Karyawan Favorit tentu Disukai! Bagaimana Cara Menggapainya?

Banyak yang bekerja sebagai karyawan, tetapi tidak banyak yang berhasil mendapatkan predikat karyawan favorit. Padahal menjadi karyawan favorit akan memberikan Anda banyak benefit positif. Semua ini demi alasan kenyamanan pekerjaan dan juga dukungan positif untuk jenjang karir Anda, dan pastinya demi gaji yang lebih memuaskan.

Anda harus dapat menjadi karyawan yang berprestasi, disukai partner kerja, dan sesuai dengan keinginan atasan. Tanggung jawab yang Anda emban pun harus selesai semua dengan baik. Tidak sedikit karyawan yang berlomba-lomba mendapatkan predikat karyawan terfavorit ini.

tips cara menjadi karyawan favorit yang disukai 1024x579 » Karyawan Favorit tentu Disukai! Bagaimana Cara Menggapainya?

Berikut beberapa cara menggapai predikat karyawan favorit

  1. Menunjukkan kinerja

Anda harus dapat menunjukkan kinerja positif Anda dalam bentuk pekerjaan. Termasuk ketika Anda bekerja di dalam sebuah tim. Penuhi tanggung jawab Anda, akan lebih baik jika setelah Anda memenuhi tanggung jawab pekerjaan Anda, Anda juga memberikan bantuan kepada tim. Pilih cara menyelesaikan pekerjaan yang paling efisien dan efektif. Tetapi tetap memperhatikan hasil akhirnya.

  1. Problem solver

Jadilah karyawan yang “Problem solver”. Anda menyelesaikan masalah yang ada di kantor. Atasan akan terkesan apabila Anda memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah. Kebiasaan menggantungkan diri pada orang lain harus Anda hilangkan, juga hindari mengeluh jika ada masalah yang datang. Masalah harus Anda hadapi dan dicari penyelesaiannya, bukannya mengeluh terus menerus. Sekali-sekali Anda dapat meminta pendapat orang lain dalam menyelesaikan sebuah masalah, tetapi jangan lupa untuk memikirkan sendiri juga.

  1. Mengucapkan terima kasih dan meminta maaf

Sebagai seorang karyawan, Anda juga adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan di kantor. Memang tips ketiga ini terdengar sepele, tetapi memiliki efek yang luar biasa, khususnya dalam usaha Anda untuk menggapai predikat karyawan favorit. Ucapan terima kasih dan ucapan maaf, maka orang lain akan lebih merasa dihargai. Untuk “Terima kasih” itu menunjukkan jika Anda adalah seorang karyawan yang menghargai kerja keras orang lain dan tidak cuek. Sementara itu kata “Maaf” akan memungkinkan teman kantor Anda melupakan berbagai hal yang tidak enak, yang terkait dengan pekerjaan.

  1. Tingkatkan kemampuan komunikasi

Walaupun untuk sekarang status Anda bukan sebagai seorang bos, melainkan karyawan, Anda tetap harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Dengan kemampuan komunikasi yang baik maka Anda dapat mengekspresikan diri Anda dengan lebih jelas. Kemampuan komunikasi ini baik dalam hal berbicara maupun menulis.

Apabila kemampuan komunikasi buruk maka hal yang hendak Anda sampaikan kepada orang lain bisa kurang akurat bahkan salah! Jangan sampai itu terjadi. Komunikasi sempurna perlu Anda latih dengan atasan, sesama karyawan, hingga klien (Jika Anda adalah seorang sales yang harus berkomunikasi dengan calon pelanggan)

  1. Bisa memotivasi diri

Jangan takut untuk dibebani dengan tanggung jawab yang lebih. Di mana tanggung jawab yang lebih itu berarti posisi yang lebih tinggi. Jadi di sini searah, walaupun Anda akan lebih repot tetapi Anda akan mendapatkan gaji yang lebih baik. Selain itu jangan takut untuk bekerja melebihi tanggung jawab yang Anda emban, khususnya saat atasan meminta kepada Anda. Apalagi jika karyawan lain tak ada yang mau mengemban tanggung jawab tersebut, maka ini merupakan sebuah kesempatan emas untuk Anda.

Harap Anda ingat-ingat jika seorang karyawan yang baik itu senantiasa mengedepankan loyalitas, selain profesionalitas. Nah itu beberapa poin penting terkait cara menjadi karyawan favorit di berbagai perusahaan, semoga bermanfaat.

Comments are closed.