Biografi Mochtar Riady, Pengusaha Sukses Pemilik Lippo Group

Profil Singkat Mochtar Riady – Mungkin Anda sering mendengar tentang BANK Lippo, ya, Lippo tentunya memiliki orang penting di belakangnya, beliau adalah Mochtar Riady, yang juga termasuk dalam orang terkaya di Indonesia. Beliau merupakan pendiri dan juga president dari Lippo Group. Orang-orang banyak menyebut Mochtar Riady sebagai orang yang bertangan dingin dalam melakukan pengolahan bisnis perbankan. Direkrut oleh bapak Lim Sioe Liong, beliau menunjukkan kesuksesannya dalam menangani BANK Panin pada tahun 1975.

Di bawah kepemimpinan beliau, bahkan BANK Panin dapat menjadi salah satu dari sekian BANK swasta yang terbaik yang dapat bersaing dengan BANK populer BCA atau BANK Central Asia. Selain BANK Panin, beliau juga sudah pernah berkarya di dalam BANK BCA, di mana, pada saat pertama kali masuk, aset BANK BCA senilai 12,8 Miliar rupiah, namun pak Mochtar Riady berhasil melonjakkan aset milik BCA sampai dengan 5 Triliun lebih. Bermodal pengalamannya, kini beliau memberanikan diri membangun istana bisnisnya sendiri di bidang perbankan dengan nama Lippo Group tersebut, seperti yang sudah dibahas di atas.

Kehidupan keluarga Mochtar Riady

Sekarang mari kita membahas mengenai biografi keluarga dari Bapak Mochtar Riady. Beliau sudah menikah pada tahun 1951, dengan meminang seorang wanita asal kota Jember yang bernama Suryawati Lidya. Dan bahkan juga sudah dikaruniai 4 orang anak. 2 orang anaknya kini juga sudah sukses, menuruni darah bakat pebisnis orang tuanya.

Bio Mochtar Riady » Biografi Mochtar Riady, Pengusaha Sukses Pemilik Lippo Group

Sementara, ke 2 orang tua beliau merupakan perantau yang berasal dari daerah Fujian, daratan China, kemudian tiba di kota Malang tahun 1918. Kedua orang tua Mochtar Riady memiliki sifat yang keras, dilihat pada saat kedua orang tuanya ditangkap oleh pemerintah Belanda disebabkan karena menolak negara Indonesia Timur pada saat itu.

Kekayaan Mochtar Riady

Termasuk dalam list atau daftar orang terkaya di negara Indonesia versi majalah Amerika Forbes, pak Mochtar Riady memiliki total kekayaan hingga U$$ 2,2 Miliar atau sama juga dengan Rp. 20,9 Triliun jika dirupiahkan. Tentunya, perjuangan untuk memperoleh total kekayaan ini sudah layak melihat perjuangan dan bakat bisnisnya.

Beliau juga pernah mendapat julukan sebagai ‘The magic man of BANK marketing’, karena kepiawaiannya di dalam menghasilkan ide yang dapat membantu dalam memecahkan berbagai masalah keuangan. Sebelumnya, beliau juga pernah menuntut ilmu di UI (Universitas Indonesia), dan juga berkenalan dengan banyak sekali orang hebat yang sama-sama bergelut di bidang ekonomi, contohnya Ali Wardhana, Emil Salim dan banyak lagi lainnya. Teman yang hebat, pendidikan yang bagus, membantu beliau dalam mempertajam kemampuannya untuk menjadi orang yang semakin piawai dalam bidang perbankan dan bahkan bisa mendirikan sendiri group Lippo yang sukses hingga sekarang ini.

Untuk saat ini, Lippo Group yang didirikan oleh beliau juga memiliki hingga 5 cabang bisnis yang digunakan untuk memutar uang yang ada, yaitu:

  1. Properti dan Urban development
  2. Jasa keuangan reksadana, perbankan, sekuritas dan manajemen aset
  3. Bidang industri komponen otomotif, komponen elektronik, porselen, semen, gas bumi dan juga batubara. Lippo Group juga memproduksi bahan komponen elektronik dari kulkas serta AC yang bermerek Mitsubishi, sementara pada industri komponen otomotif, sukses di dalam produksi kabel persneling yang berkualitas.
  4. Pembangunan infrastruktur seperti produksi gas, pembangkit tenaga listrik, pembangunan sarana air bersih, pembangunan jalan raya dan juga prasarana komunikasi

Sekian informasi tentang Biografi Mochtar Riady, semoga berkenan.

Comments are closed.