Ini 8 Peluang Usaha Online Tanpa Modal yang Cocok untuk Mahasiswa

Peluang usaha online tanpa modal – Perkembangan teknologi telah membuat berbagai elemen kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Berbagai macam aktivitas yang sebelumnya membutuhkan banyak dana dan menyita banyak waktu, saat ini sudah bisa dijalankan dengan dana yang kecil dalam kurun waktu yang singkat.

Dalam dunia usaha misal nya, jika beberapa dekade yang lalu bisnis hanya bisa dijalankan oleh mereka – mereka yang memiliki banyak modal, saat ini bisnis sudah bisa dijalankan oleh siapa saja dengan modal yang terbatas atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Nah, berbicara mengenai bisnis dan besaran modal, di kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa peluang usaha online tanpa modal yang pas untuk dijalankan oleh mahasiswa.

Beberapa Peluang Usaha Online Tanpa Modal Cocok untuk Mahasiswa

  1. Dropship

Jika beberapa dekade yang lalu usaha dagang cenderung membutuhkan banyak modal, saat ini usaha dagang sudah bisa dijalankan dengan modal yang sangat minim, atau bahkan bisa dikatakan tanpa modal sama sekali.

contoh toko online dropship shopee » Ini 8 Peluang Usaha Online Tanpa Modal yang Cocok untuk Mahasiswa

Ya, bila Anda merasa memiliki bakat di dunia dagang namun terkendala dengan permasalahan modal, Anda dapat menekuni bisnis online tanpa modal yang satu ini.

Dalam bisnis ini, Anda cenderung akan berperan sebagai pedagang perantara antara pembeli dan pemilik barang yang sebenarnya. Tugas utama Anda di bisnis ini adalah mencari pembeli.

Anda tidak perlu memikirkan urusan produk. Untuk urusan ini, yang perlu Anda lakukan adalah mengajukan penawaran kerja sama pada supplier (para pemilik toko online) yang barang nya ingin Anda jual.

Untuk mencari supplier, Anda bisa mencari nya di beberapa web berikut ini:

  • Market place seperti tokopedia dan bukalapak
  • Forum Kaskus
  • Forum internet Marketting Ads.id
  • Website Cakning.com, dll

Jika Anda sudah berhasil mendapatkan supplier, selanjutnya Anda tinggal mempromosikan produk yang ingin Anda jual melalui berbagai media, seperti blog, Instagram, Facebook, Market Place, dll.

  1. Blogging

Percaya atau tidak, Anda yang saat ini sedang duduk di bangku kuliah sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan peluang usaha online tanpa modal yang satu ini.

Tanpa Anda sadari, Anda pasti pernah atau bahkan sering menjadi konsumen website – website blog di internet. Dari mulai mencari informasi umum sampai dengan mencari sumber referensi untuk mengerjakan tugas, semua nya pasti sering Anda cari di blog pribadi milik orang lain melalui search engine.

Nah, blog – blog yang sering Anda kunjungi tersebut bisa dijadikan sebagai ladang untuk mencari penghasilan.

Cara nya, Anda perlu membuat blog terlebih dahulu, lalu mempromosikan blog Anda sampai blog Anda mendapatkan banyak pengunjung.

Jika nanti nya blog yang Anda buat sudah mulai dikunjungi banyak orang, Anda dapat mulai mendaftarkan blog Anda ke jaringan iklan seperti Google Adsense, menyediakan slot iklan pribadi, atau menjalankan program pemasaran afiliasi.

Sekedar informasi, meski pun peluang bisnis online tanpa modal yang satu ini terkesan sepele, namun penghasilan yang bisa didapatkan dari bisnis ini tergolong tidak main – main lho. Konon, seorang blogger yang sudah berhasil bisa mengantongi pemasukan bulanan mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah. Sangat luar biasa bukan?

  1. Jadi Youtuber

Secara umum, konsep peluang usaha online tanpa modal yang satu ini tidak jauh berbeda dengan konsep blogging.

Beda nya, jika informasi yang disajikan dalam blog adalah tulisan dan gambar, di youtube, informasi yang disajikan adalah video.

  1. Jadi Penyedia Konten

Seorang blogger membutuhkan konten berupa tulisan. Seorang youtuber membutuhkan konten berupa video. Pertanyaan nya, apakah blogger dan youtuber selalu menyediakan konten mereka sendirian?

Tidak!! Dalam banyak kasus, blogger dan youtuber biasa nya akan membeli konten dari penyedia konten yang mereka kenal.

Nah, jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat konten berupa tulisan / video, ini merupakan peluang yang sangat bagus untuk Anda.

Bila Anda berminat, Anda dapat mencari project pembuatan content di beberapa website berikut ini:

  • Sribulancer
  • co.id
  • id, dll
  1. Jasa SEO

Sama seperti hal nya penyedia konten, jasa SEO juga termasuk peluang usaha online tanpa modal yang berkaitan dengan aktivitas blogging.

Dalam praktek nya, agar bisa mendapatkan banyak pengunjung, pemilik blog biasa nya akan melakukan optimalisasi pada halaman blog mereka. Sayang nya, tidak semua blogger memiliki kemampuan ini. Atau dalam beberapa kasus ada pula yang tidak ingin repot / tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan nya sendiri.

Nah, jika Anda berminat, di sela – sela waktu kuliah Anda, Anda bisa mempelajari teknik – teknik SEO yang ampuh dan masih bekerja sampai saat ini. Setelah Anda menguasai ilmu nya, Anda dapat mencari project SEO atau menawarkan jasa SEO di beberapa web berikut ini:

  • co.id
  • com
  • id
  • com, dll
  1. Agen Properti

Agen properti merupakan peluang usaha online tanpa modal yang cukup mudah untuk dijalankan namun menawarkan reward yang sangat besar.

Sekedar informasi, komisi yang bisa didapatkan seorang agen properti normal nya berada di kisaran 1 sampai dengan 10 persen dari nilai properti yang berhasil mereka jual. Jadi, bisa Anda bayangkan bukan jika Anda berhasil menjual properti senilai 1 milyar, kira – kira berapa nilai komisi yang bisa Anda dapatkan? 10 – 100 juta broo..

Untuk bisa menjadi agen properti, Anda dapat mendaftar ke perusahaan – perusahaan pemasaran properti. Atau jika Anda ingin bekerja sendiri, Anda dapat mencari produk properti yang hendak dijual secara langsung di lapangan untuk kemudian Anda tawarkan ke pada orang – orang yang sedang membutuhkan.

  1. Agen Asuransi

Peluang usaha online tanpa modal yang berikut nya adalah menjadi seorang agen asuransi.

Hampir sama dengan bisnis agen properti, untuk bisa terjun ke bisnis agen asuransi, Anda harus mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu ke perusahaan Asuransi. Saat ini ada banyak sekali perusahaan asuransi yang turut menerima mahasiswa sebagai agen pemasaran produk – produk asuransi milik mereka.

Untuk memasarkan nya sendiri, Anda dapat membidik orang – orang potensial yang ada di sekitar Anda seperti dosen dan tenaga pengajar, keluarga, dll.

Bila Anda ingin memperluas cakupan pemasaran Anda, Anda bisa memanfaatkan jaringan internet, baik itu menggunakan website pribadi mau pun dengan menggunakan jaringan media sosial.

  1. Buzzer Sosial Media

Peluang usaha online tanpa modal yang satu ini kerjaan nya adalah membagikan informasi bermanfaat di sosial media.

Goal utama dari seorang buzzer sosial media adalah mendapatkan sebanyak mungkin follower dengan cara menyediakan konten – konten yang bermanfaat.

Jika nanti nya follower sudah berhasil digaet, Anda tinggal melakukan monetisasi dengan cara paid promote, paid review, menyediakan slot iklan, dan lain sebagainya.

Nah, jadi gimana? Apakah Anda tertarik untuk terjun ke salah satu peluang usaha online tanpa modal di atas? Selamat berbisnis dan semoga sukses ya!

Comments are closed.