Langkah Awal Memulai Bisnis Online bagi Pemula dari Modal Kecil hingga Nol

Langkah Awal Memulai Bisnis Online bagi Pemula – Zaman teknologi yang sudah demikian canggih merupakan era emas dan menjadi peluang besar khususnya dalam dunia bisnis. Sebab tahukah anda? Bahwa jumlah pengakses internet di Indonesia di tahun 2017 sudah mencapai 132,7 juta jiwa dengan jumlah pembeli online di Indonesia terdapat 24,7 juta jiwa.

Buat kamu yang belum tahu apa tujuan kamu hidup, atau memiliki penghasilan pas-pasan, hidup masih bergantung pada orangtua, masih kuliah semester pertama, dan belum menjadi apa-apa, sudah waktunya untuk memanfaatkan potensi ini untuk mengubah nasib hidupmu dari sekarang.

Apalagi untuk zaman yang sudah semakin banyak ditemukannya lifehack termasuk dalam urusan bisnis maka untuk bisa menemukan bisnis mudah, bermodal kecil, dan sesuai dengan passion kamu pun tentu sudah bukan angan-angan belaka. Banyak sekali peluang yang menurutmu sepele bisa jadi modal juga untuk memulai bisnis, tidak harus dalam bentuk uang.

Bisnis online sendiri merupakan segala aktivitas yang menghasilkan uang dan dilakukan di internet. Jadi bisa seperti bisnis yang menjajakan barang maupun jasa secara virtual dan disebarluaskan di internet. Sebetulnya segala hobi kamu pun bisa jadi ladang untuk menghasilkan uang di internet.

Mengasah mindset bisnis adalah hal yang harus dilakukan 1024x576 » Langkah Awal Memulai Bisnis Online bagi Pemula dari Modal Kecil hingga Nol

Never Stop

Give Up? Never Hear of Them

Namun diperlukan langkah-langkah yang tersusun secara runtut, strategis, dan konsisten dalam memulainya. Pastinya hal yang paling utama dalam dunia bisnis itu adalah konsentrasi, raup pengalaman sebanyak mungkin, dan jangan berhenti.

Mengasah mindset bisnis adalah hal yang harus dilakukan
Tentu dalam mengasahnya adalah anda harus langsung memulai dan menentukan apa passionmu dan memutuskan bisnis yang cocok sekaligus dibutuhkan pasar.

  • Apa barang/jasa yang akan anda tawarkan
  • modal yang harus disediakan dalam bisnis yang dipilih?
  • Lakukan reset dan putustan target pasar!
  • Strategi pemasaran
  • Cara mempertahankan dan mengembangkan bisnis

Yang terpenting adalah just do it! Jangan terlalu berpikir panjang dan lama-lama, jangan berekspektasi untuk bisa menghasilkan langkah yang sempurna, dan hadapi setiap hambatan yang ada. Percayalah itulah lesson anda.

Semakin anda terlalu banyak pertimbangan, terlalu lama berpikir untuk meminimalisis resiko, anda malah semakin takut dan tidak beraksi sama sekali.

Andalkan Segala Media Sosial yang Ada 1024x683 » Langkah Awal Memulai Bisnis Online bagi Pemula dari Modal Kecil hingga Nol

Fail is when you stop struggle

Loser =  do nothing

Inilah karakter yang harus dimiliki sebagai pengusaha yang baik:

Optimis, Pantang Menyerah, Senang Praktek, Haus Informasi, Nikmati Proses, Rendah Hati, Berani Ambil Resiko

Andalkan Segala Media Sosial yang Ada
Tentu saja berhubung ini judulnya bisnis online tapi memang dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi sangatlah ampuh untuk meningkatkan peluang sukses usahamu. Sangat dianjurkan jika kamu memiliki nama brand tokomu sendiri serta official account di setiap media sosial, seperti Line, Instagram, WA, Facebook, BBM, dll.

Selain itu memulai bisnis online dengan medsos yang akunnya mudah dibuat bisa jadi langkah awal untuk bisnis ini sebelum kamu mencoba dengan jaringan sosial yang lebih luas dan kompleks lagi.

Nah, seperti yang dinyatakan sebelumnya ketika berusaha itu KONSISTEN dan DISIPLIN. Jangan langsung berkesimpulan bahwa bisnismu gagal cuma karena sepi pengunjung dan OA kamu baru saja didirikan sebulan. Percayalah keberhasilan akan datang pada orang yang gigih dan sabar.

Bila usahamu sudah dikenal luas maka sudah saatnya kamu untuk melebarkan lapangan bisnismu lebih luas lagi. Caranya adalah dengan mendirikan website resmi produkmu.

Carilah banyak-banyak sumber referensi terkait bisnis atau rekan yang sudah sukses besar dengan usahanya

Carilah banyak banyak sumber referensi terkait bisnis atau rekan yang sudah sukses besar dengan usahanya 1024x640 » Langkah Awal Memulai Bisnis Online bagi Pemula dari Modal Kecil hingga Nol

Tentu saja kita membutuhkan banyak sekali inspirasi untuk bisa dicontoh pada usaha kelak. Langkah ini dilakukan baik saat pertama kali memulai dunia bisnis, middle, ataupun mahir. Meskipun belajar dari pengalaman sendiri itu penting tapi alangkah baiknya bila kita memperluas wawasan dan sudut pandang kita dari orang lain.

Belajar keberhasilan dan kesalahan oranglain adalah sangat berharga agar kita bisa mengetahui apa saja yang harus kita lakukan dan dihindari.

Berdoalan dan serahkan segala usaha yang telah kamu laksanakan kepada Tuhan YME
Inilah yang paling utama karena pada akhirnya segala ikhtiar yang telah dilakukan, berhasil atau gagalnya semua kembali kepadaNya. Jadi sangat penting untuk memperkuat ibadah dan berdoa kepada yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Berdoalan dan serahkan segala usaha yang telah kamu laksanakan kepada Tuhan YME 1024x462 » Langkah Awal Memulai Bisnis Online bagi Pemula dari Modal Kecil hingga Nol

Duh, rasanya ingin memulai bisnis tapi saya masih belum terbayang jualan seperti apa yang bisa dicoba. Sangat variatif tapi malah membuat bingung. Apakah bisnis selalu identik dengan menjual dan menjajakan barang?

Sebetulnya dalam dunia bisnis itu tidak akan berhenti berkembang dan akan terus meluas variasinya. Namun, berikut ini akan diberikan sekilas referensi mengenai bisnis online yang sudah sukses dilakukan banyak orang dan pastinya bisa jadi inspirasi buat kamu atau mungkin merupakan passion atau potensi yang belum kamu sadari.

  1. Try Article Writer ( Freelance? Ghost Writer? )
    Paling cocok buat siapa saja, khususnya untuk mahasiswa yang tidak asing dengan ketik-mengetik, hunting informasi, referensi, penghasil makalah, skripsi, dll. Mengapa penulis artikel sangat direkomendasikan? Karena bisnis ini hanya cukup mengandalkan internet, bisa membaca, memahami, menulis, dan Microsoft Word.

Modal minim tapi ini bisa jadi langkah termudah untuk memulai menghasilkan uang di internet. Apalagi sekarang ini sudah banyak pengelola website senior maupun tengah merintis yang membutuhkan jasa ini untuk mengisi kontennya.

  1. Bisnis Dropship
    Bila anda ingin mencoba dunia bisnis dari modal yang kecil, maka anda dapat mencoba dropship ini. Bisnis ini bahkan lebih praktis dari reseller karena tidak perlu untuk membeli langsung produknya lalu dijual kembali kepada konsumen untuk mengambil keuntungan dari selisih harga stock barang.Hanya perlu kemampuanmu dalam mempromosikan barang dari supplier dengan mengandalkan segala media sosial yang ada. Selain itu penjual juga tidak perlu repot dalam mengurusi proses pengirimannya karena sudah diserahkan kepada supplier. Sehingga bisnis seperti ini cocok banget untuk asah mental dan pengalaman untuk pemula.
  2. Pengelola Blog/ Website
    Buat kamu yang senang bergelut dengan pemrograman atau terkait rancang website, pastinya ini bisa dicoba. Apalagi sekarang cara membuat website semakin dipermudah dan bisa dimiliki semua orang. Website sendiri ada yang gratis atau berbayar. Website anda ini bisa anda isi dengan konten yang bermanfaat dan dicari orang, bisa disesuaikan dengan hobi dan minat anda.

Setelah blog anda ramai pengunjung, darisana anda bisa meraup rupiah dengan memasang iklan Google adsense, iklan affiliansi, menjual jasa artikel review, atau untuk kamu yang sudah memiliki brand atau jualan sendiri bisa memasukkan iklan produk anda juga.

  1. Mendirikan Toko Online
    Seperti yang dinyatakan sebelumnya, daripada kamu menggunakan medsos untuk cuma sekedar chat, share foto, dan bahkan kegiatan yang kurang menguntungkan, lebih baik manfaatkan segala fasilitas internet yang ada sebagai peluang kesuksesan bisnis anda.

 

Untuk blog sangat disarankan menggunakan WordPress atau bila sudah mahir bisa merancang website yang lebih modern dan keren lagi. Nah, mendirikan toko online juga tidak harus untuk penjual yang memiliki produk sendiri kok, buat kamu bisnis dropship pun bisa memanfaatkan toko online ini.

Comments are closed.