Gurihnya Potensi Penghasilan Bisnis Makanan Online

Gurihnya Potensi Penghasilan Bisnis Makanan Online – Jaman sekarang sebenarnya mencari penghasilan itu semakin mudah. Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan dengan berjualan secara online. Ada banyak sekali produk yang bisa anda jual secara online. Anda bisa menjual produk fashion, bahan baku, hingga makanan.

Dari beberapa macam produk yang bisa anda jual secara online tersebut, makanan menjadi produk yang cukup berpotensi untuk memberikan penghasilan yang luar biasa besar. Hal ini dibuktikan dari semakin banyaknya orang yang terjun kedalam bisnis makanan online.

Jika dibandingkan dengan pasar produk-produk lain, peluang usaha makanan secara online memang masih terbuka sangat lebar. Bahkan bisa dikatakan ceruk pasar bisnis makanan online cukup sulit untuk mencapai tahapan jenuh.

Bagaimana? Apakah anda juga tertarik untuk mencicipi gurihnya hasil dari bisnis makanan online? Jika anda tertarik untuk memulai usaha di bidang makanan, anda bisa membaca lebih lanjut proses memulai bisnis makanan dengan modal kecil di artikel ini.

Persiapan Memulai Bisnis Makanan Online

Sebelum membayangkan gurihnya hasil dari bisnis makanan online yang kemungkinan besar bisa anda rasakan dalam waktu 1 hingga 3 bulan semenjak dimulai, ada baiknya anda melakukan persiapan yang matang terlebih dahulu.

Sebuah bisnis yang dijalankan tanpa melakukan persiapan, kemungkinan besar tidak akan bisa berjalan secara optimal. Namun bukan berarti anda harus memikirkan secara detail persiapan-persiapan memulai bisnis makanan tersebut.

Karena terlalu detail dalam melakukan persiapan juga berisiko membuat anda menjadi malas memulai sebuah usaha.

panduan bisnis kuliner online » Gurihnya Potensi Penghasilan Bisnis Makanan Online

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu anda persiapkan sebelum memulai bisnis makanan online:

  • Produk yang akan anda jual

Ada banyak sekali jenis makanan yang bisa anda jual secara online. Anda bisa menjual makanan ringan sampai masakan.

Pilihlah jenis makanan yang memang sudah biasa anda olah sebagai produk pertama anda. Jangan mencoba membuat ataupun menjual makanan yang belum anda kuasai proses pembuatannya.

  • Brand bisnis makanan online anda

Setelah menentukan jenis produk yang akan anda jual secara online, selanjutnya anda juga perlu menentukan brand bisnis makanan online anda. Kenapa perlu memikirkan masalah brand di awal? Karena brand ini akan mempermudah proses promosi anda di kemudian hari.

Pemilihan dan pembuatan brand bisnis makanan online sebaiknya tidak asal-asalan. Sebisa mungkin buat brand yang bisa mewakili berbagai macam jenis makanan. Kenapa? Karena nantinya anda bisa memperluas produk anda setelah bisnis anda mulai berjalan.

  • Kemasan produk

Jika anda sudah menentukan brand bisnis makanan anda, selanjutnya yang perlu anda persiapkan adalah kemasan produk.

Kemasan produk tidak harus mahal. Yang terpenting dari kemasan produk makanan adalah aman dan memang dibuat untuk makanan.

Jika anda memulai bisnis makanan ringan, anda tidak perlu memesan kemasan aluminum foil yang sudah dicetak dengan desain tertentu. Lebih baik gunakan terlebih dahulu kemasan pouch yang terbuat dari plastik jenis PP yang bisa anda beli dalam kuantiti sedikit.

Untuk masalah penampilannya, anda bisa menggunakan stiker. Sekarang sudah banyak sekali jasa print stiker yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan tampilan kemasan produk anda.

Jika dibandingkan dengan harga pembuatan kemasan dalam kuantiti banyak, memang harga per kemasan praktis tersebut lebih mahal. Namun jika dihitung dari biaya awal yang harus anda keluarkan, memilih menggunakan kemasan yang bisa dibeli dalam kuantiti sedikit jauh lebih menguntungkan.

  • Ijin Depkes dan Sertifikasi Halal dari MUI

Persiapan selanjutnya yang perlu anda lakukan jika ingin menjalankan bisnis makanan online adalah ijin dari Depkes dan sertifikasi Halal dari MUI.

Kedua hal tersebut tidak hanya membuat produk anda terpercaya di hadapan calon konsumen. Ijin Depkes dan sertifikasi halal dari MUI tersebut juga membuat bisnis anda menjadi legal di mata hukum.

Metode Promosi Bisnis Makanan Online yang Efektif

Setelah anda selesai mempersiapkan produk makanan yang akan anda jual secara online, selanjutnya anda bisa mulai melakukan promosi.

Dari semua tahap, sebenarnya inilah tahapan yang bisa dikatakan cukup sulit dalam membangun bisnis makanan online. Kemungkinan anda juga membutuhkan sedikit modal untuk mempercepat proses promosi secara online.

Ada banyak sekali metode promosi bisnis makanan dengan modal kecil yang bisa anda terapkan. Berikut ini adalah beberapa metode promosi yang bisa anda gunakan:

  • Promosi melalui akun media sosial pribadi

Metode promosi produk makanan pertama yang bisa anda lakukan sekarang juga adalah dengan menggunakan akun media sosial pribadi anda.

Metode ini bisa anda pilih sebagai metode promosi awal karena kemungkinan terjadinya penjualan sangat besar, terutama jika anda memiliki banyak teman di akun media sosial pribadi.

Dari sekian banyak jenis media sosial, kami sarankan anda untuk memulai melakukan promosi menggunakan Facebook dan juga Instagram. Dua jenis media sosial tersebut paling banyak digunakan orang jaman sekarang.

  • Promosi melalui aplikasi messenger

Selain promosi melalui akun media sosial, kami sarankan anda juga mulai mempromosikan produk anda melalui aplikasi messenger yang selama ini anda gunakan.

Ada banyak sekali aplikasi messenger, namun dari sekian banyak, kami sarankan anda untuk melakukan promosi menggunakan aplikasi messenger seperti Line maupun Whatsapp. Kedua aplikasi messenger tersebut adalah aplikasi messenger yang paling banyak digunakan orang.

  • Promosi melalui market place

Jika anda memilih jenis bisnis makanan ringan, maka anda juga bisa melakukan promosi melalui market place seperti Tokopedia, Bukalapak, maupun Shopee.

Promosi menggunakan market place bisa meningkatkan konversi penjualan sekaligus memperkenalkan produk makanan ringan anda kepada lebih banyak orang secara gratis.

Namun sekali lagi, metode promosi ini hanya efektif digunakan untuk produk makanan ringan yang bisa dikirim melalui ekspedisi saja.

Anda yang memilih produk makanan seperti lauk pauk siap makan tetap bisa menggunakan metode promosi di market place ini, namun penjualan anda hanya di satu lingkup kota tempat anda tinggal saja.

  • Program reseller dan dropship

Untuk mempercepat proses promosi bisnis kuliner online anda, sebaiknya mulailah buat program reseller maupun dropship. Dengan adanya program tersebut, anda tidak akan bekerja sendiri dalam mempromosikan produk anda kepada calon konsumen.

Menariknya, program reseller maupun dropship ini bisa digunakan untuk mempromosikan berbagai macam jenis makanan.

Kesimpulan

Bisnis makanan juga bisa dikombinasikan dengan teknologi internet. Sudah banyak orang yang sukses menjalani bisnis makanan online.

Selain lebih murah modalnya, peluang usaha makanan yang dijual secara online ini juga bisa dijalankan sebagai usaha sampingan terlebih dahulu.

Jika ditekuni dan dipromosikan secara efektif, umumnya bisnis makanan online sudah bisa memberikan hasil yang cukup gurih dalam kurun waktu satu sampai 3 bulan saja.

Melihat fakta tersebut, masihkah anda mengeluh tentang sulitnya mencari penghasilan di jaman sekarang?