Cara Menghindari PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) yang Terbukti Efektif

Bagaimana cara menghindari PHK? Hal ini perlu Anda ketahui sebelum terlambat. Apalagi Anda adalah seorang suami, karena Anda merupakan tulang punggung keluarga. Jika penghasilan tertutup karena terkena PHK, maka dampaknya adalah keluarga Anda di rumah.

Tanda perusahaan tidak sehat

Anda juga harus mengenali apa saja tanda-tanda bahwa sebuah perusahaan tidak sehat. Sesungguhnya tanda-tanda ini cukup jelas, beberapa di antaranya adalah:

  1. Bos sering marah-marah
  2. Pembayaran gaji terlambat
  3. Tak mendapat THR
  4. Bonus kerja dipotong

Apabila memang tanda-tanda ini sudah muncul, maka persentase terjadinya PHK semakin besar. Karena itu jika  Anda adalah seorang karyawan maka harus siap-siap untuk mengantisipasinya. Silahkan coba ikuti beberapa cara simpel di bawah ini.

demo phk buruh dan karyawan » Cara Menghindari PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) yang Terbukti Efektif

Virtual Office

Alasan lain mengapa di kota-kota besar, beberapa perusahaan mulai melakukan PHK? Itu karena penghematan. Salah satu metode penghematan yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan menggunakan Virtual Office atau kantor virtual. Sebab jika dibandingkan menggunakan ruang kerja konvensional, menggunakan jasa workspace provider itu lebih efisien, bahkan bisa berhemat sampai dengan 70% modal kerja perusahaan. Belum lagi penghematan karena perusahaan tidak perlu membayar biaya operasional gedung, pajak bangunan, asuransi, hingga biaya perbaikan juga dapat dihindari.

Lalu siapa saja yang terancam PHK karena Virtual Office ini? Beberapa di antaranya adalah:

  • Keamanan
  • Resepsionis
  • Dan lain-lain yang berkaitan …

Cara-cara Antisipasi PHK

  1. Menghitung Pengeluaran

Anda sebaiknya mulai dari sekarang menjadi lebih irit. Hindari pengeluaran tak penting. Dengan begitu Anda dapat berjaga-jaga apabila memang terkena PHK, jika cara-cara yang dibagikan sekarang sudah Anda lakukan tetapi tetap terkena PHK. Karena keputusan dari perusahaan adalah mutlak dan Anda tidak bisa melakukan apapun jika sudah mengalami PHK. Jangan sampai Anda kekurangan dana.

  1. Meningkatkan kinerja

PHK terjadi karena perusahaan merugi dan tidak mampu membayar pengeluaran yang terlalu banyak. Dengan kata lain pengeluaran perusahaan lebih besar dari pendapatannya. Untuk itu, agar Anda selamat dari PHK maka tingkatkan kinerja Anda. Anda dibayar oleh perusahaan dan Anda harus memberikan kinerja positif yang terbaik untuk perusahaan.

  1. Loyalitas pada perusahaan

Jika Anda adalah seorang pegawai teladan yang memiliki loyalitas pada perusahaan dan berkinerja baik, maka perusahaan akan berpikir 2x jika hendak mem-PHK Anda. Yang akan terkena PHK adalah pegawai yang memiliki kinerja buruk dan tidak loyal pada perusahaan.

  1. Jangan terlalu sering menuntut

Sekarang ini Anda sering melihat demo kenaikan gaji. Memang jika gaji yang diberikan perusahaan terlalu murah dan di bawah UMR itu wajar. Tetapi jika gaji sudah mencukupi, maka Anda perhatikan performa Anda dibandingkan menuntut gaji yang lebih tinggi terus menerus. Apalagi jika sampai demo dan mengganggu aktivitas perusahaan. Bisa-bisa semakin banyak yang di PHK dan Anda juga ikut menjadi korbannya. Di sini intinya kedua belah pihak baik karyawan maupun perusahaan harus sama-sama diuntungkan, jangan hanya salah satu pihak saja.

Bagaimana Perusahaan dapat Mengantisipasi PHK?

Strategi yang dapat dijalankan oleh perusahaan agar tidak terjadi PHK juga ada. Yakni mengurangi upah, mengurangi fasilitas pekerja level atas, contohnya pada level direktur dan manajer. Dan yang berpengaruh cukup signifikan antara lain penghematan biaya produksi, dan menghapus biaya lembur.

Itulah beberapa informasi terkait PHK dan bagaimana menghindari pemutusan hubungan kerja tersebut. Semoga artikel bisnis ini bermanfaat untuk Anda, baik bagi karyawan maupun pemilik perusahaan.

Comments are closed.