Ini 7 Alasan Kenapa Anda tidak Beli Franchise Makanan Murah Meriah untuk Bisnis Anda

Dewasa ini bisnis kuliner sudah bisa dijalankan dengan lebih mudah. Ya, berbeda dengan beberapa dekade yang lalu dimana bisnis kuliner hanya bisa dijalankan dengan cara mendirikan nya dari nol, saat ini bisnis kuliner sudah bisa dijalankan tanpa harus memulainya dari nol, yaitu dengan menggunakan franchise makanan murah meriah.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, saat ini ada banyak sekali pengusaha kuliner yang menawarkan layanan franchise untuk orang lain dengan harga yang bervariatif. Ada franchise yang dibanderoli dengan harga ratusan juta, ada franchise yang dibanderoli dengan harga puluhan juta, bahkan ada franchise yang dibanderoli dengan harga beberapa juta rupiah saja.

Pertanyaan nya, apakah semua franchise makanan murah meriah tersebut layak untuk dibeli? Apakah semua franchise tersebut memang berpotensi untuk mendatangkan keuntungan?

hati hati beli franchise makanan murah meriah 1024x682 » Ini 7 Alasan Kenapa Anda tidak Beli Franchise Makanan Murah Meriah untuk Bisnis Anda

Jawaban nya bisa ya dan bisa tidak. Namun begitu, kali ini kita akan membahas tentang alasan mengapa Anda sebaiknya tidak membeli franchise makanan murah meriah dan benar – benar harus selektif dalam memilih penyedia franchise. Langsung saja, berikut penjelasan lengkapnya:

Kenapa Anda Sebaiknya Tidak Membeli Franchise Makanan Murah Meriah?

  1. Franchise Murah Meriah Biasanya Belum Banyak Dikenal

Jika melihat biaya franchise yang ditawarkan oleh para penyedia atau franchisor makanan murah meriah, Anda kemungkinan besar akan tertarik. Bagaimana tidak, hanya dengan menyediakan biaya beberapa juta rupiah saja, Anda sudah bisa membuka usaha dengan brand yang “katanya” sudah dikenal oleh masyarakat.

Sayang nya, tidak semua brand lawas sudah dikenal oleh masyarakat. Di beberapa kota atau pun daerah tertentu, brand tersebut mungkin memang sudah banyak dikenal oleh masyarakat, namun apakah brand tersebut sudah dikenal di kota Anda? Jika masih belum dikenal, tentu nya akan menjadi sia – sia bukan jika Anda membeli franchise mereka? Atau siapkah Anda untuk menyisihkan anggaran untuk biaya promosi?

Nah, maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah franchise berharga murah meriah, ada baiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu tentang kepopuleran nama brand mereka di sekitar tempat tinggal Anda.

  1. Sistem Kerja Masih Belum Optimal

Perlu diketahui, belakangan ini ada banyak sekali penyedia franchise makanan murah meriah yang sangat tidak kompeten. Banyak diantara penyedia franchise yang sebenarnya tidak menguasai bidang bisnis yang mereka franchise-kan namun memaksakan diri untuk terjun ke bisnis franchise untuk mendapatkan keuntungan yang mudah dari para mitra mereka.

Jika Anda membeli franchise yang seperti ini, sudah bisa dipastikan bisnis kuliner Anda akan mengalami banyak permasalahan.

Nah, maka dari itu, sebelum memilih penyedia franchise, Anda kami sarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu bagaimana sistem kerja franchise tersebut dengan cara menghubungi pengguna franchise yang terdahulu.

Jika ternyata sistem kerja nya tidak bagus / tidak optimal, Anda sebaiknya tidak membeli franchise tersebut dan lebih baik memilih franchise lain atau bahkan mendirikan usaha Anda sendiri dari nol tanpa membeli franchise sama sekali.

  1. Tidak Cocok untuk Jangka Panjang

Normal nya, salah satu alasan pebisnis membeli franchise dari pebisnis lain nya adalah agar bisnis mereka bisa lebih cepat untung. Jika franchise yang dibeli memang benar – benar bagus, dalam kurun waktu singkat, mungkin bisnis mereka memang benar – benar akan lebih cepat mendapatkan keuntungan.

Sayang nya, meski pun Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan cepat, dalam jangka panjang Anda akan mendapatkan banyak kerugian, seperti menjadi ketergantungan kepada pemilik franchise, tidak memiliki brand sendiri, harus membayar royalti kepada pemilik franchise, dan lain – lain.

  1. Anda hanya Mengembangkan Brand Milik Orang Lain

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda membeli franchise makanan murah meriah milik orang lain adalah Anda dapat menggunakan brand yang sudah terkenal sehingga secara tidak langsung bisnis Anda pun pada akhirnya menjadi lebih mudah dikenal oleh masyarakat.

Sayang nya, semaju dan sesukses apa pun bisnis Anda nanti nya, selama Anda masih menggunakan brand miliki orang lain dengan sistem franchise, maka selama itu lah bisnis Anda hanya mengembangkan brand milik orang lain. Jika makanan yang Anda jual terasa enak, pelayanan yang Anda berikan bagus, dan harga yang Anda tawarkan terjangkau, maka yang naik citra nya adalah brand milik orang lain, bukan brand milik anda sendiri.

  1. Biaya Franchise Harus Dibayar Secara Rutin

Seperti yang telah kita ketahui, untuk bisa menggunakan brand milik orang lain, Anda harus membayar biaya franchise kepada sang empunya brand tersebut. Dampak nya, selama usaha Anda masih mengandalkan brand franchise makanan murah meriah milik orang lain, maka selama itu lah Anda harus membayar biaya franchise secara rutin.

Tidak hanya itu, beberapa penyedia franchise bahkan ada yang menetapkan biaya royalti atas resep masakan milik mereka. Dalam kasus seperti ini, biasanya pihak mitra franchise diwajibkan untuk membayar biaya royalti yang angka nya akan disesuaikan dengan angka penjualan.

Bagaimana? Apakah Anda rela berbagi keuntungan dengan pemilik franchise?

  1. Dampak Negatif Penggunaan Brand Franchise

Dengan membeli franchise makanan murah meriah, maka Anda setuju untuk menggunakan brand franchise tersebut bersama – sama dengan para mitra franchise yang lain nya.

Jika nanti nya para mitra franchise yang sama dengan Anda berhasil meningkatkan citra brand franchise yang digunakan, maka secara tidak langsung, citra usaha Anda pun akan meningkat, sebaliknya jika nanti nya para mitra franchise yang sama – sama menggunakan brand franchise dengan Anda melakukan tindakan yang merusak citra brand yang Anda gunakan, maka secara tidak langsung citra usaha / bisnis Anda pun akan ikut tercoreng.

Contohnya, jika salah satu pengguna waralaba K*C terbukti menggunakan bahan bumbu yang tidak halal, maka dampak nya semua pengguna waralaba K*F yang ada di seluruh dunia pun akan dicap menggunakan bahan bumbu yang tidak halal. Padahal kenyataan nya penggunaan bumbu tidak halal tersebut hanya dilakukan oleh satu gerai saja.

Jadi bagaimana? Apakah Anda siap untuk menanggung dampak negatif yang berasal dari perbuatan orang / perusahaan lain?

  1. Anda Tidak Memiliki Kuasa Penuh Atas Bisnis Anda

Terakhir, jika Anda membeli franchise makanan murah meriah milik orang lain, maka seluruh rangkaian bisnis Anda harus mengikuti aturan dan SOP yang dimiliki oleh franchise tersebut. Di satu sisi, mungkin hal ini merupakan hal positif karena nanti nya Anda tidak perlu repot – repot mempersiapkan SOP sendiri. Namun di sisi lain nya, hal ini akan menjadi hal negatif karena selama Anda masih menggunakan franchise mereka, maka selama itu lah Anda tidak memiliki kuasa penuh atas bisnis yang Anda jalankan.

Nah, itu lah 7 alasan mengapa Anda sebaiknya tidak memilih bisnis franchise makanan murah meriah untuk bisnis Anda. Jadi bagaimana? Apakah Anda masih tertarik untuk menjalankan bisnis franchise makanan dengan harga terjangkau namun tidak qualified? Atau Anda lebih memilih franchise yang mahal namun benar – benar qualified?

Comments are closed.