Tips Membuka Usaha Kantin Sekolah

Saat ini Anda bisa menemukan berbagai jenis bisnis yang bisa Anda pilih sehingga terkadang membuat Anda bingung untuk memilih jenis usaha yang cocok untuk dilakukan. Dari berbagai macam pilihan usaha yang tersedia, usaha kantin sekolah bisa Anda pilih. Hal ini dikarenakan usaha kantin sekolah termasuk salah satu jenis bisnis yang menjanjikan karena memiliki peluang yang sangat bagus untuk bisa berkembang dan menghasilkan untung yang lumayan menggiurkan sehingga usaha ini sangatlah diminati.

Setiap sekolah baik itu SD, SMP, hingga SMA pastilah mempunyai kantin yang mana fungsinya adalah untuk melayani segala kebutuhan warga sekolah, baik itu siswa, karyawan, maupun guru – gurunya. Saat ini usaha kantin sekolah pun menjadi berkembang yang mana dulunya hanya menjual makanan saja, namun kini juga sudah menjual berbagai perlengkapan lainnya seperti misalnya alat – alat tulis bahkan melayani fotocopy. Untuk bisa membuat usaha kantin sekolah berkembang maka di bawah ini akan kami berikan beberapa tipsnya.

panduan bisnis kantin sekolah 1024x679 » Tips Membuka Usaha Kantin Sekolah

Langkah Mudah Bisnis Kantin Sekolah

  1. Memilih Lokasi Tepat

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan dalam membuka usaha kantin sekolah adalah dengan memilih lokasi yang tepat, kantin sekolah tentu saja berada di dalam lingkungan sekolah. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah di sekolah mana Anda akan membuka kantin, alangkah baiknya jika Anda memilih sekolah yang memiliki jumlah murid yang banyak sehingga kantin Anda akan berpotensi ramai pengunjung.

  1. Sumber Daya Manusia

Tips kedua yang juga perlu diperhatikan dalam membuka usaha kantin sekolah adalah dengan memperhatikan kualitas sumber daya manusia yang akan Anda gunakan. Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk mengurusi usaha maka Anda bisa merekrut karyawan, namun Anda harus memilih karyawan yang benar – benar bisa Anda percaya sehingga usaha Anda akan berjalan dengan lancar.

  1. Persiapkan Modal

Tips ketiga yang bisa Anda terapkan dalam memulai usaha kantin sekolah adalah dengan mempersiapkan modal, seperti yang Anda ketahui bahwa untuk menjalankan usaha kantin sekolah tentunya dibutuhkan modal. Anda harus mempersiapkan modal yang akan Anda gunakan dengan menghitung terlebih dahulu berapa biaya kebutuhan modal yang akan Anda perlukan untuk membuka usaha kantin sekolah.

  1. Mempelajari Kompetitor

Tips keempat yang juga bisa Anda terapkan dalam membuka usaha kantin sekolah adalah dengan mempelajari kompetitor, seperti yang Anda ketahui bahwa di beberapa sekolah biasanya terdapat lebih dari satu kantin sehingga Anda akan mempunyai kompetitor. Oleh karena itulah Anda harus mengetahui kompetitor Anda agar bisa bersaing dengannya dan juga melengkapi apa yang tidak dimiliki kompetitor.

  1. Buat Analisa Usaha

Tips kelima yang bisa Anda gunakan dalam membuka usaha kantin sekolah adalah dengan membuat analisa usaha, hal ini sangat penting untuk dilakukan karena dengan membuat analisa usaha maka Anda akan bisa mengetahui apa yang Anda butuhkan saat ini dan juga apa yang harus Anda lakukan di depan. Anda bisa membuat analisa usaha secara terperinci sehingga akan lebih jelas.

Kantin sekolah merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan dengan peluang usaha yang sangat bagus apabila Anda mengikuti beberapa tips yang telah disebutkan di atas.

Comments are closed.