Cara Cepat Karyawan Mempelajari Budaya Organisasi Perusahaan

Penting bagi seorang karyawan untuk mempelajari budaya organisasi, dalam hal ini adalah perusahaan. Berikut beberapa cara cepat karyawan untuk mempelajari budaya organisasi yang ada di perusahaan tempat ia bekerja. Anda dapat mempraktekkan cara-cara ini di perusahaan Anda mulai dari sekarang. Mari baca selengkapnya.

Kebudayaan antara satu perusahaan (Organisasi) dengan perusahaan yang lain belum tentu sama. Apalagi jika sudah berbeda daerah. Kebudayaan tersebut disampaikan pada para karyawan menggunakan cara yang berbeda-beda, yang terpenting adalah memilih cara yang paling efektif. Adapun yang paling umum digunakan antara lain:

  • Upacara
  • Cerita
  • Bahasa
  • Simbol

Upacara

Ini merupakan cara yang pertama. Upacara yakni serangkaian kegiatan berulang yang dilakukan oleh perusahaan bersama karyawan yang berusaha mengungkapkan sekaligus meneguhkan nilai-nilai perusahaan, target perusahaan, target terpenting, serta siapa saja orang-orang penting di dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Cerita

Yang kedua adalah cerita. Cerita-cerita perusahaan biasanya memiliki gambaran peristiwa signifikan, maupun manusia, yang mencakup berbagai hal seperti siapa saja pendiri perusahaan, tanggapan kesalahan masa lalu, pelanggaran peraturan, dan sejenisnya.

Bahasa

Cukup banyak unit dalam sebuah organisasi yang memakai bahasa untuk cara mengidentifikasi para anggota organisasi tersebut sebagai sebuah budaya. Apabila mempelajari bahasa tersebut, maka para anggota menyatakan penerimaan mereka pada budaya, selain itu juga bersedia untuk membantu melestarikan budaya organisasi tersebut. Sebuah organisasi dari waktu ke waktu sering mengembangkan berbagai istilah unik dengan tujuan mempermudah penggambaran budaya, peralatan, para pemasok, orang-orang penting, proses, pelanggan, hingga produk-produk yang memiliki kaitan dengan usaha bisnis mereka.

cara agar karyawan mau mempelajari budaya perusahaan » Cara Cepat Karyawan Mempelajari Budaya Organisasi Perusahaan

Memang kerapkali para karyawan baru mengalami kesulitan dengan macam-macam istilah khusus dan akronim yang dibuat oleh organisasi tersebut. Butuh waktu untuk mempelajarinya, tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat.

Apabila sudah terasimilasi maka bahasa tersebut memiliki fungsi untuk penanda umum pemersatu para anggota budaya di dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Simbol

Yang keempat adalah simbol. Saat seseorang memasuki bisnis berbeda, Anda akan tahu apakah Anda memperoleh perasaan mengenai organisasi atau perusahaan tersebut, apakah kasual, formal, serius, gembira, ataukah yang lainnya?

Jadi perasaan yang Anda rasakan tersebut menunjukkan kekuatan dari simbol-simbol materi di dalam menciptakan kepribadian sebuah organisasi. Hal-hal ini contohnya adalah cara karyawan berpakaian, posisi fasilitas organisasi, jenis mobil perusahaan yang disediakan, itu adalah contoh dari simbol materi.

Simbol materi tersebut secara tidak langsung mengatakan pada karyawan mengenai siapa saja yang memegang posisi penting dalam perusahaan, tingkat kesamaan yang diinginkan pemimpin tertinggi, serta berbagai macam perilaku, contohnya menanggung resiko, otoriter, bersikap konservatif, individualistis, partisipatif, dan lain-lain – Yang memang diharapkan dan layak dalam organisasi tersebut.

Bagaimana Karyawan Memandang Organisasi

Penelitian tentang budaya organisasi berusaha untuk mengukur bagaimanakah seorang karyawan dalam memandang organisasi tempat mereka bekerja. Apakah organisasi tersebut mendorong kerja tim, menghargai inovasi, dan menekan inisiatif. Kepuasan kerja berusaha untuk melakukan pengukuran respons afektif pada lingkungan kerja, contohnya adalah bagaimana pegawai mencoba merasakan ekspektasi organisasi, juga berbagai praktik imbalan, dan lain-lain.

Budaya sebuah perusahaan tak muncul sendirinya dalam kalangan anggota perusahaan tersebut. Namun budaya ini perlu dibentuk serta dipelajari sebab dasarnya budaya perusahaan itu merupakan sekumpulan pola perilaku dan nilai yang dimiliki bersama, dipelajari, oleh seluruh anggota perusahaan atau organisasi. Selain itu budaya ini akan diwariskan dari generasi ke generasi yang baru.

Sekian informasi tentang cara cepat untuk seorang karyawan mempelajari budaya organisasi, semoga bermanfaat.

Comments are closed.