Cara Berbisnis Toko Emas Sendiri – Kenali Dulu Seluk Beluknya

Bisnis toko emas menawarkan keuntungan yang besar. Sudah banyak orang yang mencoba menginvestasikan uang mereka untuk mendirikan toko emas sendiri, beberapa memulainya dari skala kecil, tetapi juga ada yang langsung skala besar – Khususnya orang-orang yang memang sudah berpengalaman membuat toko emas sebelumnya.

Modal harus cukup

Jika Anda memang memiliki rencana membuka toko emas pertama Anda, walaupun dalam skala kecil tetapi Anda harus memiliki modal yang cukup. Ke depannya Anda akan menjual perhiasan emas dengan cara eceran, atau retail.

Contoh produk yang dijual juga harus Anda ketahui terlebih dahulu, antara lain:

  • Gelang emas
  • Cincin emas
  • Kalung emas
  • Emas batangan murni (Hanya beberapa toko emas yang menjualnya)

Memanfaatkan waralaba

Ada perusahaan yang sudah cukup besar dan memiliki modal kuat berusaha memperluas bisnis mereka. Biasanya cara yang mereka tawarkan adalah dengan system waralaba. Anda dapat memanfaatkan system yang mereka tawarkan tersebut, khususnya bagi Anda yang pemula, dibandingkan Anda memulai semuanya dari awal.

Memilih waralaba toko emas merupakan cara strategis dan tercepat dalam menjual perhiasan emas. Anda juga tidak perlu pusing dengan penyediaan barang dagangan. Kembali berbicara mengenai skala toko, hal yang sama berlaku untuk system waralaba – Di mana skala toko emas berdasarkan pada luas toko.

Biaya waralaba toko emas

Untuk biaya yang harus Anda bayarkan itu berbeda-beda. Untuk contoh, jika luas toko 25 M2, maka franchise fee yang harus dibayarkan sebesar 500 juta Rupiah / 5 tahun. Ditambah biaya lain-lain, kurang lebih total investasi yang harus Anda persiapkan adalah 4 miliar Rupiah.

Cara membuka toko Emas sendiri Kenali dulu seluk beluknya » Cara Berbisnis Toko Emas Sendiri - Kenali Dulu Seluk Beluknya

Dari total nilai investasi tersebut kurang lebih 80% akan digunakan untuk penyediaan stok awal toko. Sisa nilai investasi digunakan untuk membayar berbagai keperluan terkait lainnya, contohnya renovasi, sewa toko, dan lain-lain.

Investasi franchise lebih aman

Walaupun nilai investasi cukup besar dan Anda diberatkan dengan franchise fee per 5 tahun. Tetapi system ini dinilai lebih aman, bahkan dapat disebut benar-benar aman. Sebab investasi sebesar 80% sifatnya liquid, yakni perhiasan emas itu sendiri. Di mana stock barang dapat Anda cairkan kapanpun.

Seleksi awal investor

Jika Anda sudah memiliki modal, maka Anda harus mengikuti seleksi awal investor. Walaupun tidak semuanya mewajibkan hal ini. Hal-hal lain yang akan mempengaruhi apakah Anda layak untuk ikut mengembangkan bisnis franchise toko emas tersebut adalah aset yang Anda miliki, ada tidaknya gedung, dan kapasitas ekspansi – Dengan kata lain seleksi ini untuk mengeliminasi orang-orang yang memang tak memiliki tujuan investasi dengan serius.

Pedagang emas kaki lima

Sebenarnya juga ada kesempatan untuk Anda yang ingin berdagang emas tetapi dengan modal yang sangat kecil, yakni dengan menjadi pedagang emas kaki lima. Jadi Anda tidak memiliki toko sendiri.

Tempat untuk menjual emas pun benar-benar sederhana. Yakni hanya menggunakan lemari kaca kecil, meja, kursi, dan beberapa peralatan (Timbangan emas, dan lain-lain)

Kesuksesan dari pedagang emas kaki lima bergantung pada keahlian marketing pedagang itu sendiri. Jika pandai dalam merayu orang, maka mendapatkan profit pun sangat memungkinkan, walaupun tidak memiliki toko yang mewah dan besar.

Selain itu informasi yang dimiliki tentang emas harus Anda ketahui. Termasuk informasi harga emas terbaru. Memang ini tidak mudah tetapi masih bisa dipelajari. Jadi jangan takut untuk mencoba.

Comments are closed.