Tips Menjaring Konsumen untuk Usaha atau Bisnis yang Baru Berdiri

Memiliki banyak konsumen adalah harapan semua pemilik bisnis, karena dengan adanya konsumen bisnis bisa tetap bertahan dengan perputaran cash flow ditengah padatnya persaingan. Namun, memang harus diakui untuk mendapatkan konsumen tidaklah mudah. Dibutuhkan strategi khusus supaya orang-orang yang awalnya tidak mengenal bisnis anda sama sekali dan akhirnya jadi mengenal dan mau membeli produk bisnis yang anda jual.

Mendapatkan konsumen merupakan tantangan besar semua pebisnis, karena ada banyak proses yang harus dilewati mulai dari memperkenalkan bisnis, membangun interaksi, mempengaruhui konsumen untuk membeli, hingga menjaga kesetiaan dan loyalitas konsumen. Semua hal tersebut merupakan elemen penting dalam menjaring konsumen. Untuk anda para pemilik bisnis sebaiknya simak ulasan mengenai strategi ampuh menjaring konsumen berikut ini :

Penawaran Gratis yang Susah Ditolak

Semua orang suka sesuatu yang gratis dan itu sudah menjadi kodratnya manusia, alasannya karena mereka tidak perlu mengeluarkan uang.

Kondisi ini sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk menjaring konsumen dengan cepat. Berikan penawaran produk secara gratis tanpa syarat apapun. Cara ini terbukti sangat efektif menjaring konsumen sehingga dapat meningkatkan konversi penjalan.

Selain itu, promosi dengan memberikan sesuatu secara gratis ternyata jauh lebih hemat dibandingkan kamu harus memasang iklan di radio, televisi dan internet.

tips dapat pelanggan untuk bisnis yang baru mulai 1024x694 » Tips Menjaring Konsumen untuk Usaha atau Bisnis yang Baru Berdiri

Kok bisa lebih hemat ?? bukannya malah rugi kalau produk yang dijual tapi dikasih secara gratis ??

Tenang saja, penawaran gratis ini terbatas atau terikat jangka waktu, sehingga ketika konsumen sudah banyak maka kamu bisa menjual kembali produk yang diberikan secara gratis sebelumnya dengan harga normal.

Misalkan, kamu membuka usaha kedai kopi maka kamu bisa memberikan penawaran “ minum kopi gratis selama satu minggu”

Minum kopinya memang gratis, tapi makanan dan produk lainnya tetap harus bayar. Nah, logikanya hampir sangat jarang konsumen yang datang hanya untuk minum kopi saja, biasanya diikuti dengan makan gorengan, kacang kulit, atau makanan berat seperti mie rebus, nasi goreng, dan lainnya.

Melakukan Join Venture (Kerja Sama Bisnis)

Setiap usaha biasanya memiliki kompetitor yang saling berhubungan. Kabar baiknya, kamu bisa menjadikan kompetitor tersebut sebagai partner bisnis supaya saling menguntungkan.

Misalkan, kamu buka usaha pembuatan kerupuk. Nah, kamu bisa bekerja sama dengan para pelaku usaha kuliner dan juga warung kelontong untuk memasarkan kerupuk yang kamu buat.

Contoh lainnya, kamu menjalankan usaha dibidang aksesoris Handphone, maka kamu bisa bekerja sama dengan konter hp yang ada di wilayahmu.

Manfaatkan Internet

Hari gini nggak pakai internet ?? apa kata dunia ?? sekarang ini hampir semua benda terkoneksi dengan internet mulai dari gadget yang sering kamu pakai, laptop, hingga televisi atau yang disebut smart tv.

Kemajuan teknologi yang terintegrasi dengan internet ini tentunya memberikan banyak manfaat termasuk kepada para pelaku usaha. Kamu bisa menggunakan internet untuk menjaring lebih banyak konsumen walaupun usahamu terbilang masih baru.

Buatlah website dengan tampilan yang menarik, daftarkan usahamu di semua media sosial, dan bergabunglah di forum online. Bangun hubungan dengan netizen atau pengguna internet, semakin banyak yang mengetahui usahamu di dunia maya maka akan semakin banyak konsumen yang terjaring.

Dengan mengikuti semua tips menjaring konsumen untuk usaha yang baru berdiri maka bisnis milikmu akan didatangi banyak pembeli dalam waktu singkat. Namun, ada satu hal yang harus diingat, jaga kepercayaan dan kepuasan konsumen agar mereka tidak kapok membeli produk yang kamu jual.

Comments are closed.