Trik Optimasi SEO untuk Blogspot

Trik SEO untuk Blogspot » Trik Optimasi SEO untuk BlogspotAsal Anda ketahui, Blogspot jika dioptimasi dengan benar juga merupakan platform blog yang dapat memberikan pengunjung dalam jumlah banyak yang tentunya tak dapat dipandang hanya sebelah mata saja. Jika dikelola dengan benar, niscaya bahkan hanya dengan menggunakan Blogspot saja Anda dapat meraih ratusan dollar. Selain itu, untuk mengkombinasikan Adsense dengan Blogspot juga sangat mudah dan tak merepotkan.

Apalagi untuk niche berbahasa Indonesia, Blogspot lebih mudah bersaing untuk muncul pada halaman pertama search engine Google. Oh ia, dalam hal ini, kita akan membahas mengenai Google saja, karena ini merupakan search engine favorit yang paling banyak digunakan oleh orang-orang, bukan hanya dari Indonesia saja melainkan seluruh dunia. Tetapi tentunya walaupun menggunakan Blogspot, tetap saja posisi dari sebuah keyword yang sudah ‘nancap’ pada ranking halaman awal atau mungkin posisi pertama tetap dapat berubah dari waktu ke waktu, tidak selamanya bisa di sana, kecuali SEO nya memang benar-benar rutin dilakukan.

Tips trik agar SEO platform Blogspot Anda bagus

  • Tematis – Sebaiknya Anda belajar membuat blog yang tematis, maksudnya membahas tema berfokus, jadi tidak campur aduk. Blog dengan tipe tematis ini juga bagus untuk digunakan dengan Adsense, bahkan dengan blog tipe seperti ini, biasanya Anda dapat disapprove oleh Adsense dengan lebih mudah dibandingkan dengan blog yang niche general tak tematis.
  • Navigasi yang baik – Blog Anda juga sebaiknya memiliki navigasi yang baik. Bisa dengan membuat menu pada bagian bawah header. Dengan home paling kiri, kategori, kemudian paling kanan dibuat link menuju halaman sitemap. Nah, halaman sitemap ini juga penting, ini merupakan aplikasi dari buku, sitemap sama dengan daftar isi dari sebuah buku, namun kali ini merupakan daftar isi dari blog. Sitemap berguna baik bagi visitor maupun search engine untuk crawling yang lebih sempurna.
  • Mengatur meta description blog – Anda juga sebaiknya mengedit meta description dari blog, buatlah sesuai dengan isi dari blog Anda dengan sedetail mungkin. Selain meta description, juga ada yang namanya meta keywords, dan Anda juga perlu mengatur itu, meta keyword diberikan tanda batas berupa tanda koma. Sama seperti memasukkan tag di WordPress.
  • Onpage link – Anda juga dapat mengatur onpage link pada setiap artikel yang berhubungan. Jadi link tersebut dibuat di dalam artikel. Di mana, Anda memblock satu word atau kalimat, kemudian memberikan hyperlink pada word atau kalimat tersebut, yang mengarah ke artikel lain yang memiliki topik sejenis. Namun, pastikan dibuat dengan benar, jangan asal memberikan link ke artikel dalam blog yang sama namun tidak memiliki hubungan topik antara satu artikel dengan artikel yang lainnya. Ini sangat penting, dan SEO onpage ini di Blogspot juga cukup mudah, karena Anda akan mendapatkan menu untuk memberikan hyperlink pada toolbar dari platform Blogspot tersebut.
  • Ubah judul artikel menjadi H1 – Pada halaman single page atau lebih dikenal dengan halaman artikel Anda di Blogspot, ubahlah judul artikel menjadi h1 dan kemudian Anda dapat mengubah logo menjadi H2, atau tidak usah diberi apa-apa.

Sekian artikel tentang trik optimasi SEO untuk Blogspot agar bisa bersaing, semoga bermanfaat. Berkunjung lagi besok-besok ke blog kita, karena kita selalu menghadirkan artikel fresh yang baru khusus untuk Anda pembaca setia blog kami.