Cara Mudah Mengganti Theme Blog WordPress

Cara mudah mengganti theme blog Wordpress » Cara Mudah Mengganti Theme Blog WordpressWordPress – Platform cms untuk blog ini memiliki sangat banyak theme yang dapat digunakan. Bagi yang belum mengetahui apakah theme itu? Theme merupakan kulit dari tampilan web blog Anda nantinya. Sangat mudah dipasang, mungkin yang sulit adalah membuatnya, karena Anda harus memahami dasar-dasar dari PHP dan bahkan mungkin harus mengerti tingkat advancenya juga untuk membuat sebuah theme yang bagus.

Theme WordPress yang bagus

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, seperti apakah theme WordPress yang dapat dikategorikan sebagai theme yang bagus? Theme yang bagus adalah theme yang memiliki SEO onpage yang bagus, navigasi mudah, dan satu lagi sesuai dengan update algoritma google terbaru, yaitu desain yang responsif, bisa otomatis menyesuaikan tampilan bila visitor mengakses melalui media smartphone. Intinya theme tersebut dapat bersahabat baik untuk search engine maupun untuk visitor. Karena keduanya sama-sama penting.

Cara mengganti theme dari blog WordPress:

Cara menggantinya cukup mudah kok, berikut ini cara-caranya, selamat mencoba.

  1. Login account WordPress Anda (back end)
  2. Masuklah menu appearance > themes
  3. Nanti di situ Anda akan ditampilkan sebuah halaman yang menunjukkan theme-theme yang sudah terinstall dan sudah siap digunakan. Untuk yang mendaftar di WordPress.com mungkin Anda harus membeli beberapa theme jika ingin theme yang premium.
  4. Selanjutnya, Anda dapat melihat preview dengan click tombol ‘Preview’ untuk melihat bagaimana tampilan blog WP Anda dengan template yang baru tersebut.
  5. Jika sudah dapat yang cocok, langsung saja click menu ‘Active’
  6. Selesailah

Sekarang Anda dapat melihat tampilan live dari blog WordPress Anda dengan kulitnya yang baru. Jika tidak berubah, itu mungkin karena Anda belum click Activate. Penyebab kedua adalah karena cache yang tersimpan pada browser Anda, oleh sebab itu, Anda dapat mengclick tombol F5 untuk refresh dengan cache terbaru. Dan, Anda akan dapat melihat perubahannya jika langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan semua dengan benar.

Tempat membeli theme WordPress

Jika Anda ingin theme yang bagus, maka Anda dapat menggunakan theme modifikasi atau theme buatan developer. Banyak juga developer asli Indonesia yang mampu membuat theme atau template WordPress yang bagus, bahkan ada juga theme yang dikhususkan untuk toko online. Selain itu, juga memiliki kecepatan loading yang mumpuni, tidak kalah dengan theme premium buatan developer Barat.

Beberapa forum juga ada yang membagi-bagikan theme premium dengan gratis, namun saya tidak menjamin mengenai masalah lisensi. Memang disarankan bagi Anda jika ingin menggunakan theme premium, menabunglah terlebih dahulu dan kemudian membeli yang asli, jangan menggunakan yang bajakan, karena hal tersebut akan merugikan developer dari theme WordPress tersebut. Anda tentu tahu bahwa untuk membuat satu theme WordPress premium membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Belum lagi, kecapekan pikiran dan badan dalam proses pembuatannya, oleh karena itu sebaiknya Anda menghargai hal tersebut.

Banyak juga website yang mengumpulkan developer para pembuat theme WordPress menjadi satu, dan kemudian menjual membership. Di mana, setelah Anda membeli membership dari mereka, biasanya dalam jangka waktu bulanan hingga tahunan, Anda dapat mendownload semua theme yang tertera di sana selama masa aktif member masih berlaku.

Sekian artikel tentang cara mudah mengganti theme blog WordPress, semoga bermanfaat. Selain artikel ini, masih ada sangat banyak sekali tutorial terkait WordPress yang perlu Anda pelajari untuk dapat sukses di dunia Blogosphere. Karena, WordPress selalu berkembang, begitu pula cara-cara dan teknik-tekniknya, pastikan Anda selalu terupdate dengan info-info terbaru dengan cara bookmark blog ini.