Ragam Peluang Bisnis Kuliner, Bisnis Mulia yang Tidak Pernah Mati

Bisnis kuliner merupakan bisnis mulia yang tidak akan pernah ada mati nya. Bisnis ini disebut sebagai bisnis mulia karena menyediakan kebutuhan pokok manusia, yaitu kebutuhan pangan. Ya meski pun motivasi utama para pelakunya adalah keuntungan, namun tetap saja mereka membantu banyak orang dalam hal penyediaan makanan.

Karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia, maka bisnis kuliner dapat digolongkan sebagai bisnis yang tidak akan pernah mati. Selama manusia masih hidup dan tinggal di muka bumi ini, maka selama itu lah bisnis ini akan tetap eksis dan potensial untuk dijalankan.

Tidak hanya itu, berbeda dengan beberapa bidang bisnis lain nya yang hanya bisa menargetkan kalangan masyarakat tertentu, bisnis kuliner dapat ditargetkan untuk semua kalangan masyarakat. Itu lah kenapa bisnis kuliner disebut – sebut memiliki potensi yang luar biasa besar.

Nah, bila saat ini Anda sedang berencana untuk menjalankan usaha kuliner namun belum menemukan konsep yang sesuai, berikut merupakan beberapa contoh peluang bisnis kuliner yang bisa Anda jadikan pilihan bisnis Anda:

peluang bisnis kuliner yang bisa anda coba » Ragam Peluang Bisnis Kuliner, Bisnis Mulia yang Tidak Pernah Mati

7 Peluang Bisnis Kuliner yang Menjanjikan

  1. Bisnis Rumah Makan

Bisnis kuliner yang satu ini cocok untuk dijalankan di tempat – tempat yang ramai seperti di lingkungan sekitar kampus, lingkungan sekitar pabrik dan perkantoran, lingkungan tempat tinggal anak kos, pusat perbelanjaan, daerah wisata dan tempat – tempat ramai lain nya.

Normal nya untuk bisa membua rumah makan dibutuhkan modal usaha yang cukup besar, terutama untuk modal lahan dan pendirian bangunan. Namun begitu, Anda bisa menyiasatinya dengan cara bekerja sama dengan orang lain dengan sistem bagi hasil atau pun menggunakan sistem sewa.

Untuk menarik pelanggan, Anda sebaiknya menggunakan embel – embel rumah makan khas daerah tertentu, seperti rumah makan minang, rumah makan warteg, dan lain sebagainya.

  1. Bisnis Katering

Bisnis katering biasa nya membutuhkan modal yang lebih sedikit dari bisnis rumah makan. Untuk bisa menjalankan bisnis kuliner yang satu ini, Anda tidak perlu menyediakan warung makan di lokasi yang strategis. Namun begitu, jika memungkinkan lokasi usaha katering Anda sebaiknya tetap berada di lokasi yang mudah untuk dijangkau oleh calon konsumen.

Berbeda dengan bisnis rumah makan yang bisa dijalankan di hampir semua daerah yang ramai, bisnis katering cenderung lebih cocok untuk dijalankan di daerah – daerah tertentu saja, seperti daerah kost – kostan, daerah perumahan buruh pabrik, di sekitaran mess pekerja, dll.

Disamping itu, jika usaha kuliner catering milik Anda benar – benar kompeten, Anda juga bisa menargetkan pangsa pasar kelas atas berupa hotel dan penginapan, acara – acara pesta, dan lain sebagainya.

  1. Toko Kue

Jika Anda memiliki keahlian membuat kue, Anda bisa menjalankan bisnis kuliner toko kue. Saat ini bisnis toko kue merupakan salah satu varian bisnis kuliner dengan potensi keuntungan yang sangat luar biasa. Konon karena potensi keuntungan nya yang tidak main – main, tak sedikit kalangan artis yang rela menggelontorkan uang mereka untuk mendirikan toko kue.

Untuk bisa sukses di bisnis toko kue, Anda wajib memiliki produk yang unik dan benar – benar belum ada sebelum nya. Tanpa produk yang unik, kemungkinan besar toko kue Anda tidak akan bisa bersaing dengan toko kue – toko kue lain nya.

  1. Bisnis Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan tergolong ke dalam bisnis kuliner modal kecil. Untuk bisa menjalankan bisnis ini, Anda tidak membutuhkan modal yang besar. Padahal, jika ditekuni dengan sungguh – sungguh, potensi keuntungan yang bisa di bisnis ini tergolong tidak main – main.

Dalam proses nya, Anda dapat menjalankan bisnis makanan ringan dengan menggunakan beberapa pola, seperti dengan membuka gerai sendiri, dengan memasarkan nya di toko – toko milik orang lain, dengan bekerja sama dengan tenaga pemasaran, atau dengan pola – pola lain nya.

Beberapa jenis makanan ringan yang bisa Anda jadikan sebagai produk unggulan sendiri yaitu: donat, bakpau, risoles, makaroni, keripik pisang, keripik ubi, dll.

  1. Bisnis Makanan Khas Daerah / Oleh – oleh Modern

Jika Anda tinggal di daerah – daerah wisata, bisnis kuliner yang satu ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Seperti yang telah kita ketahui bersama, biasa nya para wisatawan akan membeli oleh – oleh atau pun buah tangan untuk keluarga mereka ketika mereka hendak pulang.

Nah, kebiasaan wisatawan yang selalu membeli oleh – oleh ini merupakan sebuah peluang yang sangat potensial.

Hanya saja, biasa nya di setiap daerah wisata pasti sudah ada banyak toko yang menawarkan oleh – oleh. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda harus bisa menawarkan sesuatu yang “berbeda” untuk para wisatawan,

Untuk bisa menarik minat wisatawan, Anda harus dapat menghadirkan makanan khas daerah yang terlihat unik dan modern. Cara nya, Anda dapat memproduksi makanan khas daerah setempat dengan menggunakan varian rasa yang lebih kekinian, seperti rasa keju, rasa strawberry, dll.

Atau, Anda juga bisa memasarkan produk makanan khas daerah Anda yang biasa dengan cara yang lebih modern, baik dari sudut pandang pelayanan mau pun dari sudut pandang tempat / toko.

  1. Franchise Makanan

Jika Anda ingin terjun ke bisnis kuliner namun tidak ingin ribet memikirkan segala sesuatu nya dari nol, Anda dapat memilih opsi bisnis yang satu ini. Ya, dibandingkan dengan beberapa opsi yang sebelumnya, bisnis franchise makanan cenderung bisa dijalankan dengan jauh lebih mudah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan franchise yang sudah ternama, bisnis Anda nanti nya juga akan lebih mudah mendapatkan keuntungan.

Namun begitu, modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini biasanya cukup besar. Disamping itu, karena Anda menggunakan brand usaha milik orang lain, mau tidak mau Anda harus menanggung semua konsekuensi nya, seperti harus menaati SOP perusahaan pemilik franchise sampai dengan kemungkingan mendapatkan citra negatif dari tindakan perusahaan lain (yang menggunakan franchise yang sama).

  1. Bisnis Katering Akikah

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbanyak di dunia. Jika berkaca dari fakta tersebut, menyediakan layanan katering akikah tentu nya akan sangat masuk akal mengingat akikah merupakan salah satu ritual agama yang sangat dianjurkan untuk umat Islam.

Untuk bisa sukses di bisnis kuliner katering akikah, Anda tentu nya harus beragama Islam dan paham tentang prosedural akikah yang benar.

Untuk promosinya, Anda dapat memanfaatkan berbagai macam media promosi baik itu dengan sistem word of mouth, dengan menggunakan iklan di media cetak lokal atau pun media suara lokal (siaran radio lokal), dengan menggunakan media promosi online di website / blog, dengan menggunakan media sosial, atau pun dengan menggunakan media – media promosi lain nya.

Nah, itu lah beberapa contoh peluang bisnis kuliner yang bisa Anda coba untuk jalankan. Selamat berbisnis dan semoga sukses ya!

Comments are closed.