Ini Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Jualan di Marketplace Shopee

Jualan di Shopee akhir-akhir ini memang sedang hype sekali. Mulai banyak orang yang mencoba peruntungan jualan online dari market place baru tersebut.

Shopee memang tergolong sebagai market place jual beli online baru. Namun jika dibandingkan dengan market place yang sudah lebih dulu lahir di Indonesia, Shopee memang mempunyai cukup banyak kelebihan. Namun demikian, bukan berarti Shopee tidak mempunyai kekurangan.

Jika anda ingin mencoba jualan di Shopee seperti kebanyakan orang, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu apa saja kelebihan dan juga kekurangan jualan di Shopee selengkapnya di artikel ini.

Kelebihan Jualan Online di Market Place Shopee

Sebagai market place baru, Shopee memang memanjakan konsumen dalam hal belanja online. Karena Shopee memanjakan konsumen, secara otomatis penjualan di market place baru ini juga cukup besar.

Ini Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Jualan di Shopee 1024x683 » Ini Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Jualan di Marketplace Shopee

Bagi anda yang berniat jualan di Shopee, anda bisa merasakan beberapa kelebihan market place Shopee seperti:

  • Jauh lebih banyak konsumen dibandingkan dengan market place lama

Jika mau dibandingkan dengan jumlah pengunjung di market place lama seperti Tokopedia dan juga Bukalapak, Shopee memang sekarang memiliki lebih banyak konsumen.

Karena jumlah konsumennya jauh lebih banyak, secara otomatis kemungkinan produk yang anda jual laku keras di Shopee juga semakin besar.

  • Banyak program menarik baik bagi penjual maupun konsumen

Shopee memang tampak memanjakan konsumennya dari program-program yang dibuatnya. Namun demikian, sebenarnya secara tidak langsung program-program tersebut juga memanjakan orang-orang yang jualan di Shopee.

Contohnya saja, program gratis ongkir dari Shopee yang sedikit banyak mempengaruhi peningkatan penjualan produk di Shopee.

  • Sudah terintegrasi dengan sistem pengiriman paket

Untuk masalah teknologi, Shopee memang masih menjadi juara di market place Indonesia. Kenapa? Karena setiap orang yang jualan di Shopee tidak perlu repot-repot menulis kembali alamat pembeli produknya.

Setiap ada pembeli produk, sistem Shopee secara otomatis langsung terintegrasi dengan sistem pengiriman paket. jadi penjual hanya perlu menuliskan kode pengiriman barang saja.

Ketika pihak pengiriman barang memasukkan kode tersebut, secara otomatis data penerima barang akan terlihat. Sistem ini benar-benar efektif dalam hal mengurangi kesalahan penulisan informasi penerima barang baik dari penjual maupun dari pihak pengiriman paket.

  • Sistem sundul yang sangat fair

Kelebihan lain dari jualan di Shopee adalah sistem sundulnya yang sangat fair. Setiap orang yang jualan di Shopee mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan produknya di halaman paling depan.

Sekali promosi, anda bisa menayangkan 5 produk sekaligus. Anda bisa menggunakan fitur promosi tersebut setiap 4 jam sekali secara gratis. Sistem sundul di Shopee ini jelas lebih baik dibandingkan dengan sistem sundul di market place lainnya.

  • Adanya fitur-fitur penghargaan bagi penjual

Selain fitur sundul, jualan di Shopee juga lebih baik karena adanya fitur-fitur penghargaan bagi penjual yang berprestasi.

Salah satu contoh penghargaan yang bisa diterima oleh penjual di Shopee adalah Star Seller. Setiap orang yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut akan mendapatkan keuntungan seperti produknya lebih sering dipromosikan oleh sistem Shopee.

Jadi tidak ada ruginya bagi penjual di Shopee untuk berusaha mati-matian untuk mendapatkan penghargaan Star Seller tersebut.

Kekurangan Jualan Online di Market Place Shopee

Meskipun jualan di Shopee itu banyak kelebihannya, namun bukan berarti tidak ada kekurangannya sama sekali. Jualan di Shopee juga masih memiliki beberapa kekurangan seperti:

  • Butuh modal terlebih dahulu

Baik anda yang memiliki stok produk ataupun yang berjualan dengan sistem dropship di Shopee wajib memiliki modal. Kenapa? Karena anda tidak bisa langsung menerima uang pembayaran dari konsumen anda.

Sistem Shopee baru akan mencairkan uang pembayaran dari konsumen minimal 3 hari setelah anda memasukkan resi pengiriman barang. Jadi selama 3 hari itu, anda harus memiliki modal tambahan untuk tetap menerima pesanan dari pembeli lain.

Sistem di Shopee ini sebenarnya sama dengan sistem di market place lain. Jadi untuk faktor ini, Shopee masih belum bisa memberikan solusi yang lebih baik bagi orang-orang yang jualan di Shopee.

  • Persaingan harga benar-benar super ketat

Jika anda termasuk sebagai orang yang baru akan mulai jualan di Shopee, maka anda harus siap-siap terkejut ketika melihat persaingan harga yang benar-benar ketat.

Hal ini disebabkan karena mayoritas orang yang berjualan online sekarang fokus di market place baru ini. Oleh sebab itu, persaingan di Shopee sudah bukan persaingan kualitas maupun servis lagi. Persaingannya sudah masuk ke ranah harga.

Jangan terkejut jika anda melihat banyak penjual yang bahkan berani menjual produknya dengan harga rugi.

  • Akun Shopee lama cenderung menjadi pemenang persaingan

Satu lagi kekurangan dari jualan di Shopee adalah anda akan sangat sulit bersaing dengan akun-akun Shopee yang umurnya sudah cukup tua. Kenapa? Karena akun-akun tersebut lebih mudah mendapatkan penghargaan dari Shopee.

Satu-satunya cara untuk mengalahkan akun-akun Shopee tersebut adalah dengan menjual produk anda dengan harga serendah-rendahnya di awal.

Setelah membaca mengenai apa saja kelebihan dan juga kekurangan dari jualan di Shopee, menurut anda masih adakah kesempatan untuk mendapatkan sedikit keuntungan dari jualan di Shopee?

Comments are closed.