Blog berbahasa indonesia, why not?

why blog 001 300x114 » Blog berbahasa indonesia, why not?Barangkali sudah banyak blog yang memuat hal ini. Ketika ketakutan bahwa blog berbahasa indonesia akan kehilangan tuahnya di negeri sendiri. Mengapa? karena berdasar TOS GA, hanya blog berbahasa inggrislah yang boleh dipasangi account adsense. Namun dasar orang indonesia yang kelewat kreatif, beberapa kawan blogger kita pun tak kehilangan akal untuk mendapat cara agar iklan adsense muncul diblognya yang berbahasa indonesia.

Dan kini sudah bukan rahasia lagi, bahwa mayoritas blogger sekarang, selain menyalurkan hobi menulis, tentunya juga ingin meraih kebebasan finansial melalui jalur blogging. Tak pelak kondisi demikian semakin menggairahkan dunia online kita. tanpa disadari, masyarakat melek internet pun kian hari kian bertambah banyak. Selain itu, mudah dan murahnya kita mendapat koneksi juga ikut mempengaruhi percepatan transformasi informasi masyarakat kita. Dan sudah tentu dunia perhostingan lokal pun cukup diuntungkan, walapun akhirnya berdampak pada persaingan harga dan pelayanan buat customer. Ngga apa-apa kan, toh ini semua juga akhirnya kembali pada rakyat kita sendiri.

kembali ke topik semula, yaitu ketakutan kita membuat blog berbahasa indonesia, yang sebenarnya tidak cukup relevan untuk saat ini. Mengapa saya katakan demikian? Melihat pertumbuhan bisnis ppc lokal yang cukup menjanjikan akhir-akhir ini, ini tentunya membuka peluang bagi kita untuk mendulang pundi-pundi dollar rupiah dari negeri sendiri. Hingga sang master adsense dari surabaya pun membuat tulisan berseri tentang apa dan bagaimana layanan ppc lokal itu bekerja. Tak cuma itu, CAN juga rencananya akan merilis paid review pertama di indonesia.

Sedang dari hasil wawancara salah satu blogger kita, Medhy Aginta, dengan blogger-blogger sukses mancanegara, rata-rata mereka mengamini bahwa tidak menutup kemungkinan seseorang bisa sukses dengan menggunakan media blog dalam bahasa mereka sendiri. Seperti dalam cuplikan dialog dibawah ini :

(T): Do you think non-English blogs have good prospect in the online business realm?
(Apakah menurut Anda blog-blog yang tidak berbahasa Inggris memiliki prospek yang bagus di dunia bisnis online?)
(J): For sure – in fact probably better due to reduced competition and a younger market. If I had a passion for a topic, I’d look at the English market, see who are the leaders, then replicate what they did in another language.
(Tentu – barangkali malah lebih bagus karena kompetisi yang masih longgar dan pasar yang baru bertumbuh. Jika saya punya minat besar mengenai sebuah topik, saya akan mengamati pasar berbahasa Inggris, melihat siapa pemimpinnya, dan kemudian meniru apa yang mereka lakukan dengan bahasa lain)

jadi tidak ada alasan lagi buat kita untuk takut ngeblog dengan menggunakan bahasa kita sendiri kan….

PS : jika ingin download secara lengkap e-book eksklusif dari mas medy, ikuti aja link ini…..

  1. cintai bahasa sendiri yah mas..:P (dalam hati english language saya jelek makanya saya pake bahasa indo) hehehe…

  2. EMang kenapa kalo berbahasa Indonesia. Semua itu dilihat dari pembaca, kalo emang maunya banyak orang Indo, ya pakai bahasa indo donk.

    Kalo emang motivasinya cari duit, ya berbahasa inggris aja.

  3. ya mudah2an ke depan nya google adsense support blog ber bahasa indonesia.. biar makin rame blogger yg pake bahasa indonesia buat caru duit online… 😀