Ingin Mulai Bisnis? Coba 8 Usaha Kecil yang Menjanjikan Keuntungan Melimpah Ini!

Usaha Kecil yang Menjanjikan – Menurut badan pusat statistik nasional, persentase pengusaha di Indonesia masih berada di kisaran 1.02 persen dari total penduduk Indonesia. Angka ini tentu nya merupakan angka yang sangat kecil, mengingat di negara – negara maju, persentase pengusaha nya berada di kisaran 10 persen ke atas.

Salah satu alasan utama yang membuat masyarakat tidak begitu tertarik untuk terjun ke dunia bisnis adalah karena persoalan modal. Mayoritas di antara nya biasa nya akan berkata seperti ini: “Bisnis kan butuh modal yang besar. Belum lagi resiko dan ketidakpastian nya.”.

Pertanyaan nya? Apakah bisnis di era seperti sekarang ini masih membutuhkan banyak modal? Jawaban nya tidak!! Di era seperti sekarang ini, ada banyak sekali peluang usaha modal kecil yang bisa dijalankan. Terlebih, belakangan ini pemerintah dan BUMN juga banyak menjalankan program – program khusus (berupa bantuan dan kemudahan – kemudahan) untuk pengusaha kecil dan menengah.

Nah, bila Anda merasa tertarik untuk mulai menceburkan diri ke dunia bisnis, berikut merupakan beberapa peluang usaha kecil yang menjanjikan dan layak untuk Anda coba jalankan.

Beberapa Usaha Kecil yang Menjanjikan Keuntungan Besar

  1. Agen Properti

Sekedar informasi, rata – rata nilai komisi yang bisa didapatkan oleh seorang agen properti adalah sebesar 1 – 10 persen dari nilai produk properti yang berhasil terjual. So, jika seorang agen properti berhasil membukukan penjualan dengan nilai 1 milyar, maka ia akan mendapatkan komisi sekitar 10 hingga 100 juta rupiah.

Cukup besar bukan?

Padahal, kerja nya ndak begitu ribet. Bahkan jika Anda mau, Anda bisa menjadikan bisnis ini sebagai peluang usaha sampingan di sela – sela aktivitas harian Anda.

Bila Anda berminat untuk terjun menjadi seorang agen properti, ada dua cara yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan mencari produk properti sendiri (milik perorangan), atau dengan mendaftar menjadi tenaga pemasaran ke perusahaan marketing properti yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Modal nya? Cukup sediakan niat, tenaga, dan pulsa untuk internet (jika Anda ingin memasarkan properti di internet)

  1. Blogging

Peluang usaha kecil yang menjanjikan satu ini sampai saat ini masih belum banyak dikenali oleh masyarakat. Padahal potensi penghasilan yang bisa didapatkan dari bisnis ini tergolong sangat luar biasa.

Untuk Anda yang belum tahu, seorang pengelola blog yang sudah berhasil bisa meraup penghasilan mencapai ratusan juta atau bahkan milyaran rupiah per bulan nya. Namun untuk sampai ke tingkat tersebut tidak mudah, ada banyak rintangan yang perlu dilalui.

Pekerjaan seorang blogger pada dasar nya sangat sederhana, yaitu mencari tahu informasi / topik apa saja yang dibutuhkan oleh pengguna internet, membuat konten berisi informasi terlengkap, terbaik, dan terakurat mengenai topik tersebut, melakukan promosi dan optimisasi blog, serta menjalankan aktivitas monetisasi yang dirasa paling menguntungkan.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk ngeblog? Dalam proses belajar, Anda mungkin hanya perlu menyediakan waktu dan biaya internet. Sedangkan jika sudah serius, Anda mungkin membutuhkan biaya sekitar 1 – 3 juta rupiah untuk satu buah website blog yang sangat profesional.

  1. Youtuber

Usaha kecil yang menjanjikan selanjutnya pada dasar nya tidak beda jauh dengan usaha blogging, yaitu masih dalam cakupan penyediaan informasi. Beda nya, jenis informasi yang disajikan di bisnis ini bukan berupa tulisan, melainkan berupa video yang nanti nya akan di upload ke channel youtube.

  1. Jualan Online

Untuk Anda yang hobi dagang, peluang usaha kecil yang menjanjikan satu ini mungkin akan cocok untuk Anda.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, saat ini merupakan era nya internet dan teknologi. Nah, dagang pun saat ini sudah bisa dijalankan menggunakan internet. Bahkan potensi konsumen nya tergolong jauh lebih besar dibandingkan dengan jualan di dunia nyata.

Jika anda jualan di dunia nyata, maka kemungkinan besar konsumen Anda hanya lah orang – orang yang tinggal di sekitar toko tempat Anda berjualan bukan? Nah, jika Anda jualan online, maka konsumen Anda bisa datang dari negara dan wilayah mana saja yang terkoneksi dengan internet.

Tidak punya produk / tidak punya modal? Tenang, Anda bisa menggunakan sistem dropship. Di sistem ini, Anda akan bekerja sama dengan orang lain yang memiliki produk. Tugas Anda adalah mencari pembeli, dan tugas pemilik produk adalah menyediakan produk dan melakukan pengiriman ke konsumen.

Cukup mudah bukan?

  1. Ternak Kambing

Peluang usaha kecil yang menjanjikan satu ini bisa dijalankan dengan modal beberapa juta saja. Padahal, potensi keuntungan nya tergolong sangat besar.

Dalam satu tahun, satu ekor indukan kambing biasa nya akan berkembang biak sebanyak dua kali. Berarti dalam kurun waktu satu tahun, satu ekor indukan kambing akan menghasilkan dua ekor anakan. Belum lagi jika anakan yang dihasilkan setiap waktu kembang biak lebih dari satu (kambing bisa beranak 1 – 3 dalam satu kali proses kembang biak).

  1. Ternak Bebek

Sama seperti hal nya ternak kambing, usaha kecil yang menjanjikan satu ini cenderung lebih cocok untuk dijalankan oleh Anda yang tinggal di daerah pedesaan.

Dalam usaha ternak bebek, ada empat komoditi hasil yang bisa Anda dapatkan sebagai keuntungan. Ketiga komoditi tersebut adalah telur bebek, bebek pejantan siap potong, anakan bebek, dan bebek afkir siap potong.

Sekedar informasi, harga jual telur dan daging bebek sampai saat ini masih cenderung lebih mahal dari harga jual telur dan daging ayam broiler. Selain itu, ketersediaan nya juga relatif tidak sebanyak ketersediaan telur dan daging ayam broiler, sehingga peluang untuk memasuki usaha ini tergolong masih terbuka lebar.

  1. Bertani Cabai

Untuk Anda yang tinggal di pedesaan dimana masih tersedia cukup banyak lahan kosong, usaha kecil yang menjanjikan satu benar – benar sangat pas untuk Anda jalankan.

budidaya cabe sebagai usaha prospek bagus » Ingin Mulai Bisnis? Coba 8 Usaha Kecil yang Menjanjikan Keuntungan Melimpah Ini!

Seperti yang telah kita ketahui bersama, di waktu – waktu tertentu seperti hari raya dan tahun baru, komoditi cabai biasa nya akan mengalami kenaikan harga yang signifikan.

Nah, dengan menerapkan pola tanam yang baik, Anda dapat menanam cabe dengan target panen di waktu – waktu tersebut, sehingga harga jual cabe Anda bisa lebih tinggi dari harga jual normal.

Untuk urusan lahan, Anda dapat menyewa lahan milik orang lain yang sedang tidak dimanfaatkan. Saat ini biaya sewa lahan per hektar di daerah pedesaan berada di kisaran 1 – 3 juta rupiah per tahun.

  1. Bertani Vanili

Peluang usaha kecil yang menjanjikan berikutnya adalah usaha bertani vanili.

Saat ini harga komoditi vanili berada di kisaran 300 ribu sampai dengan 1 juta rupiah per kg (pasar ekspor). Dengan harga jual setinggi itu, Anda bisa meraup keuntungan yang besar hanya dari usaha bertani vanili.

Syarat nya, anda perlu mempelajari terlebih dahulu cara budidaya vanili yang benar. Disamping itu, sebelum menanam vanili, anda juga harus mencari pasar nya (agen ekspor impor komoditi pertanian) terlebih dahulu, mengingat komoditi vanili cenderung lebih banyak dipasarkan ke luar negeri.

Nah, itu lah beberapa peluang usaha kecil yang menjanjikan dan layak untuk Anda coba jalankan. Selamat berusaha dan semoga berhasil ya!

Comments are closed.