Mengapa kita terkena Fee Transaksi dari Paypal?

Pernahkah Anda memperhatikan jumlah biaya yang harus kita tanggung sebagai seller, setelah menerima pembayaran melalui PayPal? Sebagai contoh, saya terkena biaya $5,18 USD sebagai fee transaksi untuk menerima uang sejumlah $ 125.00 USD dari buyer LN, tp ngga tau pastinya negara mana :D.

paypal fees » Mengapa kita terkena Fee Transaksi dari Paypal?

Apakah Anda tahu mengapa ini terjadi? Mengapa kita terkena sejumlah biaya dari paypal?

Usut punya usut, ternyata ini dikarenakan si buyer bayar pake cc ato debit card, ngga pake dana langsung yg ada di account paypal dia dan kita orang Indonesia juga terkena aturan Cross-Border Personal Transactions ato Biaya Transaksi untuk Pembayaran Lintas-Batas. Untuk akun jenis Personal Payments, Paypal tidak mengenakan biaya apapun ketika dana berasal dari PayPal Balance. Tapi, ada biaya yang terkait dengan pembayaran jika pengirim menggunakan kredit / kartu debit / kredit PayPal untuk sejumlah pembayaran atau transaksi yang melibatkan payment untuk barang atau jasa. Sebenarnya jumlah fee atau pajak transaksi ini dapat dibayar baik oleh si  pengirim atau penerima. Namun disini pengirim berhak memutuskan siapa yang membayar biaya ini.

paypal fees2 » Mengapa kita terkena Fee Transaksi dari Paypal?

Mengacu pada tabel Cross-Border Personal Transactions dibawah ini, maka kita yang ada di Indonesia akan terkena biaya sebesar= 3.9% + Fixed Fee ($0,30 USD) dari jumlah yang dikirim.

Sebagai contoh untuk kasus saya ini, dapat kiriman $ 125 dari buyer diluar Indonesia dan si buyer bayar lwt paypal pakai kartu CC / debit, biayanya akan menjadi $ 3,9% x $125 + $ 0,30 = $ 5,175, dan mengacu pada pelajaran Matematika SD yang berlaku adalah pembulatan ke atas jadinya kena fee transaksi $5,18 USD. Jumlah bersih yang diterima adalah $119,82 USD.

paypal Biaya Transaksi Pembayaran Lintas Batas copy » Mengapa kita terkena Fee Transaksi dari Paypal?

So berhati-hatilah. Jika Anda menerima pembayaran, Anda dapat meminta pengirim untuk membayar biaya ini (jika si pengirim/buyer setuju, atau sebagai penjual/seller anda dapat menaikkan harga dengan memasukkan variabel cost ini).