Biografi Ciputra, Pengusaha Sukses yang juga Seorang Insinyur

Biografi Ciputra, Seorang Pengusaha sekaligus juga Insinyur – Jika Anda berdomisili di kota pahlawan Surabaya, maka mungkin Anda akan banyak mendengar nama Ciputra, karena sebagian besar bisnis beliau berlokasi di daerah Surabaya. Untuk bidang usaha yang ditekuni, Bapak Ciputra sendiri bergerak pada bidang properti, beliau merupakan pendiri dari Metropolitan Group, Jaya Group dan juga Ciputra Group. Selain bergerak pada kategori properti, beliau pun juga ikut andil dalam dunia pendidikan, yaitu dengan mendirikan sekolah dan juga universitas Ciputra, di mana kedua institusi pendidikan ini memegang tempat yang cukup bergengsi di kota Surabaya, Jawa Timur.

Sekilas tentang Ciputra

Pak Ciputra sendiri memiliki nama asli Tjie Tjin Hoan, dan semasa kecilnya beliau tinggal di daerah Parigi, tepatnya di Sulawesi Tengah. Ketika masa kecil, beliau benar-benar hidup di dalam kepahitan dan kesulitan hidup, dan hal itulah yang membangun jiwa pejuang dan pantang menyerah dalam sosok pak Ciputra hingga bisa sukses seperti sekarang ini. Bahkan bapak kandung beliau yang bernama Tjie Siem Poe sudah pernah ditangkap pasukan tidak dikenal, dengan tuduhan mata-mata Jepang atau Belanda, tak pernah kembali, itu terjadi di tahun 1944.

biografi bapak ir ciputra 1024x703 » Biografi Ciputra, Pengusaha Sukses yang juga Seorang Insinyur

Pendidikan – Berbicara mengenai jenjang pendidikan yang ditempuh oleh beliau. Beliau pada saat remaja, masuk SMP dan juga SMA di sekolah yang bernama Frater Don Bosco, yang berlokasi di kota Manado. Dan setelah selesai lulus SMA, Ciputra pun memutuskan untuk meninggalkan desa kediamannya dan melanjutkan ke pulau Jawa. Lalu, beliau mengambil kuliah di universitas ITB (Institut Teknologi Bandung).

Selanjutnya, beliau pun bersama dengan 4 orang temannya membangun usaha konsultan arsitektur bangunan, yang memiliki lokasi pada sebuah garasi rumah. Dan tahun 1960, sesudah beliau mendapatkan gelar insinyur, beliau pun memutuskan untuk pindah lagi ke ibu kota Jakarta.

Selanjutnya, beliau pun menapaki karirnya dengan bermula di perusahaan yang bernama Jaya Group. Beliau bekerja menduduki jabatan direksi hingga mencapai usia 65 tahun. Tentunya, bersama dengan perusahaan tersebut, pak Ciputra mempunyai banyak kesempatan dalam berkreasi di bidang properti, salah satu garapannya yaitu pembangunan proyek taman wisata Ancol Jakarta.

Lalu bersama rekan-rekan barunya yang bernama Sudwikatmono, Sudono Salim, Ibrahim Risjad dan juga Budi Brasali, beliau pun mendirikan Metropolitan Group, lalu membangun perusahaan mewah yang bernama Pondok Indah dan kemudian Kota Mandiri Bumi Serpong Damai. Pada saat itu, beliau masih memegang jabatan direksi di perusahaan Jaya Group, dan juga Metropolitan Group yang didirikan bersama rekan-rekan beliau, namun pada Metropolitan Group, jabatan beliau adalah sebagai presiden komisaris. Dan seiring waktu, akhirnya beliau pun berhasil membangun grup untuk perusahaan keluarganya sendiri yaitu Ciputra Group.

Ciputra Group sendiri merupakan kelompok usaha beliau yang ke – 5. Awalnya, group ini berawal dari perusahaan Citra Habitat Indonesia, di awal dari tahun 1990, dan yang kemudian diakui seluruh sahamnya oleh beliau, dan kemudian namanya pun diubah menjadi CD atau Ciputra Development. Group ini sendiri yang memang adalah perusahaan keluarga, maka jabatan-jabatan direksi pun diisi oleh anggota-anggota keluarganya, yaitu anak-anak dan menantu dari beliau. Pada bulan Maret 1994, group ini pun sudah berhasil meraih kebanggaan sebagai perusahaan Go Public pada pasar modal negara Indonesia.

Selain bidang properti, ternyata Ciputra juga membangun bisnis yang bergerak di kategori keuangan yaitu Bank Ciputra yang mana bernasib pahit karena ditutup oleh pemerintah karena dinilai tak layak operasi, dan juga bisnis broker yang diberi nama waralaba Century 21.

Sekian artikel tentang profil atau biografi Bapak Ciputra, semoga menginspirasi.

Comments are closed.