Memahami Fungsi dari Meta Tag

meta tag function 001 300x225 » Memahami Fungsi dari Meta TagMeta tag – Pada dasarnya Meta Tag berfungsi untuk memberikan informasi kepada search engine, mengenai gambaran dan isi apa aja sich didalam suatu blog/website itu. Pada umumnya Blogspot/Blogger dengan template bawaan belum memiliki meta tag. Maka meta tag ini diperlukan  untuk mengoptimalkan pencarian di search engine (SEO)

Ukurannya disarankan tidak lebih dari 200 karakter. Dan usahakan agar description ini bisa menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman web page yang bersangkutan. Beberapa search engine seperti Nothern Light dan Google tidak memakai meta tags sebagai deskripsi hasil pencariannya. Yang mereka gunakan adalah kalimat-kalimat awal yang ada pada halaman tersebut.

Meta tag keyword sangat penting keberadaannya, karena menentukan kata kunci apa yang bisa menemukan halaman web tersebut pada search engine. Sintak dasar dari meta tag keyword adalah
sebagai berikut :

<meta name=”keywords” content=”keyword1 keyword2 keyword3 …”>

atau ada juga yang menulis dengan pemisah tanda koma :

<meta name=”keywords” content=”keyword1, keyword2, keyword3, …>

Keduanya berfungsi sama dan tidak ada pengaruhnya pada search engine. Tujuan pemakaian tanda koma agar keyword-keyword tersebut lebih mudah dibaca. Yang perlu diperhatikan disini adalah jangan mengulang sebuah kata lebih dari 3 kali, karena akan dianggap spamming.

Yang tak kalah pentingnya mengenai keyword adalah jangan membuat keyword yang tidak ada hubungannya dengan isi halaman web Anda. Hal ini juga akan dianggap spamming. Misalkan web Anda memuat informasi mengenai pariwisata di Yogya, jangan sekali-kali menambahkan “bola” atau “jeniffer Lopez” sebagai keyword hanya karena keyword-keyword ini merupakan keyword favorit di internet dan banyak dicari orang.

Meta Tag Robots

Meta tag robots adalah untuk menentukan halaman web yang mana bisa diindex oleh spider dan halaman web mana yang tidak. Tag ini sangat berguna sekali terutama jika seuatu website memakai frame untuk navigasinya. Tentunya kita tidak ingin menampilkan menu-menu dalam frame untuk dibaca oleh search engine. Format dasar dari meta tag robots adalah sebagai berikut :

<meta name=”robots” content=”index | noindex | follow | nofollow”>

Sebagai contoh, jika Anda ingin agar spider membaca main page, dan menelusuri semua link yang ada maka tambahkan perintah berikut ini :

<meta name=”robots” content=”index follow”>

Dengan perintah ini spider akan meng-index main page dan menjadwalkan untuk mengindex halaman-halaman lain yang bisa dicari melalui hyperlink (<a href=””>). Perintah berikut ini akan menginstruksikan agar spider tidak meng-index maupun menelusuri link yang ada pada suatu halaman web.

<meta name=”robots” content=”noindex nofollow”>

Untuk memasang Meta tag Blogger caranya cukup mudah, pertama masuk ke Dashboard > Edit HTML kemudian copy paste kode dibawah ini, letakkan dibawah <title><data:blog.pageTitle/></title> (cari dengan Ctrl+F) dan jangan lupa merubah kode warnamerah di bawah sesuai dengan deskripsi dan keyword blog yang diinginkan.

<meta content=’ Tulis deskirpsi disini’  name=’description’/>
<meta content=’keyword1 keyword2 keyword3 …’ name=’keywords’/>
<meta content=’INDEX, FOLLOW’ name=’ROBOTS’/>

Kemudian save template. Done!