Karyawan Sering Resign karena Tidak Betah? Pasti Anda Belum Coba Cara ini

Mungkin Anda berpikir tidak masalah jika karyawan resign. Padahal ada banyak efek negatif yang akan perusahaan dapatkan jika karyawan sering resign, apalagi jika yang resign adalah karyawan berprestasi dan berpengalaman. Untuk diketahui bahwa biaya rata-rata dalam proses perekrutan karyawan yakni 5 hingga 10 juta / orang. Biaya ini bergantung ke tingkat kualitas dan posisi karyawan tersebut.

Makna dari nilai tersebut yakni merekrut seorang karyawan perusahaan sekarang ini harganya sangat mahal. Seringkali Anda juga akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan karyawan yang memang memenuhi spesifikasi yang diharapkan dan menguntungkan perusahaan.

Alasan Tepat

Sebenarnya alasan itu saja sudah menjadi alasan tepat dan cukup untuk memastikan karyawan Anda betah bekerja di perusahaan yang sekarang. Di dalam realitas keseharian, banyak pemilik perusahaan, mungkin termasuk Anda juga yang seringkali mengeluh mengenai tingginya tingkat turn over karyawan dalam perusahaan. Ketahui apa penyebab hal tersebut bisa terjadi dan ketahui juga bagaimana trik agar karyawan mau bekerja lama dalam perusahaan sekarang.

tips mencegah karyawan resign sebab tidak betah » Karyawan Sering Resign karena Tidak Betah? Pasti Anda Belum Coba Cara ini

Trik Agar Karyawan Betah Bekerja di Perusahaan Anda

  1. Alat bantu kerja mencukupi

Pegawai atau karyawan Anda akan senang apabila diberikan sarana peralatan yang cukup untuk mendukung pekerjaan mereka di perusahaan. Jadi karyawan tidak harus membeli sendiri peralatan yang dibutuhkan. Sebab mereka bekerja di perusahaan dengan tujuan untuk mendapatkan gaji, bukan justru membeli peralatan yang akan digunakan dalam bekerja. Ini tidak terbatas pada hal fisik saja, tetapi juga non-fisik, contohnya informasi. Di mana kesemuanya akan dapat mendukung agar karyawan tersebut dapat berkontribusi bagi perusahaan.

  1. Pemahaman karyawan akan kontribusi mereka

Saat menerima seorang karyawan, Anda harus memastikan jika karyawan tersebut mengerti dengan jelas mengenai kontribusi yang mereka dapat berikan. Kontribusi seperti apa yang diharapkan oleh perusahaan di mana karyawan tersebut bekerja. Dengan mengetahui ini maka karyawan tersebut akan memiliki motivasi tersendiri, selain itu juga akan lebih senang saat bekerja. Itu karena sang karyawan akan merasa jika pekerjaan mereka itu penting, dan mereka wajib melakukan pekerjaan secara benar, supaya target perusahaan dapat tercapai.

  1. Makanan dan Minuman gratis

Jangan salah, trik ketiga ini juga sangat efektif. Ada banyak perusahaan besar yang sudah menerapkan ini. Dengan perut yang kenyang maka karyawan akan dapat fokus bekerja, dibandingkan saat mereka kelaparan. Sebab tidak setiap karyawan memiliki kemampuan finansial lebih. Jika mereka harus membeli makanan sendiri di luar saat jam istirahat, bisa-bisa nanti gaji mereka habis karena itu. Akhirnya semangat kerja pun menurun, dan bukannya penghematan yang perusahaan dapatkan melainkan pemborosan. Untuk menyediakan makanan dan minuman gratis tidak harus selalu ada dapur sendiri di perusahaan, tetapi Anda dapat menyewa jasa katering harian.

  1. Cuti melahirkan

Termasuk cuti punya anak. Anda sebagai perusahaan baiknya memberikan cuti punya anak juga, jadi tidak hanya cuti melahirkan saja. Dengan begini karyawan Anda akan semakin menghargai. Cuti melahirkan untuk karyawan wanita, sementara cuti punya anak untuk karyawan pria. Karena karyawan Anda akan membutuhkan itu. Jadi walaupun libur tetapi tetap digaji. Tetapi waktu cuti antara cuti melahirkan dan cuti punya anak, tentu jatah libur cuti punya anak lebih sedikit dibandingkan hari libur cuti melahirkan.

Bonus-bonus juga akan sangat membantu untuk membantu agar karyawan betah bekerja di perusahaan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Comments are closed.