Cara Cepat Laku Jualan Produk di Tokopedia yang Praktis dan Bisa Anda Coba Sekarang Juga

Sudah berapa lama anda menekuni bisnis online menggunakan market place seperti Tokopedia sebagai media penjualan dan promosi? Sudah berapa banyak transaksi yang anda hasilnya selama ini?

Jika anda sudah cukup lama berjualan di market place Tokopedia namun sampai saat ini belum ada satupun orang yang membeli, jangan putus asa. Perlu anda ketahui, menjual produk secara online itu tidak semudah yang kebanyakan orang katakana.

Menjual produk secara online juga sama sulitnya seperti menjual produk secara offline. Namun meskipun sama sulitnya, menjual produk secara online masih lebih menguntungkan dibandingkan dengan menjual produk secara offline.

Bagi anda yang masih belum “pecah telur” selama berjualan di Tokopedia dan market place lainnya, ada baiknya anda pelajari lebih lanjut mengenai cara jualan di Tokopedia dan market place lainnya yang benar.

tokopedia tips jualan cepat laku » Cara Cepat Laku Jualan Produk di Tokopedia yang Praktis dan Bisa Anda Coba Sekarang Juga

Kami tidak mengatakan cara berjualan di Tokopedia yang selama ini anda lakukan salah, namun kemungkinan cara menjual produk di Tokopedia yang anda lakukan selama ini masih kurang tepat ataupun kurang optimal.

Anda bisa membaca lebih lanjut mengenai bagaimana cara jualan di Tokopedia dan market place online lainnya secara optimal di artikel ini.

Pahami Apa yang Pembeli Lihat Sebelum Membeli di Tokopedia atau Market Place Online Lain

Bagi anda yang baru memulai berjualan maupun anda yang sudah cukup lama berjualan di Tokopedia atau market place online lain, anda perlu mengetahui apa saja yang dilihat pertama kali oleh calon pembeli di toko online anda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang biasanya diperhatikan oleh calon pembeli sebelum memutuskan untuk membeli produk dari toko online anda:

  • Foto produk

Foto adalah media pertama yang diperhatikan oleh calon pembeli ketika melihat produk yang anda jual di toko online.

Mayoritas market place online seperti Tokopedia, Bukalapak, dan juga Shopee memberikan lebih dari satu slot foto untuk satu produk yang anda jual.

Maksimalkan slot foto yang disediakan oleh pihak market place online tersebut jika anda ingin meningkatkan penjualan anda.

Semakin banyak foto yang anda tunjukkan kepada calon pembeli, maka semakin besar kemungkinan pembeli yakin untuk membeli dari anda.

Selain memaksimalkan slot foto yang disediakan oleh pihak market place online, cara jualan di Tokopedia atau market place lain agar cepat laku juga adalah dengan meningkatkan kualitas foto produk anda.

Namun sayangnya, anda hanya bisa meningkatkan kualitas foto produk jika mendapatkan produk tersebut dari suplier secara offline. Karena itu, kami sangat menyarankan anda untuk mencari suplier produk secara offline terlebih dahulu.

  • Deskripsi produk

Setelah memperhatikan foto produk, biasanya calon pembeli akan mencari deskripsi produk yang akan mereka beli.

Oleh sebab itu, jangan sampai tidak mengoptimalkan kolom deskripsi setiap kali anda menambah produk di toko online.

jualan online di tokopedia » Cara Cepat Laku Jualan Produk di Tokopedia yang Praktis dan Bisa Anda Coba Sekarang Juga

Berikan deskripsi selengkap mungkin jika anda menjual produk menggunakan media market place online. Semakin detail deskripsi produk yang anda berikan, maka akan semakin besar kemungkinan orang untuk membeli produk dari anda.

  • Harga produk

Salah satu cara menjual produk di Tokopedia yang cukup efekif adalah dengan memberikan harga termurah dan juga harga grosir.

Jadi jika selama ini produk yang anda jual di market place belum laku-laku, coba cek ulang harga produk sejenis yang dijual oleh komptetitor anda.

Sayangnya, anda tidak bisa memberikan harga yang lebih murah lagi jika kompetitor anda adalah suplier anda juga. Karena alasan itulah, kami sangat menyarankan anda untuk mencari suplier produk secara offline.

Karena anda bisa memberikan harga yang jauh lebih murah dari harga-harga yang ditawarkan di market place seperti Tokopedia.

  • Reputasi

Hal terakhir yang dilihat oleh calon pembeli di market place online adalah reputasi dari penjual. Hal satu ini memang cukup sulit bagi penjual-penjual baru.

Namun demikian, jika anda sudah mengoptimalkan tiga hal lain seperti foto produk, deskripsi, dan juga harga produk, kemungkinan calon pembeli tidak akan terlalu menghiraukan masalah reputasi anda yang masih sedikit.

Akan tetapi, hal ini akan berbeda jauh jika barang yang anda jual adalah barang dengan harga yang cukup mahal.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menjual produk-produk dengan harga jual dibawah seratus ribu rupiah jika anda baru pertama kali menjual produk di market place online.

Untuk menjual produk dengan harga jutaan rupiah, anda benar-benar membutuhkan reputasi yang cukup tinggi.

Cara Meningkatkan Transaksi Penjualan di Tokopedia dan Market Place Online Lain

Jika anda sudah mengoptimalkan hal-hal yang biasa dilihat oleh calon konsumen sebelum membeli di toko online anda, masih ada hal lain yang harus anda lakukan untuk meningkatkan transaksi penjualan.

Berikut ini adalah cara jualan di Tokopedia yang perlu anda lakukan agar produk yang anda jual cepat laku:

  • Promosikan produk anda diluar market place

Ya, anda memang menjual produk melalui market place online seperti Tokopedia, Bukalapak, maupun Shopee. Namun jangan hanya terpaku mempromosikan produk anda melalui market place itu saja.

Sebaiknya anda juga perlu mempromosikan toko ataupun produk yang anda jual secara online melalui media lain. Anda bisa mempromosikan toko online atau produk anda melalui akun-akun sosial media pribadi anda seperti Facebook dan juga Instagram.

Selain itu, anda juga bisa mempromosikan toko online atau produk yang anda jual menggunakan apliaksi messenger yang anda miliki di smartphone.

Saran untuk anda yang selama ini belum “pecah telur” selama berjualan di Tokopedia, sebaiknya anda mulai promosikan toko online anda di luar market place sekarang juga.

Namun demikian, jangan lupa juga untuk aktif dan rutin mengiklankan produk anda di market place.

  • Kurangi produk yang anda jual di toko online

Kebanyakan penjual online pemula sering melakukan kesalahan seperti menjual terlalu banyak barang di awalan.

Memang benar semakin banyak produk yang anda jual, akan semakin besar pula transaksi yang mungkin terjadi.

Namun jika status anda adalah penjual baru atau belum ada satupun barang yang terjual, memiliki banyak produk di dalam toko online sama saja dengan bunuh diri.

Kenapa? Perlu anda ketahui, mengelola toko online itu sama sulitnya seperti mengelola toko offline. Jika di awalan saja anda sudah menjual 100 macam produk, kemungkinan besar tidak akan ada orang yang membeli produk anda.

Hal itu biasanya dikarenakan anda tidak bisa mempromosikan semua barang yang anda jual secara optimal. Selain itu, orang-orang yang sebenarnya berniat membeli barang menjadi bingung karena terlalu banyak pilihan barang di toko online anda.

Cara jualan di Tokopedia atau market place online lainnya adalah dengan menjual satu sampai lima macam produk di awalan. Meskipun sedikit, anda benar-benar bisa memaksimalkan promosi untuk masing-masing produk yang anda jual.

Kesimpulan

Banyak yang menganggap bahwa cara jualan di Tokopedia itu jauh lebih mudah dibandingkan dengan jualan secara konvensional. Namun faktanya, cara menjual produk di Tokopedia itu sebenarnya jauh lebih sulit, mengingat banyaknya saingan dan juga konsumen tidak melihat secara langsung produk yang akan dibelinya.

Cara menjual produk di Tokopedia atau market place online lainnya jauh lebih kompleks. Mempromosikan produk anda hanya melalui market place saja masih belum menjamin produk anda akan cepat terjual.

Karena itu, sebaiknya kombinasikan promosi melalui market place dan akun sosial media. Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk mempromosikan produk atau toko online anda secara offline.