Ini Keuntungan Menggunakan Cloud Computing bagi Perusahaan Anda

Keuntungan Menggunakan Cloud Computing bagi Perusahaan – Mungkin Anda baru pertama kali mendengar mengenai istilah Cloud Computing bukan? Jika iya, maka berikut ini penjelasan dari cloud computing:

Jika sebelumnya mungkin pada saat Anda hendak menggunakan aplikasi, maka Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu dari server ke komputer lokal Anda, namun seiring perkembangan jaman hal tersebut tentu tidak efisien dan tidak efektif, karena akan menghabiskan sumber daya, terutama waktu dan juga bandwidth yang digunakan, apalagi jika internet Anda tidak menggunakan paket internet unlimited, tentu saja ini merupakan sebuah pemborosan yang sia-sia. Namun dengan cloud computing, kini Anda bisa menggunakan berbagai macam jenis aplikasi langsung dari internet, tanpa harus didownload terlebih dahulu, selain aplikasi juga bisa menjalankan program dari sebuah software dan sejenisnya.

Populer – Cloud computing sendiri kini sudah sangat populer dan berkembang dengan pesat, tentu saja karena keefisienan dan keefektifan yang dipegangnya. Bahkan beberapa bisnis kecil di luar sana sudah mengembangkan cloud computing bagi websitenya dan menghabiskan jumlah uang yang cukup banyak untuk melakukan investasi.

Alasan mengapa menggunakan cloud computing

Tentu saja terdapat alasan mengapa banyak sekali pengusaha bisnis yang memutuskan untuk menggunakan cloud computing. Ini karena selain meningkatkan efisiensi, juga meningkatkan cash flow dan menawarkan berbagai macam keuntungan lainnya seperti contoh di bawah ini.

gambaran cara kerja cloud computing » Ini Keuntungan Menggunakan Cloud Computing bagi Perusahaan Anda

Recovery yang lebih cepat dari bencana tak terduga

Jika sebuah perusahaan, mengandalkan penggunaan cloud computing untuk diterapkan pada bisnisnya, maka mereka tidak perlu lagi memikirkan mengenai rencana recovery yang kompleks apabila terjadi bencana atau kerusakan. Cloud computing ini merupakan jasa yang disediakan oleh pihak ketiga, oleh karena itu yang menangani masalah teknis apabila terjadi kerusakan tentu adalah mereka juga karena mereka sudah dibayar oleh perusahaan, dan recovery tersebut merupakan hak dari pelanggan juga, dalam hal ini pebisnis tersebut. Selain itu, karena pihak ketiga atau penyedia jasa cloud computing ini memang terfokus pada penyediaan cloud computing, tentu saja mereka sudah memiliki tenaga profesional yang berpengalaman dan ahli, dan itu akan meningkatkan kecepatan mereka dalam memperbaiki atau recovery apabila terjadi kerusakan pada sistem cloud computing mereka. Namun, tentu saja berbeda penyedia jasa cloud computing, akan berbeda pula kecepatan dalam recoverynya.

Update software secara otomatis

Dengan menggunakan cloud computing, software yang digunakan pun juga akan update dengan otomatis, walaupun itu tengah malam, pada saat perusahaan sudah tidak aktif lagi, namun karena menggunakan cloud computing, maka lain ceritanya, software tetap akan update. Selain itu supplier cloud computing ini juga menawarkan perawatan server, termasuk update sistem keamanan, yang tentu saja akan menghemat banyak waktu perusahaan untuk lebih fokus pada hal lainnya dibandingkan mengurusi masalah teknis tentang komputer, dan perusahaan cukup membayar biaya terhadap supplier cloud computing tersebut.

Mendapatkan fleksibilitas

Keuntungan berikutnya yaitu perusahaan juga akan mendapatkan fleksibilitas yang berarti di mana saat perusahaan membutuhkan bandwitch lebih karena website sudah terlalu ramai dengan pengunjung, supplier cloud computing akan mengerti kebutuhan tersebut dan akan lebih cepat menginformasikan kepada pelanggannya.

Bekerja dari manapun

Keuntungan yang cukup membantu yaitu pihak perusahaan dapat bekerja dari manapun tanpa terbatas oleh tempat, asalkan pekerja mendapatkan akses internet, maka semua itu bisa dilakukan, tidak harus di gedung kantor. Tentu saja, ini akan meningkatkan kinerja dan pengetahuan dari pegawai perusahaan.

Sekian informasi mengenai keuntungan menggunakan cloud computing, semoga bermanfaat.