Apa itu dan apakah kelebihan dedicated hosting

Apa itu dan apakah kelebihan dedicated hosting » Apa itu dan apakah kelebihan dedicated hostingDalam dunia website dan blogging sekarang ini sudah wajib untuk mengenal yang namanya hosting, karena ini diperlukan untuk menjalankan blog Anda supaya bisa online. Walaupun memang tidak semua blog memerlukan hosting, contohnya blogspot, di mana kita hanya menumpang pada hosting, yang servernya sudah disediakan oleh Google. Namun, lain halnya apabila Anda hendak menggunakan wordpress yang tipe ‘Self hosting’, di mana Anda memerlukan perusahaan hosting untuk menampung file Anda, dan kemudian Anda mengarahkan DNS ke server Anda supaya blog bisa online dan mendatangkan visitor atau pengunjung.

Sekilas tentang pengertian dari dedicated hosting

Dedicated hosting adalah jenis hosting yang ditawarkan dengan harga cukup mahal, namun tentu ada alasan mengapa harganya lebih mahal. Pengertiannya secara garis besar yaitu dengan menggunakan dedicated hosting anggapannya adalah Anda menyewa sebuah server dari perusahaan hosting dan yang menggunakan server tersebut hanyalah Anda seorang, dan tidak disharing ke orang lain, itulah perbedaannya dengan shared hosting dan jenis hosting lainnya. Oleh karena itu, penggunaan dedicated hosting tentu saja lebih mahal dibandingkan jenis hosting lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan. Tentunya, dengan ini, ada banyak kelebihan yang akan Anda peroleh juga.

Kelebihan menggunakan dedicated hosting, yaitu;

  1. Akses website menjadi luar biasa cepat

Tentu saja, karena Anda anggapannya menggunakan server sendiri hanya untuk hosting website Anda, otomatis website atau blog menjadi lebih cepat loadingnya dibandingkan dengan menggunakan hosting yang type ‘shared’. Jadi, Anda tidak perlu lagi takut jika website Anda susah diakses atau down karena ada orang lain yang menghabiskan bandwidth server.

  1. Lebih tahan

Dibandingkan shared hosting, menggunakan dedicated hosting memiliki daya tahan yang lebih baik. Di mana, shared hosting biasanya rentan crash dan error, dan terdapat berbagai macam isu teknis lainnya yang sering terjadi. Namun dengan menggunakan dedicated hosting hal tersebut akan menjadi berbeda ceritanya. Selain itu Anda juga akan mendapatkan customer service yang lebih baik, karena Anda anggapannya menggunakan paket yang lebih mahal dan perusahaan hosting lebih diuntungkan.

Namun tidak selamanya Anda membutuhkan yang namanya dedicated hosting, apabila website atau mungkin blog Anda masih kuat ditampung di shared hosting, maka sebaiknya Anda mengurungkan dulu niat untuk pindah ke dedicated hosting, demi memikirkan efisiensi biaya, karena biaya untuk membeli dedicated hosting bulanan cukup mahal, dan apabila website atau blog Anda masih sepi, maka itu akan mengakibatkan Anda menjadi ‘tekor’ atau rugi.

Biasanya Anda dapat memutuskan untuk mengambil paket dedicated hosting apabila visitor dari blog sudah cukup ramai dan shared hosting sudah tidak kuat lagi menampungnya. Tentunya dedicated hosting ini dipilih sebelum Anda mengambil paket VPS hosting. Selain itu, biasanya jika Anda membutuhkan tambahan RAM maka paket dedicated hosting layak untuk dipilih.

Penggunaan kupon dapat Anda manfaatkan jika ingin berhemat, terkadang setiap bulannya banyak perusahaan hosting yang menawarkan kupon promosi dan diskon. Beberapa ada yang hanya untuk pembayaran bulan pertama, namun jika Anda lebih teliti lagi, Anda bisa menemukan kupon dengan pembayaran recurring, jadi diskon berlaku untuk selamanya.

Sekian artikel tentang apa itu dan apakah kelebihan dari dedicated hosting, semoga bermanfaat. Untuk mencari web hosting yang bagus, ada beberapa cara, Anda dapat menyimak caranya pada artikel lain yang ada di blog ini, Terima kasih.