Cara Sukses Kuliah sembari Bekerja

Tips Sukses Kuliah sambil Kerja – Sudah bukan hal yang baru lagi untuk kuliah sembari bekerja di zaman sekarang. Pendidikan merupakan kunci masa depan, khususnya di negara Indonesia. Di mana di tanah air ijazah merupakan sesuatu yang sangat penting dalam dunia kerja. Jika Anda memiliki ijazah maka gaji pun akan semakin tinggi. Dikarenakan bermacam-macam sebab, terutama masalah ekonomi, maka kondisi tersebut pun memaksa seseorang untuk lebih memilih bekerja terlebih dahulu.

Sesudah lulus SMA, banyak orang harus bekerja untuk membayar uang kuliah. Walaupun memang banyak juga yang langsung masuk dunia kerja dan memilih untuk tidak kuliah.

Persaingan dalam Dunia Kerja

Sekarang ini persaingan di dunia kerja dan juga untuk jenjang karir, seseorang banyak dituntut untuk mempunyai level pendidikan lebih baik. Apabila seorang karyawan hendak naik jabatan maka mereka harus memiliki ijazah terlebih dahulu. Ada yang mensyaratkan ijazah S1 dan ada juga yang ijazah S2, walaupun secara umum ijazah S1 sudah cukup, diikuti dengan prestasi kerja.

Dari sini Anda sudah tidak dapat berpaling dari latar belakang pendidikan yang menjadi pertimbangan dasar perusahaan. Ketika itulah umumnya orang-orang mulai sadar mengenai pentingnya meneruskan pendidikan sampai dengan jenjang universitas. Berbeda jika Anda hendak membuka usaha sendiri atau menjadi seorang wirausahawan, maka ijazah S1 tidak terlalu berpengaruh besar.

Waktu Perkuliahan Menyesuaikan

panduan sukses kuliah sambil kerja » Cara Sukses Kuliah sembari Bekerja

Ini hal pertama yang harus Anda ketahui jika hendak kuliah sembari bekerja. Ciri khas dari kelas kuliah untuk karyawan yakni waktu perkuliahan sudah disesuaikan dengan jadwal mahasiswa di mana peserta kelasnya adalah karyawan. Umumnya waktu tersebut yakni malam hari, dan jam efek kuliah pun berbeda dengan jam kuliah dari kelas reguler, biasanya 5 hari dalam 1 minggu. Tujuannya supaya jam bekerja serta jam perkuliahan tak bentrok, dan keduanya dapat berjalan dengan lancar.

Beban Biaya Kuliah

Anda juga harus menghitung berapa beban biaya kuliah. Sebab tidak semua karyawan biaya kuliahnya ditanggung oleh perusahaan. Memang ada beberapa karyawan berprestasi yang diminta kuliah oleh perusahaan, sehingga biaya kuliah pun merupakan tanggung jawab pihak perusahaan. Biaya kuliah adalah hal penting yang harus Anda pertimbangkan sebagai seorang karyawan. Janganlah memangkas terlalu banyak kebutuhan Anda, akhirnya kebutuhan kuliah dan pribadi pun jadi terbengkalai. Disarankan jika bisa, dapatkan beasiswa atau dukungan finansial dari perusahaan.

Jangan Sembarangan Memilih Jurusan

Karena Anda sekarang sembari bekerja, sebaiknya Anda memilih jurusan yang dapat mendukung pekerjaan Anda. Contohnya Anda bekerja di perusahaan keuangan, maka Anda sebaiknya memilih jurusan akuntansi dan jangan jurusan teknik. Dengan kata lain pilih jurusan yang selinier dengan profesi, saling mendukung dan tidak bertentangan. Mengapa disarankan melakukan ini? Sebab dapat mendukung perkembangan karir Anda di perusahaan dengan lebih cepat, karir berkembang, gaji pun naik dan kehidupan Anda semakin sejahtera.

Menjaga Kesehatan

Bekerja saja sudah memakan waktu dan membuat kelelahan yang amat sangat. Apalagi sekarang ditambah kuliah malam. Maka Anda harus dapat menjaga kesehatan dengan baik. Ini merupakan tanggung jawab Anda. Supaya kesehatan terjaga, setelah selesai kuliah, jangan lagi begadang, konsumsi makanan yang bergizi, dan minum vitamin. Dengan begitu antibodi tubuh pun akan terjaga. Tubuh yang cukup tidur tidak akan mudah terserang penyakit. Saat bekerja pun Anda dapat fokus karena tidak mengantuk, dan target minimal dapat tercapai.

 

Comments are closed.