Ide Bisnis Kuliner Pepes Dan Botok Untuk Menu Berbuka Puasa

Ide Bisnis Pepes Dan Botok Untuk Menu Berbuka Puasa – Bagi sebagian orang lauk jenis pepes dan botok mungkin belum begitu familiar. Terutama bagi anak-anak zaman sekarang, telah terkontaminasi trend makanan cepat saji. Seperti ayam goreng tepung, adaptasi budaya bangsa lain.

Dan jika Anda pebisnis kuliner yang ingin memanfaatkan momen puasa, sebagai ajang menambah rejeki. Di bawah ini contoh, aneka pepes dan botok yang bisa Anda pilih untuk membuka usaha. Sebagian berasal dari sayuran dan yang lain dari jenis lauk.

Ide Bisnis Pepes Dan Botok Untuk Menu Berbuka Puasa » Ide Bisnis Kuliner Pepes Dan Botok Untuk Menu Berbuka Puasa

  1. Pepes Tahu

Ini jenis pepes yang paling aman bagi kesehatan, sebab sama sekali tidak mengandung lemak dan kolesterol jahat. Baik dikonsumsi oleh para penderita gangguan kesehatan seperti batuk, diabetes mellitus, jantung, darah tinggi, kolesterol, dan asam urat. Biasa dikonsumsi oleh ibu sehabis melahirkan, atau pada masa menyusui. Sebab tidak menyebabkan ASI berbau amis.

  1. Pepes Ikan Kembung

Ikan kembung kaya akan mineral omega 3, sangat bagus untuk perkembangan otak anak-anak, yang masih dalam taraf pertumbuhan. Cara memasaknya juga tidak ribet. Cukup dicampur bumbu-bumbu seperti biasanya, ditambah kemiri supaya gurih. Bisa dimasak pedas atau tidak. Lebih nikmat jika usai dikukus, dipanggang sebentar sebelum dimakan.

  1. Pepes Bandeng

Pepes bandeng populer dimasak dengan dua cara yaitu bumbu rujak dan bumbu kunyit kemiri. Keduanya sama-sama lezat. Apalagi yang bumbu rujak, sangat sedap berasa asam, manis, gurih dan pedas menyengat lidah. Laksana Anda sedang menyantap rujak saja. Sebab bumbu yang dipakai menggunakan asam Jawa, tomat dan belimbing wuluh.

  1. Pepes Teri Basah

Pada umumnya pepes teri basah juga dimasak seperti pepes bandeng di atas. Tidak ada perbedaan.

  1. Pepes Ayam

Ayam masih menjadi lauk favorit masyarakat Indonesia hingga saat ini. Selain digoreng, ditumis, dibakar, dapat pula dikukus sepert dipepes. Untuk lebih gurih bahkan dicampur dengan kulitnya.

  1. Pepes Bakso Dan Kornet

Ini ide pepes baru dan kekinian dari ibu-ibu yang memang menggemari dunia memasak. Alternatif lain buat para ibu rumah tangga untuk menyiasati buah hati  yang malas makan. Cara memasaknya sederhana. Cukup potong kecil-kecil kornet dan bakso, kemudian bumbui bawang putih, lada, gula garam dan sedikit saus. Untuk jenis saus dapat disesuiakan dengan selera Anda. Bisa saus cabai, tomat, tiram, bbq, kecap dan sebagainya. Setelah itu dibungkus daun pisang kemudian dipanggang. Tidak perlu dikukus seperti jenis pepes atau botok.

  1. Pepes Daging

Daging juga selain dapat dibotok dapat pula dipepes. Sedikit berbeda cara memasaknya, sebab daging harus dicincang, ditumis terlebih dahulu bersama aneka bumbu. Lalu diletakkan pada daun pisang  dibungkus dan dipanggang.

  1. Botok Tahu Tempe

Tahu dan tempe berasal dari kedelai ini, tetap digemari oleh berbagai kalangan. Dan botok tahu tempe juga tak kalah nikmat, dengan yang digoreng atau dimasak cara lain. Dicampur parutan kelapa muda, irisan daun kucai atau daun bawang sop. Supaya gurih telur juga ditambahkan supaya lebih bercita-rasa gurih.

  1. Botok Udang

Udang merupakan salah satu seafood yang akan tetap nikmat dimasak apapun. Dibotok juga salah satunya. Dicampur dengan parutan kelapa muda dan bumbu-bumbu.

  1. Botok Teri

Sama seperti dengan yang dipepes, teri juga dapat dibotok. Basanya menggunakan jenis teri kering, dicampur dengan parutan kelapa muda. Lebih mantap ditambah sayuran hijau seperti daun kacang panjang muda, tempe atau tahu.

  1. Botok Bandeng

Khusus botok bandeng cara memasaknya sama sekali tidak pedas, jadi anak-anak dan para lansia dapat ikut memakannya. Menggunakan parutan kelapa muda, sedikit kemiri, daun salam, daun jeruk limau dan ketumbar. Lauk ini sama sekali tidak beraroma amis, justru aroma wangilah yang tercium.

  1. Botok Daun Kacang Panjang Muda

Mungkin Anda masih asing mendengar, bila daun kacang panjang atau kacang tolo ternyata dapat dimasak dengan cara dibotok. Selama ini mungkin Anda mengenalnya untuk campuran urap dan sayur bobor saja. Tapi sayuran itu memang sangat sedap bila dibotok. Biasanya untuk menambah cita-rasanya dapat ditambah dengan udang, teri kering, tahu tempe, atau dari buah kacang panjang itu sendiri yang diiris tipis.

  1. Botok Tauge

Tauge menurut pendapat para tenaga medis, dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. Hal ini erat kaitannya dengan kesehatan reproduksi wanita pada umumnya. Bahkan sebagian ada yang meyakini, bila mengidamkan anak peremuan boleh mengonsumsi sebanyak mungkin. Botok tauge biasa dicampur dengan tempe dan kelapa parut muda. Rasanya hampir mirip dengan jamur tiram.

  1. Botok Jamur

Selain ditumis, digoreng tepung dapat pula dibotok. Caranya dengan dicampur kelapa muda dan dicampur bumbu-bumbu lain.

  1. Botok Petai Cina

Petai cina yang beraroma menyengat bila dikonsumsi mentah ini,  mirip petai juga nikmat bila dibotok. Petai cina dan lamtoro berbeda. Bila lamtoro panjang dan lebar, tapi petai cina cenderung kecil serta pendek. Agar lebih mantap, populer dicampur dengan campuran udang, teri kering, daun kacang panjang muda, tahu dan tempe serta telur.

Pepes yang hampir menyerupai lontong, dan botok sangat ideal disajikan dengan sayuran hangat, nasi panas berserta sambal. Sangat cocok disantap pada saat berbuka puasa sebagai teman nasi , atau ketika menjelang sahur. Cukup dipanggang sebentar lalu sajikan.

Bagaimana ide bisnis kuliner pepes dan botok untuk menu berbuka puasa di atas, tertarik memasukkan daftar lauk tersebut dalam menu warung makan Anda? Percayalah! Ini masih disukai semua orang kok!

Comments are closed.