Ingin Penghasilan Tambahan? Coba 8 Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan Ini!

Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan – Percaya atau tidak, besaran inflasi yang terjadi setiap tahun nya cenderung tidak sebanding dengan besaran kenaikan gaji yang diberlakukan oleh mayoritas perusahaan.

Dampak nya, meski pun “di atas kertas” gaji selalu mengalami kenaikan setiap tahun, namun kehidupan karyawan tidak akan mengalami peningkatan berarti. Bahkan jika dihitung – hitung, kehidupan karyawan mungkin malah akan terasa lebih sulit, mengingat harga kebutuhan juga turut mengalami peningkatan dengan persentase yang lebih tinggi.

Untuk mengatasi hal tersebut, karyawan mau tidak mau harus putar otak mencari sumber pendapatan tambahan, termasuk salah satu nya dengan menjalankan peluang usaha sampingan untuk karyawan.

Nah, bila Anda saat ini sedang dalam proses pencarian ide usaha sampingan dengan modal kecil untuk dijalankan di sela – sela aktivitas kantor, berikut merupakan beberapa peluang bisnis sampingan modal kecil yang layak untuk Anda coba:

ide bisnis sampingan untuk karyawan » Ingin Penghasilan Tambahan? Coba 8 Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan Ini!

Ini Dia 8 Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan

  1. Jualan Pulsa Online

Banyak yang bilang begini: “Bisnis pulsa kan untung nya tipis.. Lagian yang jualan pulsa sekarang juga udah banyak..”

Untuk menyanggah kalimat di atas, mari kita berhitung..

Rata – rata penghasilan bersih yang bisa didapatkan oleh tukang pulsa untuk satu transaksi adalah sekitar 1500 rupiah. Jika per hari nya ada 20 transaksi, maka pendapatan bersih yang akan diterima adalah 30.000 rupiah. Jika per hari nya ada 100 transaksi, maka pendapatan bersih nya adalah 150.000 rupiah. Angka yang cukup besar bukan?

Pertanyaan nya, bagaimana kah cara mendapatkan konsumen sebanyak itu? Terlebih kalo usaha ini Cuma dijalankan sebagai usaha sampingan, dan jumlah penjual pulsa saat ini juga sudah sangat banyak..

Jawaban nya adalah dengan sistem online.

Dalam hal ini, Anda tidak akan menjual pulsa seperti apa yang dilakukan banyak penjual pulsa lain nya, namun dengan menggunakan website khusus untuk pengisian pulsa.

Semua nya serba otomatis, dan konsumen Anda pun tidak akan terbatas hanya dari orang – orang yang ada di sekitar Anda, melainkan bisa datang dari penjuru daerah mana saja yang terhubung ke internet.

  1. Jualan Aksesoris Handphone

Peluang usaha sampingan untuk karyawan yang ke dua adalah jualan aksesoris handphone.

Sekedar informasi, saat ini jumlah pengguna handphone di Indonesia sudah mencapai 60 persen dari total penduduk. Angka tersebut terus mengalami pertumbuhan setiap tahun nya dan tidak jarang pula orang yang memiliki dua atau tiga handphone sekaligus.

Dengan jumlah pengguna handphone yang sangat tinggi, maka sudah sepatutnya jika usaha jualan aksesoris handphone memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Terlebih jika Anda memasarkan nya secara online, baik itu melalui market place mau pun melalui media – media online lain nya.

  1. Produksi Makanan Ringan yang Kreatif

Peluang usaha sampingan untuk karyawan yang berikutnya adalah memproduksi makanan ringan.

Belakangan ini trend ngemil benar – benar sangat booming di kalangan kawula muda. Sebut saja dua merk cemilan ternama seperti keripik pisang Zanana dan keripik Mak Icih. Dua produk makanan ringan tersebut telah berhasil dipasarkan ke hampir seluruh penjuru wilayah Indonesia dengan angka omset mencapai ratusan juta rupiah.

Nah, berarti potensi nya cukup bagus dan peluang nya masih terbuka lebar bukan?

Maka dari itu, jika Anda memiliki ide makanan ringan yang unik, apa pun itu, mulai produksi makanan tersebut di sela – sela jam kantor harian Anda. Setelah produk nya sudah jadi, mulai pasarkan menggunakan jasa iklan di sosial media.

Jika produk yang Anda buat memang lezat dan menarik, dijamin produk tersebut akan laku keras di pasaran.

  1. Agen Properti

Peluang usaha sampingan untuk karyawan yang ke empat ini sangat pas untuk Anda yang jago melakukan negosiasi.

Dengan adanya internet, pekerjaan agen properti saat ini sudah bisa dijalankan paruh waktu. Dalam hal ini, Anda hanya perlu membuat penawaran produk properti di internet, entah itu di website pemasaran properti, di sosial media, atau pun di blog pribadi.

Syarat nya, Anda harus memiliki produk properti yang bisa dipasarkan dulu. Dan untuk memiliki nya, Anda tidak harus membeli nya, melainkan hanya perlu mendaftar sebagai tenaga pemasar di agen properti tertentu.

Atau jika Anda lebih suka bekerja sendiri, Anda bisa mencari produk properti milik perorangan yang hendak dijual, lalu menawarkan jasa Anda ke pada mereka.

  1. Jualan Kosmetik

Peluang usaha sampingan untuk karyawan yang berikutnya cenderung dikhususkan untuk kaum wanita.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, kosmetik saat ini merupakan produk yang tidak bisa lepas dari kaum wanita. Dari mulai lipstik sampai dengan pembersih wajah, semua nya sudah nyaris menjadi kebutuhan pokok kaum wanita.

Nah, jika kebutuhan produk kosmetik di kalangan wanita sudah seperti kebutuhan pokok, kenapa Anda tidak mengambil keuntungan dengan cara berjualan kosmetik di kantor?

Eits, tapi harus diingat ya.. Jualan nya harus menggunakan katalog, dan waktu menawarkan nya pun harus diatur dengan baik supaya bos Anda tidak komplain..

  1. Jualan Tas / Sepatu / Jam Tangan, dll

Selain kosmetik, ada banyak produk lain yang bisa Anda pasarkan di kantor. Beberapa di antara nya yaitu jam tangan, sepatu, tas, pakaian, dll.

Sebagai tips tambahan, agar peluang usaha sampingan untuk karyawan ini bisa berjalan dengan mulus, Anda harus memiliki strategi. Dalam hal ini, anda bisa menerapkan sistem angsuran atau sistem bayar waktu gajian.

Dengan begitu, harapan nya teman – teman Anda tidak akan merasa terlalu terbebani untuk membeli produk yang Anda jual.

  1. Agen Asuransi

Peluang usaha sampingan untuk karyawan yang berikutnya adalah menjadi agen asuransi.

Produk asuransi belakangan ini mulai ngetren di kalangan masyarakat Indonesia, terutama masyarakat kalangan menengah.

Nah, jika Anda bekerja di kantor yang cukup elit, Anda dapat menggunakan waktu luang Anda di kantor untuk dipakai menawarkan asuransi ke rekan kerja Anda.

Saat ini banyak kok perusahaan asuransi yang menerima sistem freelance. Selama produk asuransi yang Anda tawarkan merupakan produk asuransi yang bagus, dijamin produk tersebut akan laku terjual.

  1. Program Kursus Online

Peluang usaha sampingan untuk karyawan yang terakhir adalah membuka program kursus online.

Peluang usaha ini sangat pas untuk Anda yang berprofesi sebagai tenaga pengajar atau memiliki keahlian tertentu, seperti komputer basic atau pun programming.

Dalam praktek nya, Anda dapat menggunakan media berupa tulisan, gambar, mau pun video yang mana semua nya hanya bisa dinikmati dengan menggunakan akses berbayar.

Nah, itu lah beberapa peluang usaha sampingan untuk karyawan yang layak untuk Anda coba jalankan. Penting untuk diingat, meski pun usaha ini hanya usaha sampingan, namun untuk bisa sukses, Anda tetap harus menjalankannya dengan sungguh – sungguh. Selamat berbisnis dan semoga berhasil ya!

Comments are closed.