Pengertian dari Domain secara mendetail

Bagi ke media sosial..
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedIn

Pengertian dari  mungkin bagi yang sudah lama berkecimpung dalam dunia online tentu sudah mengetahuinya. Namun, kita akan membagikan lagi informasi ini, khususnya bagi Anda yang belum mengetahuinya. Domain merupakan nama unik serta memiliki fungsi sebagai pengindentifikasi alamat ip. Jadi domain itu diberikan dengan identifikasi dari nama server komputer, contohnya web server maupun e-mail server pada jaringan internet dan komputer.

Pengertian dari domain

Yang berikutnya perlu diketahui adalah fungsi dari domain. Domain dapat mempermudah semua pengguna internet terutama ketika mereka hendak mengakses server, dan juga “domain” memiliki fungsi dalam mengingat nama server di mana user tersebut sudah pernah berkunjung, walaupun tidak mengenal deretan angka yang benar-benar rumit, di mana ini dikenal sebagai ip address, seperti yang sudah dituliskan di atas.

Domain sendiri memiliki beberapa nama lain yang biasa digunakan oleh orang-orang untuk menyebutnya. Yaitu URL, alamat website. Beberapa domain memiliki harga jual yang mahal, terutama yang mudah diingat dan memiliki arti. Untuk struktur domain dapat terdiri dari kombinasi huruf dan angka, tetapi terlepas dari itu hanya menggunakan angka saja, maupun huruf saja juga memungkinkan. Anda dapat membuat apapun yang Anda kehendaki jika belum didaftarkan oleh orang lain. Bahkan, Anda juga dapat menggunakan beberapa jenis simbol, contohnya simbol “-“, ya, walaupun tidak semua simbol didukung hanya beberapa jenis simbol saja.

Penyewaan domain

Domain tidak dapat dibeli namun bisa disewa melalui registrar resmi yang ada. Beberapa contoh registar yang cukup terkenal yaitu name.com, namecheap.com, godaddy.com, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun itulah yang cukup terkenal dan banyak digunakan. Ada juga beberapa domain, namun tidak disarankan membeli melalui , karena bisa jadi jika nama domain yang hendak didaftarkan cukup bagus, tersebut malah mendaftarkan nama domain tersebut atas nama dirinya sendiri, itulah yang dikenal dengan nama domain nakalan.

Domain sendiri disewakan secara bebas, di mana status pembayarannya pun cukup terjangkau dan biasanya disewakan dengan bayaran per tahun. Untuk yang pertama kali mendaftar, Anda dapat mencari kupon, sehingga bisa mendaftar dengan harga yang lebih murah.

Domain sendiri memiliki bermacam ekstensi yang biasanya sebagai penanda fungsi dari domain tersebut. Contohnya .com untuk domain komersial. Dan masih banyak bervariasi ekstensi domain lainnya, berikut beberapa contohnya:

  1. Edu: institusi pendidikan
  2. Gov: institusi pemerintahan
  3. Mil: militer
  4. Org: kegiatan nonprofit atau bisa juga organisasi
  5. Net: organisasi network
  6. Com: organisasi komersial atau profit
  7. Travel: pariwisata
  8. Info: kepentingan informasi
  9. Name: kepentingan keluarga dan personal

*Tidak saya tuliskan semua, karena akan sangat banyak sekali

Ekstensi domain tersebut niscayanya digunakan untuk keperluan tersebut, namun banyak juga yang tidak mengikuti kaedah aturan di atas, dan menggunakannya untuk yang berbeda. Seperti website travel, namun tidak menggunakan ekstensi .travel melainkan tetap memilih menggunakan ekstensi .com, ini karena orang-orang masih belum terbiasa mengingat ekstensi selain .com dan .net. Namun, belakangan, ada ekstensi resmi untuk organisasi profit dari pemerintahan dan wajib. Ekstensi tersebut adalah .co.id.

Sekian artikel tentang pengertian dari domain secara mendetail. Jangan lupa ikuti selalu postingan update terbaru dari blog kita setiap harinya tentang , blogspot dan juga , Terima kasih.