Tips Belanja Cerdas di E-Commerce

Berbelanja adalah kegiatan yang cukup menyenangkan. Selain kita bisa mendapatkan barang yang kita inginkan, berbelanja bisa merefresh pikiran kita dengan melihat produk-produk yang menarik yang menyegarkan mata. Di era modern ini, kegiatan berbelanja sudah dimodifikasi dengan adanya online marketplace. Hal tersebut menyebabkan orang-orang beralih ke belanja online. Di Indonesia sendiri, online marketplace sudah banyak dan beragam. Sebenarnya konsep online marketplace adalah sebagai wadah untuk para entrepreneur untuk memiliki toko mereka secara online, sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan dana untuk sewa toko dan pegawai. Namun, saat ini masih ada pembeli yang dirugikan dari hasil belanja online seperti; barangnya tidak sesuai, kualitasnya tidak bagus, proses pengiriman yang lama. Nah! Oleh karena itu, kali ini saya mau berbagi tips bagaimana caranya untuk berbelanja dengan cerdas di online marketplace.

  1. Bandingkan penjual

Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu membandingkan para penjual yang menjual produk serupa. Kita bisa melihat dan menilai keseriusan dari para penjual dari feedback mereka, kelengkapan spesifikasi dan fitur produk, kejelsan foto dari produk, informasi penjual, dan harga yang ditawarkan. Dari perbandingan tersebut, kita bisa mengambil keputusan penjual mana yang akan kita pilih. Semakin lengkap dan semakin jelas informasi mengenai penjual dan produknya, kita bisa semakin yakin untuk membeli produknya.

  1. Pilih online marketplace terpercaya

Menanggapi banyaknya online marketplace di Indonesia, kita harus cermat untuk memilih online marketplace. Secara pribadi, saya merekomendasikan blanja.com. Kenapa blanja.com? karena online marketplace tersebut hasil joint venture antara Telkom Indonesia dan eBay. Sekilas informasi saja, Telkom Indonesia merupakan salah satu perusahaan raksasa Indonesia dan eBay merupakan online marketplace raksasa dari Amerika. Oleh karena itu akan terjamin keamanannya. blanjacom » Tips Belanja Cerdas di E-Commerce Selain itu blanja.com memiliki fitur estimasi waktu pengiriman yang cukup akurat. Selain itu, marketplace ini juga memiliki fitur refund dimana uang dari pembeli bisa di transfer kembali jika, produk tidak dikirim oleh penjual. Hal ini bisa terjadi karena uang kita akan ditampung di blanja.com terlebih dahulu dan akan di transfer ke penjual setelah kita menekan tombol konfirmasi barang telah sampai. Kembali lagi, untuk mengurangi resiko refund, kita harus cermat memilih penjual seperti yang dijelaskan di dalam point pertama.  

  1. Berikan feedback

Tidak hanya berbelanja, menerima barang dan menikmatinya. Namun, demi kenyamanan dan keamanan pembeli lainnya, kita harus turut berpartisipasi untuk memberikan feedback kepada penjual tersebut. Jika kita puas, kita bisa memberikan testimonial positif, agar calon pembeli lainnya bisa mengetahui performa baik ari si penjual produknya. Selain itu, testimony tersebut adalah bentuk apresiasi kita terhadap penjual. Jika penjual tersebut mengecewakan, berilah feedback yang membangun agar calon pembeli lainnya bisa menghindari penjual tersebut. Selain itu feedback tersebut bisa menjadi motivasi si penjual untuk meningkatkan service-nya.   Akhir kata, jadilah pembeli yang cerdas. Dengan mengikuti tips di atas yang akan menguntungkan diri sendiri, kita juga turut mendidik masyarakat Indonesia untuk menjadi lebih professional dan siap untuk berkompetisi dengan negara lain di bidang perekonomian. Selebihnya, belanja online akan menjadi hal yang menyenangkan.