Etika Jualan di Facebook: Promosi Elegan Tanpa Mengganggu Pengguna Lain

Etika Jualan di Facebook: Promosi Elegan Tanpa Mengganggu Pengguna Lain – Facebook memang tidak hanya bisa digunakan sebagai tempat bersosialisasi saja. Facebook juga sangat dianjurkan sebagai media jualan online. Buktinya, sudah ada banyak orang yang menjual produk secara langsung dengan menggunakan Facebook.

Memang Facebook sangat efektif digunakan untuk berjualan online. Namun jelas cara jualan di Facebook tidak bisa disamakan ketika anda berjualan di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, ataupun Shopee.

Kenapa jualan di Facebook tidak bisa disamakan dengan di marketplace? Karena tidak semua pengguna Facebook itu ingin belanja. Bahkan mayoritas pengguna mengakses Facebook sama sekali tidak ada niatan untuk belanja.

Karena pengunjungnya berbeda niat, jelas cara jualannya juga harus dibedakan. Berbicara mengenai cara jualan di Facebook, anda perlu mempelajari tentang etika berjualan online di Facebook. Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai bagaimana etika berjualan di Facebook melalui artikel ini.

4 Etika Jualan di Facebook yang Akan Membuat Promosi Anda Jauh Lebih Elegan

Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara jualan di Facebook yang benar, anda bisa langsung mempelajari etika berjualan di Facebook. Kenapa? Karena sebenarnya cara berjualan di Facebook yang paling efektif adalah dengan menggunakan etika yang benar.

Berikut ini adalah beberapa etika jualan di Facebook yang dipastikan akan membuat promosi anda jauh lebih elegan:

  1. Tingkatkan interaksi dengan orang-orang yang kemungkinan tertarik dengan produk yang anda jual

Banyak orang yang ingin jualan di Facebook langsung mengambil tindakan seperti mengunggah foto-foto produk kemudian melakukan tag ke sembarangan orang.

Hal tersebut bisa dikatakan sebagai tindakan yang tidak beretika. Promosi yang dilakukan secara sembarangan tidak hanya dipandang buruk oleh pengguna Facebook lain, namun hal tersebut juga membuat akun Facebook anda tampak seperti akun spammer.

Lalu bagaimana etika jualan di Facebook yang benar? Bagi anda yang ingin berjualan produk, pertama-tama anda wajib membangun interaksi dengan orang lain di Facebook.

Pastikan untuk membangun interaksi dengan orang-orang yang memang berpotensi tertarik dengan produk-produk yang anda jual. Bagaimana cara mencari orang yang tertarik dengan produk anda di Facebook?

Etika Jualan di Facebook Marketing Online Elegan » Etika Jualan di Facebook: Promosi Elegan Tanpa Mengganggu Pengguna Lain

Caranya adalah dengan bergabung di grup yang membahas hal-hal yang berhubungan dengan produk yang anda jual. Misalkan anda menjual makanan kucing, maka bergabunglah dengan grup yang membahas mengenai kucing.

Setelah bergabung dengan grup yang sesuai dengan produk yang anda jual, jangan promosi terlebih dahulu. Cari siapa saja anggota grup yang paling aktif.

Bangun interaksi dengan mereka yang aktif di dalam grup tersebut terlebih dahulu. Jika interaksi sudah terbangun, anda bisa mulai melakukan promosi. Namun pastikan jangan melakukan promosi secara langsung.

Anda hanya perlu posting produk yang anda jual sesekali di akun Facebook. Jangan tag orang-orang yang menjadi prospek anda. Kenapa? Karena jika anda sudah membangun interaksi dengan orang-orang tersebut, promosi anda secara otomatis pasti akan ditayangkan di feed Facebook mereka.

  1. Sarankan calon konsumen untuk Like Fanpage anda

Setelah berinteraksi dengan calon konsumen dari grup Facebook, ada baiknya anda juga mulai menyarankan calon konsumen tersebut untuk Like Fanpage anda.

Kenapa anda harus mulai menyarankan calon konsumen untuk Like Fanpage? Apa hubungannya Like Fanpage dengan jualan di Facebook?

Begini, Facebook sebenarnya melarang penggunaan akun pribadi untuk tujuan bisnis. Oleh sebab itu, lebih baik ikuti aturan tersebut jika anda tidak ingin akun anda diblokir.

Oleh sebab itu, mulailah promosikan juga Fanpage anda kepada orang-orang yang tertarik dengan produk yang anda jual. Selain aman dari banned Facebook, andapun jelas akan lebih mudah melakukan promosi produk melalui Fanpage, terutama jika sudah banyak Like dari orang yang tertarik dengan produk di dalam Fanpage anda.

  1. Hindari melakukan promosi dengan cara mengirimkan inbox

Inbox juga sangat sering digunakan sebagai sarana promosi oleh orang-orang yang jualan di Facebook. Jika anda tidak ingin menganggu orang lain dengan promosi yang anda lakukan, sebaiknya hindari mengirimkan inbox yang berisi promosi produk kepada orang lain di Facebook.

Promosi dengan cara mengirimkan inbox ini tidak efektif dan cenderung menganggu bahkan jika anda lakukan kepada orang-orang yang sangat berpotensi menjadi konsumen anda.

Selain menganggu, cara promosi dengan mengirimkan inbox kepada calon konsumen ini juga sangat menyita waktu anda. Bayangkan berapa banyak orang yang harus anda inbox untuk menawarkan produk yang anda jual?

Karena banyak orang yang harus dikirimi inbox, secara otomatis biasanya isi inbox juga mayoritas sama. Hal tersebut juga akan semakin membuat akun Facebook anda seperti akun spammer.

  1. Hindari promosi secara langsung di grup Facebook

Peranan grup Facebook memang sangat besar bagi anda yang ingin jualan di Facebook. Namun sayangnya, banyak yang salah menggunakan grup Facebook.

Kebanyakan orang langsung melakukan promosi produk setelah bergabung di salah satu grup Facebook. Jika anda terbiasa melakukan hal tersebut, anda perlu berhati-hati.

Kenapa? Karena mayoritas admin grup Facebook itu sangat tidak suka dengan kegiatan jualan di Facebook. Grup di Facebook itu dibuat bukan untuk jualan. Grup di Facebook itu mayoritas dibuat untuk bertukar pikiran dengan orang yang lain yang memiliki hobi yang sama.

Jadi jika anda tidak ingin dikeluarkan dari grup Facebook, ada baiknya hindari mempromosikan produk anda secara langsung. Tugas anda bergabung dalam sebuah grup Facebook hanyalah memberikan postingan bermanfaat untuk menarik interaksi dari anggota grup lainnya.

Selain meningkatkan interaksi dengan anggota grup Facebook lain, tugas anda yang lain adalah mengajak sebanyak mungkin anggota grup Facebook tersebut untuk Like Fanpage anda.

Jadi sekarang anda sudah paham bukan bahwa ada banyak sekali etika jualan di Facebook yang harus anda perhatikan? Jika anda mau jualan di Facebook, pastikan hanya melakukan promosi secara langsung di Fanpage anda. Jangan pernah mempromosikan produk secara langsung selain di Fanpage anda.