai membandingkan harga dan juga reputasi dari penjual jika menemukan kejadian seperti itu.

Bagi anda yang baru saja mulai belajar bisnis online, tentu anda akan kesulitan memenangkan pertarungan harga dan juga reputasi di marketplace.

Berbeda halnya jika anda mendapatkan produk dari suplier secara offline. Anda bisa membuat dokumentasi produk yang original dan bahkan mungkin produk yang anda jual tersebut belum ada yang menjual di marketplace.

  • Mengurangi modal yang anda butuhkan

Jika anda berhasil mendapatkan suplier produk secara offline, anda juga secara otomatis dapat menghemat modal yang anda butuhkan. Kenapa?

Karena anda bisa langsung membeli produk yang dibeli oleh konsumen anda setelah konsumen melakukan pembayaran. Berbeda ceritanya jika anda memilih suplier secara online melalui marketplace.

Anda harus membayar terlebih dahulu produk yang dibeli oleh konsumen anda menggunakan dana anda sendiri. Semakin ramai toko online anda, semakin besar pula modal yang anda butuhkan untuk membeli produk yang dipesan oleh konsumen.

Proses Memulai Bisnis Online Dropship

Jika anda sudah mendapatkan suplier produk offline dan sudah mendokumentasikan beberapa produknya, maka anda sudah bisa mulai menjalankan bisnis online dropship.

Bagi anda yang masih belajar bisnis online, anda bisa mencoba mempromosikan produk-produk tersebut melalui beberapa media gratis seperti Instagram, dan juga market place.

Setiap media tersebut memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Berikut ini penjelasan mengenai kelebihan dari juga kekurangan dari masing-masing media promosi online tersebut:

  • Media sosial

Bagi anda yang masih dalam tahap belajar bisnis online, kami sangat menyarankan anda untuk memulai promosi menggunakan media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Kenapa? Karena promosi melalui media sosial jauh lebih mudah untuk mendapatkan konsumen, terutama jika anda memiliki banyak teman yang terhubung menggunakan media sosial tersebut.

Selain lebih cepat “pecah telur”, anda tidak membutuhkan modal ketika ada yang mau membeli produk yang anda tawarkan. Kenapa? Karena anda langsung mendapatkan uang dari konsumen untuk membeli produk yang mereka inginkan.

Namun demikian, promosi menggunakan media sosial juga memiliki kelemahan seperti terbatasnya market anda. Kemungkinan besar konsumen anda hanyalah teman-teman atau keluarga anda sendiri.

Jika anda tidak giat mencari teman baru melalui media sosial, kemungkinan besar penjualan anda akan tersendat karena market anda yang kurang luas.

  • Market place

Promosi produk melalui market place memang memberikan keuntungan yang sangat besar bagi anda yang mendapatkan suplier produk secara offline.

Dokumentasi dan harga yang anda tawarkan pasti jauh lebih murah dan menarik dibandingkan penjual-penjual lain di market place.

Namun demikian, memulai bisnis online dropship melalui market place juga memiliki kelemahan seperti kurangnya reputasi bagi anda penjual baru dan anda harus menggunakan dana pribadi untuk membeli produk di suplier.

Kesimpulan

Bisnis online dropship memang sangat menjanjikan untuk dijalankan. Bisnis tersebut termasuk sebagai salah satu usaha sampingan tanpa modal. Bahkan usaha tersebut bisa menjadi penghasilan utama jika ditekuni.

Jika anda ingin sukses dalam menjalankan bisnis online dropship, sebaiknya cari lebih dari satu suplier produk secara offline. Selain itu, kombinasikan antara media sosial dan market place untuk mempromosikan produk anda.

Selain itu, selalu ingat bahwa proses belajar bisnis online itu tidak semudah yang anda bayangkan. Sebenarnya bisnis online juga memiliki kesulitan tersendiri yang setara seperti bisnis offline. Namun demikian, memang modal yang anda butuhkan tidak sebanyak memulai bisnis offline.