Cara Mudah Mengetahui Data Hosting dan Domain dari Website

Cara mudah mengetahui hosting dan domain dari website » Cara Mudah Mengetahui Data Hosting dan Domain dari WebsiteTentunya terkadang Anda ingin mengetahui beberapa informasi dan data dari website, terutama misalkan jika isi website tersebut menarik dan Anda ingin tahu siapakah di balik website tersebut atau mungkin juga suatu waktu Anda melihat sebuah website yang ramai dengan visitor bahkan hingga jutaan visitor dan Anda ingin mengetahui di manakah tempat hosting yang disewa oleh website yang bersangkutan, maka cara ini dapat Anda gunakan. Silahkan baca tips yang kami bagi berikut untuk spying suatu website yang anda inginkan.

Anda dapat memanfaatkan informasi ini sebagai penambah wawasan, dan mungkin juga untuk sumber makalah Anda, apabila Anda anak Informatika dan membutuhkan beberapa sumber untuk menyelesaikan makalah Anda. Namun, pastikan Anda memberikan sumbernya, tuliskan alamat url ke artikel ini jika ingin menggunakan artikel ini sebagai acuan.

Cara mengecek ip domain website

Yang pertama akan kita bahas yaitu mengenai cara mudah mengecek ip dari domain sebuah website. Untuk melakukan hal ini, Anda akan membutuhkan command prompt yang sudah disediakan di OS Windows, jika Anda menggunakan Macintosh maka tutorial ini mungkin caranya berbeda, dan kita tidak menyampaikan caranya karena belum melakukan percobaan di OS yang berbeda. Caranya muda sekali, pertama buka cmd atau command prompt dengan click logo windows pada menu search ketikan “cmd” tanpa tanda kutip. Setelah itu, window cmd akan terbuka, lalu lanjutkan ke langkah ke 2 yaitu mengetikkan commandnya = ping www.byrest.com, ganti www.byrest.com dengan alamat url web yang Anda mau cari informasinya. Selanjutnya langkah ketiga jalankan command tersebut dengan click menu enter. Nanti akan muncul informasi tentang ip dari domain tersebut, bentuknya yang berupa kombinasi antara angka dan titik.

Seperti disebutkan di atas, kita belum menguji coba cara ini pada OS selain Windows, jadi mungkin caranya untuk yang menggunakan OS Linux dan Apple akan berbeda. Namun Anda dapat memanfaatkan browser. Caranya lebih mudah, berikut langkah-langkahnya. Pertama Anda aktifkan browser favorit Anda, Kedua ketikan http://www.whoishostingthis.com nanti di sana Anda dapat menemukan form untuk memasukkan alamat website yang dituju, berada di tengah-tengah, masukkan url website yang hendak Anda cari informasinya, kemudian click button ‘search’ dan Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai ip address dari website yang bersangkutan, mudah sekali bukan?

Cara mengetahui hosting website tanpa repot

Selanjutnya mari kita membahas mengenai cara mengetahui sebuah website hosting di mana tanpa harus susah-susah kontak dengan pemilik website tersebut. Sebenarnya caranya hampir sama dengan cara mencari ip address, karena jika mencari ip address, maka sesungguhnya Anda sudah mengetahui di mana website tersebut menyewa hosting dan menempatkan semua file-filenya.

Masih sama, di browser Anda ketikkanlah http://www.whoishostingthis.com/ lalu ketikan alamat url websitenya, dan click enter. Selanjutnya akan saya beritahu di mana mencari informasi hostingnya. Setelah Anda memasukkan nama website dan click enter akan muncul informasi tentang ip address dan juga informasi mengenai name servers yang digunakan. Contohnya saja:

NS1.Hawkhost.com

NS2.Hawkhost.com

Itu berarti website atau blog tersebut menempatkan semua filenya di perusahaan hosting yang bernama hawkhost.

Sekian artikel tentang cara mengetahui data hosting dan domain dari website, semoga bermanfaat. Masih banyak ilmu lainnya terkait hosting, dan Anda dapat membacanya melalui kategori yang sudah tersedia di blog ini. Jangan lupa share artikel ini jika Anda merasa bahwa artikel tentang hosting ini bermanfaat, sebelumnya kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.