Ini Dia 8 Peluang Usaha Tanpa Modal yang Pas untuk Ibu Rumah Tangga

Belakangan ini banyak sekali ibu rumah tangga yang mencari peluang usaha tanpa modal. Hal ini mereka lakukan untuk mendapatkan pemasukan tambahan di sela – sela aktivitas mereka di rumah.

Seperti yang kita ketahui bersama, setelah menikah tidak jarang kaum perempuan terpaksa meninggalkan pekerjaan lama mereka untuk mengurus rumah dan menjaga si buah hati. Dampak nya, penghasilan yang sebelumnya mereka terima ketika masih lajang pun akhirnya hilang. Padahal, di sisi lain nya, setelah menikah dan memiliki anak, kebutuhan biaya hidup mereka terus mengalami peningkatan.

Nah, jika Anda merupakan salah satu ibu rumah tangga yang sedang mencari ide dan peluang usaha tanpa modal untuk dikerjakan di waktu luang, berikut beberapa opsi ide bisnis yang bisa Anda coba:

Peluang Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk Ibu Rumah Tangga

Penting untuk diingat, pada dasar nya peluang usaha tanpa modal yang benar – benar tidak membutuhkan modal sama sekali itu tidak ada. Namun, modal yang dibutuhkan untuk menjalankan beberapa peluang bisnis yang kami jabarkan di bawah ini adalah benda – benda umum yang cenderung sudah dimiliki oleh mayoritas orang normal, sehingga untuk menjalankan nya, Anda nanti nya tidak perlu mengeluarkan modal tambahan lagi.

ide bisnis inspiratif untuk ibu rumah tangga » Ini Dia 8 Peluang Usaha Tanpa Modal yang Pas untuk Ibu Rumah Tangga

Berikut beberapa peluang bisnis tanpa modal tersebut:

  1. Jualan Pulsa

Ada beberapa fakta menarik yang harus Anda ketahui sebelum Anda meremehkan bisnis ini.

Tahu kah Anda bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna ponsel terbesar di dunia? Tahu kah Anda bahwa jumlah pengguna ponsel di Indonesia telah mencapai 60 persen dari jumlah penduduk dan terus mengalami peningkatan setiap tahun nya?

Pertanyaan nya, apakah setiap ponsel genggam tersebut tidak membutuhkan pulsa? Tentu membutuhkan pulsa bukan?

Nah, itu lah kenapa peluang usaha tanpa modal yang satu ini benar – benar sangat potensial.

Untuk memulai bisnis ini, yang Anda butuhkan hanya lah satu unit handphone dan uang sebesar 50 ribu rupiah saja. Uang 50 ribu rupiah ini nanti nya akan digunakan untuk melakukan deposit, yang mana akan langsung kembali ketika Anda berhasil menjual pulsa dengan nominal tersebut.

Untuk menekan biaya, pastikan Anda mendaftar pada perusahaan server pulsa yang tidak menetapkan biaya pendaftaran ke agen penjualan mereka.

Disamping itu, sebisa mungkin mendaftar lah ke perusahaan server pulsa yang menerapkan sistem downline dan menggunakan metode transaksi via telegram / whatsapp. Dengan begitu, selain bisa mendapatkan penghasilan dari setiap transaksi penjualan yang Anda lakukan, Anda nanti nya juga akan bisa mendapatkan pemasukan dari setiap transaksi yang dilakukan oleh downline Anda.

  1. Laundry

Peluang usaha tanpa modal untuk ibu rumah tangga yang berikutnya adalah usaha laundry.

Peluang bisnis laundry sangat pas untuk dijalankan di daerah – daerah yang ramai ditinggali oleh anak muda yang masih lajang, terlebih mahasiswa dan pekerja kantoran.

Jika ternyata di daerah tersebut sudah ada jasa laundry, maka Anda harus bisa menawarkan sesuatu yang berbeda ke pada pelanggan, seperti: pelayanan yang lebih memuaskan, penyediaan opsi parfum, harga jasa yang lebih murah, kupon potongan harga, jasa antar jemput, dll.

  1. Dropship

Untuk Anda yang hobi berinteraksi di sosial media, Anda dapat mencoba peluang usaha tanpa modal untuk ibu rumah tangga yang satu ini.

Nama bisnis nya adalah dropship. Bisnis ini sebenarnya merupakan bisnis jualan online, namun sistem nya tidak seperti jualan online biasa, melainkan dengan sistem kerja sama.

Di bisnis ini, Anda tidak perlu menyediakan produk. Anda hanya perlu mencari supplier yang memang menerima reseller / sistem dropship.

Setelah Anda berhasil menemukan supplier, selanjutnya Anda tinggal menawarkan barang milik supplier ke calon pembeli, entah itu melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook mau pun melalui situs market place seperti tokopedia, olx, dan bukalapak.

Oh iya, untuk mencari supplier sendiri, ada beberapa opsi cara yang bisa Anda tempuh, yaitu:

  • Mencari di situs market place
  • Mencari di situs toko online
  • Mencari di situs cakning.com, kaskus fjb, ads.id, dll
  1. Blogger

Peluang usaha tanpa modal untuk ibu rumah tangga yang ini sangat pas untuk Anda yang hobi dan memiliki keterampilan menulis.

Tugas seorang blogger adalah menyediakan informasi terlengkap, terbaik, dan terkredibel di halaman situs blog. Namun informasi nya bukan sembarang informasi. Dalam hal ini Anda juga harus memastikan bahwa informasi yang Anda tulis di halaman situs blog Anda merupakan informasi yang banyak dicari oleh pengguna internet.

Setelah situs blog Anda memuat banyak informasi bermanfaat, selanjutnya Anda harus mempromosikan blog Anda, entah itu melalui media sosial mau pun dengan cara melakukan optimization search engine.

Terakhir, untuk mendapatkan penghasilan, Anda dapat mendaftarkan blog Anda ke penyedia jaringan iklan seperti Google Adsense, menerapkan sistem iklan mandiri dan paid review, atau menggunakan sistem affiliate marketing.

  1. Youtuber

Peluang usaha tanpa modal untuk ibu rumah tangga yang selanjutnya adalah youtuber.

Pekerjaan utama seorang youtuber adalah menyediakan konten berupa video di channel youtube.

Ada beberapa tema video yang pas untuk ibu rumah tangga, yaitu: tema parenting, tema kitchen, dekorasi rumah, dan berkebun.

Untuk urusan penghasilan, Anda dapat memanfaatkan jaringan iklan google adsense, menawarkan sistem paid review, affiliate marketing, dsb.

  1. Buzzer Sosial Media

Peluang usaha tanpa modal untuk ibu rumah tangga yang berikutnya sangat pas untuk Anda yang hobi berselancar di sosial media.

Tugas utama seorang buzzer sosial media adalah menyediakan informasi yang bermanfaat dan menarik di mata para pengguna sosial media. Tujuan utama nya adalah untuk mendapatkan banyak follower.

Jika nanti nya follower di akun sosial media Anda telah membludak, Anda dapat menawarkan jasa paid review, paid promote, dan lain sebagai nya.

  1. Content Maker

Content maker merupakan bisnis komplementer aktivitas blogging, youtube, dan buzzer sosial media.

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, baik blogger, youtuber, mau pun buzzer sosial media, semua nya akan membutuhkan konten untuk menggaet pengunjung.

Nah, dalam praktek nya, tidak semua blogger, youtuber, mau pun buzzer sosial media memiliki kemampuan / waktu untuk membuat konten sendiri. Banyak di antara mereka yang membeli konten dari penyedia konten.

Nah, jika Anda memiliki keterampilan dalam membuat konten, entah itu tulisan, video, gambar, mau pun speech, Anda dapat menawarkan nya ke para blogger, youtuber, mau pun buzzer sosial media.

  1. Jasa Penitipan Anak

Peluang usaha tanpa modal untuk ibu rumah tangga yang satu ini sangat pas untuk Anda yang suka dengan anak – anak.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, beberapa wanita karir banyak yang tidak rela meninggalkan karir mereka meski pun mereka telah berkeluarga dan memiliki anak. Dampak nya, mau tidak mau mereka harus menitipkan anak mereka ke kerabat dekat atau pun jasa penitipan anak.

Nah, ini merupakan peluang. Jika Anda memiliki banyak teman wanita karir, Anda dapat menawarkan jasa penitipan anak milik Anda ke mereka. Terlebih, sampai saat ini jumlah penyedia jasa penitipan anak di Indonesia masih cenderung sangat terbatas.

Nah, itu lah beberapa Peluang usaha tanpa modal untuk ibu rumah tangga yang bisa Anda coba untuk jalankan. Selamat berbisnis dan semoga sukses mendulang keuntungan ya!

Comments are closed.