Pilihan Platform Jualan Online Gratis yang Bisa Digunakan ketika Baru Merintis Bisnis atau Usaha

Salah satu model usaha online yang paling digemari di zaman sekarang adalah jualan produk secara online. Hal tersebut disebabkan jualan produk secara online menjadi semakin mudah dan juga menguntungkan untuk dijalankan oleh hampir semua lini masyarakat.

Anda tidak harus memiliki modal besar lagi untuk bisa mulai menjual produk secara online. Pasalnya, ada banyak sekali platform jualan online gratis yang bisa anda manfaatkan.

Meskipun memang trik jualan online gratis dengan menggunakan beberapa macam platform tersebut tidak disarankan untuk digunakan selamanya, namun setidaknya hal tersebut bisa anda gunakan ketika merintis usaha jualan online pertama kali.

Lalu apa saja jenis platform yang bisa anda manfaatkan sebagai tempat untuk jualan online secara gratis tersebut? Mana jenis platform jualan online yang paling tepat untuk anda gunakan?

Bagi anda yang masih bingung memilih dimana anda bisa menjual produk secara online, anda bisa baca lebih lanjut perbandingan beberapa jenis platform gratis yang bisa anda gunakan untuk menjual produk secara online di dalam artikel ini.

Tiga Jenis Platform Jualan Online Gratis yang Bisa Anda Manfaatkan Untuk Merintis Usaha Jualan Online Pertama Kali

Sekarang anda sudah tidak perlu bingung lagi masalah modal jika ingin mulai usaha jualan online. Pasalnya, ada banyak sekali platform jualan online gratis yang bisa anda gunakan.

ragam pilihan platform jualan online gratis » Pilihan Platform Jualan Online Gratis yang Bisa Digunakan ketika Baru Merintis Bisnis atau Usaha

Berikut ini adalah beberapa macam platform yang bisa anda gunakan untuk menjual produk secara online tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun:

  1. Website atau blog

Banyak sekali orang yang berpikir bahwa mereka membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk bisa memiliki sebuah website atau blog yang bisa digunakan sebagai platform untuk menjual produk secara online.

Sekarang anda sama sekali tidak membutuhkan modal untuk bisa memiliki satu atau beberapa website atau blog untuk menjual produk secara online.

Anda bisa menggunakan beberapa platform blog gratis seperti blogspot, wordpress, dan juga wix. Semua tampilan platform blog gratis tersebut bisa dibuat sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan anda dalam menjual produk secara online.

Ada banyak sekali template blog atau website gratis yang bisa membuat tampilan blog atau website anda seperti website ataupun blog jualan online yang profesional.

Hanya saja, karena anda bisa menggunakannya secara gratis, anda juga mau tidak mau harus menerima beberapa kelemahannya seperti:

  • Alamat website atau blog anda kurang begitu profesional karena masih menjadi bagian sub domain dari blog atau website gratisan yang anda gunakan.
  • Blog atau website gratis yang anda gunakan sewaktu-waktu bisa dihapus karena dianggap tidak mentaati aturan.

Untuk masalah profesionalisme, sebenarnya anda masih bisa mengatasinya dengan mengeluarkan sedikit dana untuk menyewa domain khusus.

Jika sudah menggunakan domain khusus, tampilan blog ataupun website jualan online tersebut sudah tidak bisa dibedakan dengan website atau blog jualan online yang dibuat dengan modal cukup besar.

  1. Media sosial

Jika dibandingkan dengan website atau blog, media sosial memang jauh lebih mudah untuk digunakan sebagai media jualan online.

Pasalnya, anda tidak perlu memikirkan mengenai SEO untuk mendatangkan traffic seperti pada blog ataupun website. Selain itu, ada banyak sekali orang yang menggunakan media sosial.

Dengan banyaknya penggunaan media sosial tersebut, secara otomatis kesempatan anda untuk bisa menjual produk secara online akan semakin besar.

Namun meskipun demikian, media sosial juga masih memiliki beberapa kelemahan ketika digunakan sebagai platform jualan online.

Berikut adalah beberapa kelemahan menggunakan media sosial sebagai platform jualan online gratis:

  • Mayoritas pengguna media sosial bisa dikategorikan sebagai cold buyer. Yang dimaksud dengan cold buyer adalah orang-orang yang sedang tidak dalam kondisi siap untuk membeli produk.
  • Mau tidak mau anda harus membangun trust dan engagement terlebih dahulu kepada calon konsumen anda.

Meskipun masih memiliki kelemahan, namun penggunaan media sosial sebagai media untuk menjual produk secara online tergolong masih lebih mudah untuk dijalankan oleh semua kalangan, termasuk awam sekalipun.

  1. Marketplace

Platform jualan online gratis yang terakhir adalah marketplace. Jika dibandingkan dengan 2 platform sebelumnya, jelas marketplace ini memiliki lebih banyak kelebihan.

Berikut adalah beberapa kelebihan jualan produk secara online di marketplace:

  • Anda tidak perlu repot-repot membangun trust maupun engagement karena semua orang yang datang di marketplace memang sudah siap untuk membeli produk.
  • Ada sistem yang sudah teruji untuk melakukan penjualan produk secara online.
  • Adanya penengah antara penjual dan pembeli jika terjadi masalah dalam melakukan transaksi secara online.
  • Tidak perlu repot-repot menyiapkan berbagai macam jenis metode pembayaran karena pihak marketplace yang menyediakan hal tersebut.

Memang dari 3 macam jenis platform untuk jualan online secara gratis itu marketplace yang paling punya banyak kelebihan. Namun bukan berarti marketplace itu adalah platform jualan online yang sempurna.

Marketplace juga memiliki beberapa kelemahan seperti:

  • Persaingannya semakin lama semakin ketat sehingga kemungkinan besar anda akan terjebak dalam pertarungan harga dengan penjual lain.
  • Sangat sulit untuk membangun loyalitas konsumen karena mayoritas konsumen mencari produk dengan harga termurah.
  • Terkadang pihak marketplace terasa lebih membela pihak pembeli dibandingkan dengan pihak penjual ketika terjadi masalah dalam transaksi.

Jika dilihat, memang dari 3 jenis platform jualan online gratis tidak ada satupun yang benar-benar sempurna. Hal tersebut sangatlah wajar.

Lalu manakah platform jualan online yang paling cocok untuk anda gunakan? Bagi anda yang memang baru pertama kali menjual produk secara online, anda disarankan untuk menggunakan marketplace untuk memasarkan produk anda.

Jika anda sudah mulai bisa menjual produk secara online di marketplace, segera buat website atau blog dengan domain khusus. Selain itu, lakukan promosi website atau blog dan akun marketplace anda menggunakan media sosial.

Jadi bisa dikatakan bahwa sebenarnya 3 macam pilihan platform jualan online gratis tersebut sangat baik jika digunakan secara bersamaan. Pasalnya, masing-masing platform tersebut memang mendukung satu sama lain.

Comments are closed.