Ingin Sukses di Bisnis Kuliner? Simak 7 Tips Berikut Ini

Bagi ke media sosial..twitter » Ingin Sukses di Bisnis Kuliner? Simak 7 Tips Berikut Inifacebook » Ingin Sukses di Bisnis Kuliner? Simak 7 Tips Berikut Inigoogle » Ingin Sukses di Bisnis Kuliner? Simak 7 Tips Berikut Inipinterest » Ingin Sukses di Bisnis Kuliner? Simak 7 Tips Berikut Inilinkedin » Ingin Sukses di Bisnis Kuliner? Simak 7 Tips Berikut Ini

Simak 7 Tips Sukses Bisnis KulinerBisnis kuliner merupakan salah satu bisnis tertua yang pernah ada di dunia. Bisnis ini sudah ada dan sudah dijalankan oleh manusia jauh sebelum bisnis – bisnis lain nya ada seperti sekarang ini.

Hebatnya, sampai saat ini bisnis di bidang kuliner masih tetap potensial untuk dijalankan. Bahkan bisa dikatakan di era sekarang ini potensi bisnis kuliner malah meningkat dibandingkan dengan era – era sebelumnya, mengingat jumlah manusia yang menjadi konsumen juga terus mengalami peningkatan.

Seiring perkembangan zaman, bisnis ini terus mengalami pengembangan dengan munculnya inovasi – inovasi produk kuliner baru. Hal ini sejalan dengan penambahan jumlah pebisnis yang menaruh “minat” pada bisnis ini juga terus mengalami peningkatan.

trik sukses mudah usaha kuliner » Ingin Sukses di Bisnis Kuliner? Simak 7 Tips Berikut Ini

Nah, bila Anda tergolong ke dalam salah satu pebisnis yang menaruh minat pada bisnis kuliner, di kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips sukses untuk Anda. Langsung saja, berikut tips lengkap nya telah kami siapkan untuk Anda:

Tips Sukses dalam Menjalankan Bisnis Kuliner

  1. Pastikan Anda Memiliki Passion di Dunia Kuliner

Sama seperti hal nya bisnis – bisnis yang lain nya, untuk bisa sukses di bisnis kuliner Anda membutuhkan waktu. Setelah nanti sukses pun bisnis Anda masih berpotensi mengalami penurunan omset dan atau bahkan mengalami kerugian.

Jika Anda memulai bisnis ini hanya berniatkan mencari keuntungan saja, ketika bisnis Anda tak kunjung sukses dan menghasilkan keuntungan, Anda nanti nya akan mengalami kebuntuan dan mungkin juga keputusasaan. Padahal, seperti yang telah disebutkan di atas, sukses dalam bisnis apa pun pasti membutuhkan waktu, ketekunan dan kesabaran.

Nah, maka dari itu, untuk menghindari rasa putus asa dan memperbesar peluang Anda untuk sukses di bisnis ini, sebelum terjun ke bisnis ini Anda harus benar – benar bisa memastikan bahwa Anda memang memiliki passion di dunia kuliner.

Tanpa passion, Anda mungkin akan tetap bisa sukses di bisnis ini, namun kemungkinan nya akan jauh lebih kecil.

  1. Buat Rencana yang Matang

Sebelum Anda mulai melangkah ke dunia bisnis kuliner yang sesungguhnya, Anda harus membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu.

Beberapa poin rencana yang harus Anda pikirkan sebelum mendirikan bisnis kuliner adalah:

  • Apa produk kuliner yang hendak Anda buat/jual
  • Siapa target pasar Anda
  • Dimana Anda akan mendirikan usaha Anda (Lokasi)
  • Berapa target penjualan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan Anda
  • Siapa saja tenaga kerja yang akan Anda pekerjakan
  • Bagaimana SOP di setiap elemen pekerjaan, dll

Satu hal yang harus Anda ingat, rencana ini nantinya harus Anda kembangkan dan  juga Anda modifikasi untuk menyesuaikan dengan kondisi bisnis yang sebenarnya. Hal ini perlu dilakukan mengingat iklim bisnis di dunia nyata bisa saja berbeda dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

  1. Mulai dari Kecil

Untuk meminimalisir resiko sekaligus membentuk mental, Anda sebaiknya memulai bisnis kuliner Anda dari skala kecil. Hal ini perlu dilakukan mengingat bisnis kuliner merupakan bisnis yang sarat akan resiko mengingat produk yang anda jual ada batas waktu kadaluarsanya.

Dengan memulai dari yang kecil, nanti nya Anda tidak akan down jika ternyata usaha kuliner Anda tidak berhasil / sukses. Sebaliknya, jika ternyata bisnis kuliner kecil – kecilan yang Anda dirikan berjalan dengan baik, Anda dapat mengembangkan nya dengan lebih mudah, mengingat Anda sudah mendapat pengalaman.

  1. Manfaatkan Jaringan yang Anda Miliki

Masih seputar manajemen resiko, untuk meminimalisir resiko, di masa – masa awal menjalankan bisnis kuliner, Anda harus bisa memanfaatkan jaringan bisnis yang Anda miliki.

Untuk urusan tempat misal nya, meski pun Anda mampu membeli tanah dan bangunan sendiri, Anda sebaiknya menjalin kerja sama dengan orang lain terlebih dahulu. Dalam hal ini Anda bisa menyewa bangunan milik orang lain atau pun bekerja sama dengan sistem bagi hasil dengan pemilik bangunan.

Dengan begitu, jika nanti nya bisnis kuliner Anda tidak berjalan sesuai dengan rencana, Anda tidak perlu menanggung beban kerugian yang terlalu besar.

Tidak hanya itu, pemanfaatkan jaringan bisnis nanti nya juga bisa memperluas jangkauan usaha Anda. Contohnya, jika Anda hendak mendirikan usaha warung nasi padang, Anda dapat memperluas usaha Anda dengan turut menyediakan camilan atau jus buah milik rekanan Anda.

  1. Belajarlah dari Pesaing Anda

Selain harus memanfaatkan jaringan bisnis dengan maksimal, Anda juga harus bisa belajar dan mempelajari cara kerja pesaing Anda. Dengan memahami siapa pesaing Anda dan bagaimana mereka beroperasi, nanti nya Anda akan jauh lebih dimudahkan dalam menjalankan usaha Anda.

Contohnya: Jika Anda berencana mendirikan usaha warung makan padang, Anda dapat mengunjungi warung nasi padang lain nya untuk mendapatkan informasi tentang menu apa saja yang paling banyak diminati oleh pelanggan, pelayanan seperti apa yang disukai oleh pelanggan, ukuran porsi makanan, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, dengan mengunjungi pesaing, Anda juga bisa merasakan secara langsung bagaimana rasanya menjadi seorang konsumen, sehingga Anda bisa mengetahui dan mencoba memahami hal – hal apa saja yang diinginkan oleh konsumen.

  1. Gunakan Manajemen yang Paling Tepat

Manajemen yang bagus di rumah makan padang belum tentu bagus diaplikasikan di WarTeg (Warung Tegal). Manajemen yang bagus di WarTeg yang ada di Jakarta belum tentu bagus jika diaplikasikan di WarTeg yang ada di Kota Medan.

Nah, maka dari itu, Anda harus bisa meracik sistem manajemen yang paling tepat untuk bisnis kuliner Anda. Mengadopsi sistem manajemen milik orang lain mungkin memang akan terasa praktis, namun untuk bisa mendapatkan keuntungan yang optimal, Anda mau tidak mau harus bisa meracik sistem manajemen usaha Anda sendiri.

  1. Jangan Berhenti Berkembang!

Tips terakhir yang tidak kalah penting untuk Anda terapkan adalah jangan pernah berhenti berkembang!

Sampai saat ini jumlah pebisnis yang terjun ke dunia kuliner sudah sangat banyak dan tentu nya akan terus mengalami pertumbuhan. Jika Anda tidak mampu beradaptasi dan mengembangkan diri dengan cara berinovasi, cepat atau lambat, usaha Anda akan tergeserkan oleh orang lain.

Contoh yang paling nyata adalah penggunaan teknologi internet sebagai media pemesanan dan promosi online. Jika beberapa dekade yang lalu orang yang ingin makan harus berkunjung ke rumah makan, saat ini orang yang ingin makan sudah bisa memesan makanan yang mereka inginkan secara online via jaringan internet. Dalam kasus ini, sudah bisa ditebak, rumah makan yang tidak menyediakan layanan pemesanan online pasti akan kalah dengan rumah makan yang menyediakan layanan pemesanan online.

Contoh lain nya adalah perkara produk. Saat ini inovasi produk di dunia kuliner terus bermunculan. Jika beberapa tahun yang lalu masyarakat masih belum mengenal lapis berbahan baku talas, saat ini produk ini sudah ada dan berhasil menggeser berbagai macam produk kue lain nya.

Dalam kasus ini, jika Anda tidak mampu berinovasi menemukan produk baru, cepat atau lambat produk Anda akan tersingkir dan digantikan oleh produk milik orang lain yang lebih kekinian.

Nah, itu lah beberapa tips sukses bisnis kuliner yang bisa Anda coba untuk terapkan. Semoga sukses ya!