Link Building yang Berkualitas

link building 001 300x115 » Link Building yang BerkualitasLink Building – Apa sich yang dikatakan dengan link buiding? Link building adalah proses untuk membuat dan meningkatkan jumlah dan kualitas inbound link, yaitu link yang mengarah ke suatu halaman blog/website.

Mengapa dilakukan proses itu? Karena semakin tingi jumlah dan kualitas link yang mengarah ke suatu halaman blog/website, semakin tinggi pula popularitas dan visibilitasnya. Dalam kaitannya dengan SEO, ranking suatu halaman dapat meningkat seiring dengan meningkatnya popularitas dan visibilitas tersebut. Artikel baru dari suatu blog yang telah populer di mata search engine juga akan cepat terindeks dan cepat memiliki SERP yang baik.

Link adalah connector (penghubung) antara dua halaman web, baik dari suatu halaman utama (homepage) maupun dari suatu sub halaman ke sub halaman yang lainnya (post/article page). Link merupakan bagian dari navigasi website yang tidak dapat dipisahkan. Link yang demikian disebut sebagai internal link.

Lalu, ada pula external link, yaitu link suatu halaman website yang berada di halaman website yang lain, atau sebaliknya. Sebagai contoh, ketika anda mensubmit artikel ke situs direktori artikel dan mencantumkan link artikel website/blog anda, maka terdapat koneksi yang terhubung dari halaman direktori ke halaman artikel anda melalui link tersebut.

Dengan demikian, telah jelas bahwa link building juga berarti membangun link baik secara internal (internal linking) maupun secara eksternal (external linking).

Internal linking berarti membangun navigasi untuk suatu webiste/blog di dalam website/blog itu sendiri. Semakin baik internal linking, semakin baik pula navigasinya bagi pengunjung maupun di mata search engine. Logikanya, pengunjung dapat dengan mudah mencari artikel yang diinginkan dan berkaitan. Reference (referensi) dari suatu halaman ke halaman yang lain menunjukkan adanya keterkaitan suatu isi satu sama lain. Selain itu, search engine dapat dengan mudah memetakan link-link yang ada di dalam website/blog.

Eksternal linking adalah usaha untuk membangun reference dari suatu blog/website lain melalui link yang mengarah ke blog/website tertentu. Adanya reference ini menunjukkan bahwa isi suatu halaman website/blog itu penting di mata website/blog lain. Jadi semakin banyak dan berkualitas eksternal link yang mengarah, semakin penting pula halaman blog/website tersebut. Search engine kemudian melihatnya sebagai popularitas dan visibilitas suatu halaman website/blog, oleh karena itu dia lalu menaikkan ranking-nya di dalam halaman search engine (SERP). Kemudian, karena link halaman tersebut direferensikan oleh banyak blog/website yang juga memiliki nilai penting dan memiliki keterkaitan yang baik di mata search engine (berkualitas), maka search engine (Google) menghadiahi halaman tersebut dengan PageRank.

Nah, disini berarti kita sudah sampai pada SEO (Search Engine Optimization) dan cukup beralasan sudah mengapa link building itu penting. So, bagaimana melakukan proses link building yang baik bagi SEO? Dari apa yang telah sedikit  dibahas di atas, kita ketahui bahwa syarat link yang baik harus memenuhi beberapa kriteria dan tidak hanya bergantung dari jumlahnya namun juga kualitasnya, yaitu bersumber dari website/blog yang credible (bisa diartikan sebagai blog/website yang ber-PageRank lebih tinggi), berkaitan (memiliki topik/tema yang sama), dan mengandung anchor text yang sesuai.

Comments are closed.