Pilih Mana, Lebih Baik Investasi Emas atau Dollar?

Berbicara tentang investasi, tentu Anda ingin yang memberikan Anda keuntungan tertinggi. Selain itu Anda juga tentu memikirkan tentang tinggi rendahnya faktor resiko yang harus ditanggung. Sebagai seorang pemula, sudah pasti Anda memiliki pertanyaan terkait lebih baik menginvestasikan uang Anda dalam emas atau dalam dollar.

Keduanya sebenarnya merupakan elemen investasi yang baik. Dibandingkan Anda investasi situs tidak jelas yang menawarkan keuntungan berlipat dalam sebulan. Untuk para investor pemula memang investasi emas dan tabungan dollar merupakan pilihan yang terbaik, bahkan mudah untuk dilakukan, walaupun itu baru pertama kalinya untuk Anda.

Mana yang lebih menguntungkan?

Untuk menjawab pertanyaan manakah di antara kedua cara investasi ini yang memberikan keuntungan terbaik bukanlah pertanyaan yang mudah. Itu karena tak ada jaminan jika investasi tersebut dapat memberikan keuntungan berlipat ganda pada masa mendatang.

pilih investasi emas atau dollar » Pilih Mana, Lebih Baik Investasi Emas atau Dollar?

Memang kedua jenis investasi ini sama-sama memiliki resiko. Hanya saja ada yang resikonya lebih rendah dan ada yang lebih tinggi.

Investasi emas

Sekarang yang akan kita bahas pertama-tama adalah investasi emas. Emas termasuk salah satu dari logam mulia favorit yang dipercaya banyak orang. Emas adalah produk investasi yang sudah digunakan sejak lama, bahkan sebelum Anda lahir.

Alasan mengapa banyak orang menyukai investasi emas karena likuiditasnya. Anda juga dapat memulai bahkan dengan modal sedikit. Nilai investasinya pun tahan terhadap inflasi.

Keuntungan likuiditas yang tinggi itu artinya jika suatu hari Anda mendadak membutuhkan dana, maka emas dapat dijual dengan cepat, bisa juga digadaikan. Yang kedua emas tahan inflasi serta nilai tukar di dunia sama. Yang ketiga, kelebihan investasi emas adalah cara investasinya mudah, Anda pasti bisa melakukannya. Yang terakhir yakni harga emas itu cenderung naik dari waktu ke waktu.

Kekurangan investasi emas juga ada, dan kekurangan ini wajib Anda pertimbangkan sebelum Anda memutuskan terjun di dalamnya. Emas rentan hilang, karena memang banyak orang yang sudah mengerti nilai emas yang tinggi. Kekurangan kedua yakni jika tidak hati-hati saat memilih emas Anda dapat terjebak membeli emas palsu. Kekurangan ketiga yakni Anda membutuhkan emas dengan jumlah banyak dan waktu jangka panjang apabila hendak memperoleh keuntungan besar.

Investasi dollar

Pilihan investasi dollar merupakan pilihan bagus jika Anda bersekolah di luar negeri atau berhaji sekalipun.

Keuntungan yang pertama yakni tak terkena devaluasi. Jika Anda sekarang mempunyai 100 dollar nilai uang tetaplah 100 dollar, dibandingkan Anda menyimpan 10 juta rupiah, ke depannya nilai tukar akan melemah. Keuntungan kedua dari investasi dollar yakni keuntungan yang Anda dapatkan dari perubahan kurs itu cenderung menguat dari waktu ke waktu, sama seperti emas, jika nilai rupiah terpuruk – Anda yang investasi dollar dapat memperoleh keuntungan dengan cepat.

Kerugian investasi dollar yakni dollar rentan terlipat dan lusuh, sehingga nilai investasi dapat berkurang. Kerugian kedua yakni mata uang itu rentan terhadap inflasi, dan hal yang sama juga berlaku untuk dollar.

Tetapi memang sebenarnya jika Anda hendak investasi dalam jangka pendek, sebaiknya kami sarankan Anda berinvestasi tabungan dollar. Apabila berencana untuk jangka panjang, maka disarankan berinvestasi emas. Tetapi Anda harus lebih bersabar sebelum menjual emas tersebut, agar mendapatkan selisih harga yang lumayan.

Semoga dengan ulasan kami tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing, Anda sudah dapat memutuskan hendak menginvestasikan uang Anda untuk emas atau dollar.

Comments are closed.