Peluang Usaha Sampingan untuk Mahasiswa yang Layak Dicoba

Aneka Peluang Usaha Sampingan untuk Mahasiswa – Sering nggak sih kamu merasa uang jajan yang diberi oleh orang tua mu kurang cuma gara – gara harus membayar biaya “tak terduga” di kampus? Jujur, ketika masih duduk di bangku kampus, penulis sering mengalami nya. Sampe – sampe terkadang timbul ide untuk mencari peluang bisnis sampingan untuk mahasiswa yang bisa dijalankan di sela – sela aktivitas kampus.

Nggak bisa dipungkiri, pengeluaran mahasiswa itu memang banyak. Uang fotocopy lah, uang modul lah, uang pulsa lah, sampe uang buat praktek lapangan, semua nya perlu dibayar setiap bulan nya.

Nggak jarang di waktu – waktu tertentu para mahasiwa harus rela mengorbankan uang saku nya untuk membayar kebutuhan biaya kuliah mereka.

Jika sudah begini, mau nggak mau otak harus berpikir untuk mencari pemasukan tambahan, seperti salah satunya adalah dengan menjalankan bisnis sampingan.

Nah, buat kamu yang saat ini sedang duduk di bangku kuliah dan lagi nyari – nyari info tentang peluang bisnis sampingan untuk mahasiswa, berikut beberapa contoh peluang usaha yang bisa kamu coba di sela – sela aktivitas kampus mu:

  1. Bisnis Online

Saat ini merupakan zaman nya internet. Segala sesuatu nya saat ini sudah terhubung melalui jaringan internet. Bahkan, jualan sayuran pun sekarang sudah dilakukan via jaringan internet.

Nah, jika tukang sayur aja berbisnis di internet, kenapa mahasiswa berpendidikan seperti kamu tidak? Lha wong peluang usaha sampingan untuk mahasiswa di internet jumlah nya luar biasa banyak kok.

Oh ia, nggak seperti bisnis di dunia nyata atau offline, bisnis di internet atau pun bisnis online normal nya cenderung membutuhkan biaya modal yang tidak terlalu banyak. Cukup sediakan gadget yang bisa terhubung ke internet beserta dengan fasilitas jaringan internet, kamu sudah bisa memulai bisnis online mu sendiri.

Lantas bisnis nya apa?

Ada banyak bro! Dari mulai dropshipping, jadi blogger, jadi youtuber, jualan produk sendiri, jadi web builder, jadi penulis lepas, dan lain sebagainya.

Kamu tinggal pilih aja mana yang paling pas untukmu!

  1. Bisnis Pulsa

Coba lihat temen – temen mu di sekitar kampus. Hampir semua nya sudah memiliki handphone bukan? Nah, kira – kira mereka butuh pulsa nggak yah? Sudah pasti butuh ya!

Lantas kenapa kamu nggak jualan pulsa aja? Toh yang butuh pulsa di lingkungan sekitar mu juga banyak kan? Disamping itu, modal yang dibutuhkan untuk menjalankan peluang bisnis sampingan yang satu ini juga tergolong cukup terjangkau.

Bahkan bisa dibilang jualan pulsa itu termasuk peluang usaha tanpa modal loh! Kenapa? Yang pertama, modal utamanya hanya lah sebuah ponsel genggam alias handphone yang mana pasti sudah kamu miliki. Yang ke dua, kamu bisa jadi tukang pulsa tanpa harus membayar biaya pendaftaran sama sekali selain mengisi saldo, yang mana jika tidak laku saldo nya bisa kamu pakai untuk mengisi pulsa handphone mu sendiri.

peluang bisnis untuk mahasiswa » Peluang Usaha Sampingan untuk Mahasiswa yang Layak Dicoba

So.. bisa dibilang peluang usaha sampingan untuk mahasiswa yang satu ini bener-bener tanpa modal dan juga tanpa resiko sama sekali!

Oh ia, untuk deposit minimal ke agen pulsa nya sendiri saat ini sudah tergolong cukup murah kok, yaitu berkisar antara 50 – 100 ribu rupiah saja.

  1. Bisnis Kuliner

Pernah nggak kamu berangkat ke kampus di pagi hari dalam kondisi perut kosong karena nggak sempet sarapan? Pasti pernah lah ya! Apa lagi kalo kamu tinggal di kost – kostan, bukan cuma pernah kali ya, tapi sering.. Dan yang parah nya lagi kantin di kampus biasa nya baru buka di siang hari.. Lengkap sudah penderitaan..

Nah, jika kamu jeli, kondisi “lapar” yang sering kamu alami di pagi hari ini sebenernya juga peluang bisnis lho!

Kalo jumlah mahasiswa yang “kelaparan” di pagi hari cukup banyak, kenapa kamu nggak jualan makanan aja? Entah itu nasi kucing, nasi lemak, bakpau, gorengan, dll?

Toh saat ini sudah banyak kok pengusaha kuliner yang mau bekerja sama dengan mahasiswa untuk menjualkan dagangan mereka.

  1. Bisnis Fotocopy

Fotocopy merupakan salah satu kebutuhan primer nya mahasiswa. Dari mulai modul, tugas kuliah, sampai dengan buku, semua nya biasa nya akan difotocopy oleh mahasiswa dengan berbagai macam motivasi seperti “malas mencatat” sampai dengan “menghemat uang untuk beli buku”.

Nah, kalau tingkat kebutuhan mahasiswa akan fotocopy memang sebegitu besarnya, kenapa kamu nggak buka usaha fotocopy aja di sekitaran kampusmu?

Ya jika dibandingkan dengan beberapa peluang usaha sampingan untuk mahasiswa yang lain nya, bisnis yang satu ini memang “terlihat” membutuhkan modal yang jauh lebih besar.

Tapi tunggu dulu.. Sudahkan kamu merencanakan bisnis ini dengan matang?

Jika kamu menjalankan bisnis ini sendirian ya sudah pasti kebutuhan modal nya luar biasa besar.. Namun jika kamu menjalankan nya dengan cara bekerja sama dengan orang lain, modal yang dibutuhkan tergolong sangat kecil kok, atau bahkan bisa dibilang nggak butuh modal sama sekali!

Caranya gimana?

Gampang, kamu tinggal mendatangi tukang fotocopy yang ada di sekitar kampus atau pun tempat tinggal mu untuk menawarkan kerja sama. Dalam hal ini, kamu bisa meminta rabat atau pun persen keuntungan dari setiap lembar fotocopy yang kamu bawa ke mereka.

Contohnya, jika tarif mereka per halaman nya adalah 100 rupiah, kamu bisa meminta jatah 10 atau 5 rupiah untuk setiap halaman nya. Selanjutnya, setiap ada fotocopyan di kampus, kamu tinggal menawarkan “bantuan” kepada teman – teman kampus mu saja kan.

  1. Jadi Agen/Makelar Kendaraan dan Properti

Peluang usaha sampingan untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah menjadi makelar.

Seperti yang kita ketahui bersama setiap hari selalu ada saja orang yang melakukan aktivitas jual beli kendaraan bermotor dan juga properti.

Nah, hal ini merupakan sebuah peluang!

Dalam hal ini, kamu bisa mencari keuntungan dengan jalan menjadi perantara antara pemilik kendaraan dan atau properti dengan calon pembeli.

Ya meski pun hal ini terkesan agak licik, namun sebenernya apa yang kamu lakukan mulia kok, yaitu membantu si pemilik kendaraan bermotor dan atau properti untuk menjualkan barang nya, sekaligus membantu orang yang sedang membutuhkan kendaraan bermotor dan atau properti. Tidak ada yang salah bukan?

Untuk keuntungan nya sendiri, kamu bisa menegosiasikan nya dengan si pemilik barang atau pun dengan inisiatif melakukan mark up harga.

Oh ia, untuk mencari produk dan memasarkan nya sendiri, kamu bisa memanfaatkan jaringan internet yang mana saat ini sudah ada cukup banyak fasilitas market place yang tersedia, entah itu di situs khusus market place online atau pun melalui jejaring sosial seperti FB dll.

Jadi gimana? Sudah kepikiran ingin menjalankan peluang usaha sampingan untuk mahasiswa yang mana? Jika sudah, jangan ditunda – tunda lagi ya! Segera buat bisnis plan nya, dan jalankan ide usaha tersebut sesegera mungkin! Selamat mencoba, dan semoga sukses ya!