Ini Faktor yang Membuat Orang Gagal Berjualan Online di Facebook

Jika dibandingkan dengan marketplace seperti Tokopedia, Shopee, maupun Bukalapak, Facebook memang masih lebih berpotensi untuk digunakan berjualan online.

Kenapa Facebook masih jauh lebih baik dibandingkan dengan marketplace? Karena berjualan online di Facebook tidak harus bersaing harga seperti halnya di marketplace.

Selain itu, jumlah pengguna Facebook juga jauh lebih banyak dibandingkan dengan marketplace. Tak hanya itu saja, Facebook sendiri sudah menyediakan fitur yang sangat lengkap untuk berjualan online.

Namun meskipun Facebook mempunyai lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan marketplace, masih banyak orang yang gagal berjualan online di Facebook. Ternyata memang ada beberapa macam faktor yang membuat orang gagal berjualan online di Facebook.

Jika anda berencana untuk mencoba jualan di Facebook, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu apa saja faktor yang biasanya menjadi penyebab kegagalan berjualan di Facebook tersebut melalui artikel ini.

4 Faktor Utama yang Paling Sering Menyebabkan Orang Gagal Berjualan Online di Facebook

Bagi anda yang tidak ingin mengalami kegagalan dalam berjualan online di Facebook, ada baiknya anda belajar dari pengalaman orang lain. Inilah faktor yang biasanya menjadi penyebab orang-orang gagal berjualan online di Facebook:

  1. Tidak memanfaatkan Fanpage

Cukup banyak orang yang memilih berjualan online menggunakan akun Facebook pribadi. Padahal Facebook sudah menyiapkan tempat khusus untuk berjualan yaitu dengan menggunakan Fanpage. Fanpage jauh lebih menguntungkan ketika digunakan untuk berjualan online.

Karena hanya menggunakan akun Facebook pribadi, jelas promosi yang dilakukan tidak akan maksimal. Belum lagi jika akun anda diblokir secara permanen oleh Facebook.

Jadi jika memang anda ada niatan untuk berjualan online di Facebook, lebih baik sejak awal gunakan Fanpage untuk berjualan. Jangan pernah menggunakan akun Facebook pribadi untuk mempromosikan produk anda. Gunakan akun pribadi untuk mempromosikan Fanpage anda.

  1. Tidak mengetahui siapa saja target marketnya

Faktor lain yang juga sering menyebabkan orang gagal berjualan online di Facebook adalah karena mereka sama sekali tidak mengetahui siapa target marketnya.

Ini Faktor yang Biasa Membuat Orang Gagal Berjualan Online di Facebook 1024x669 » Ini Faktor yang Membuat Orang Gagal Berjualan Online di Facebook

Ya, mungkin anda sudah menggunakan Fanpage untuk promosi produk yang anda jual. Namun jika yang Like Fanpage anda bukanlah target market anda, maka hampir tidak mungkin mereka membeli produk yang anda tawarkan.

Jadi sebelum anda mulai berjualan online di Facebook, pelajari terlebih dahulu siapa target market anda berdasarkan produk yang akan anda jual. Mengetahui siapa saja yang menjadi target market anda juga sangat bermanfaat ketika anda ingin menggunakan iklan berbayar di Facebook nantinya.

  1. Tidak memiliki konten promosi yang menarik

Faktor berikutnya yang biasa menyebabkan orang gagal berjualan online di Facebook adalah tidak memiliki konten promosi yang menarik.

Menawarkan produk itu memang bisa dikatakan susah-susah gampang. Namun yang pasti, jangan pernah melakukan hard selling.

Konten yang berbau hard selling sangat tidak disukai di Facebook. Orang-orang jelas tidak akan tertarik dengan produk anda, bahkan mereka tidak tertarik sama sekali dengan konten anda.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin kemas konten promosi anda sebaik mungkin sehingga tidak tampak seperti sedang mempromosikan sebuah produk. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan membahas mengenai manfaat yang bisa calon konsumen anda dapatkan dengan memiliki produk yang anda tawarkan.

Selain itu, pastikan untuk mengkombinasikan antara gambar dan video sebagai media promosi anda. Kenapa? Karena gambar dan video merupakan 2 media promosi yang paling efektif sampai saat ini.

  1. Tidak mau berproses

Faktor terakhir yang paling banyak membuat orang gagal berjualan online di Facebook adalah karena mereka tidak mau berproses. Perlu anda ketahui, jualan online di Facebook itu butuh waktu untuk bisa merasakan keuntungannya.

Tidak ada kepastian bahwa di bulan-bulan awal anda sudah bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari berjualan online di Facebook. Bisa jadi di bulan pertama sama sekali belum ada orang yang mau membeli produk yang anda tawarkan.

Oleh sebab itu, anda yang memang berniat untuk jualan online di Facebook harus mau berproses. Anda harus mau mempelajari apa kesalahan yang sudah anda lakukan sehingga produk anda masih belum dilirik oleh orang lain.

Jadi jika anda memang benar-benar serius ingin mencoba berjualan online di Facebook, sebaiknya perhatikan 4 faktor yang sudah dibahas di artikel ini. Jika anda bisa mengatasi 4 faktor yang menjadi penyebab kegagalan berjualan online di Facebook tersebut, kemungkinan besar anda memiliki potensi sukses yang lebih besar dengan berjualan online di Facebook.

Comments are closed.