Ini Dia 13 Ide Bisnis Ramadhan, Nomor 10 Menjadi Trend Baru!

Ramadhan adalah bulan penuh hikmah barokah. Tidak saja bagi umat Islam itu sendiri, tapi untuk keseluruhan umat di dunia. Termasuk dalam bidang bisnis.

Bisnis di bulan Ramadhan diyakini dapat meraih untung lebih banyak dari hari-hari biasa. Sebab konsumen cenderung meningkat tajam membelanjakan uangnya. Dan bagi para pebisnis, kesempatan pasti akan dimanfaatkan sebaik mungkin.

Untuk Anda yang berkeinginan membuka usaha menjelang Ramadhan dan Hari Raya, di bawah ini ada 13 ide bisnis yang barangkali dapat menginspirasi. Beberapa bahkan sudah eksis tanpa memerhatikan itu semua.

13 Ide Bisnis Ramadhan Nomer 10 Menjadi Trend Baru » Ini Dia 13 Ide Bisnis Ramadhan, Nomor 10 Menjadi Trend Baru!

  1. Kuliner

Bisnis kuliner selalu menggiurkan bagi siapa saja. Tergolong kebutuhan utama manusia dalam mempertahankan hidup. Oleh sebab itu tak pernah ada matinya, karena memang mudah dikerjakan oleh siapa saja. Dari makanan minuman, yang digelar sendiri maupun sistem dititipkan, selalu laris diburu pembeli. Aneka kudapan menjelang berbuka puasa, kue-kue kering dan camilan mendekati lebaran.

  1. Sembako

Sembako merupakan kebutuhan primer manusia. Pemenuhan bahan baku kue dan kuliner lain seperti beras, gula, tepung, minyak goreng dan lain sebagainya, mengalami permintaan berkali-kali lipat saat bulan puasa. Walaupun keuntungan yang dipatok tidak bisa besar, mereka yang sudah menekuni bisnis ini akan mengalami pelonjakan pemasukan.

  1. Fashion

Fashion tidak hanya meliputi tentang busana, meskipun yang paling laku memang produk tersebut. Benda-benda lain seperti sandal, sepatu, jam tangan, ikat pinggang, dan aneka assesories lain juga sama laku. Cara berjualannyapun beraneka ide, ada yang dijual di pinggir-pinggir jalan seperti kaki lima, pasar dan toko, dari kelas sederhana hingga kelas elite. Sama seperti kue dan camilan lebaran, dunia digital, dipilih mereka untuk  mengembangkan bisnis.

  1. Jasa Pengiriman

Jasa pengiriman seperti TIKI, JNE dan kantor pos, juga termasuk jenis bisnis yang ikutan mendulang sukses. Terjadi peningkatan karena para pebisnis online menggunakan jasanya. Kebanjiran order pesanan pengiriman sama larisnya.

  1. Bisnis Tempat Berjualan

Tak dapat dipungkiri ide bisnis menjelang Ramadhan memang selalu bermunculan yang baru-baru. Dan bisnis tempat berjualan atau lapak adalah salah satunya. Ini memang bisnis musiman dan biasanya terjadi pada saat keadaan terentu saja, misalnya menjelang puasa Ramadhan dan hari raya. Bagi mereka yang mempunyai rumah, atau bangunan di kawasan strategis berjualan misalnya di area-area publik, kebetulan pula tidak menyukai bisnis. Tak mau merugi, lebih memilih menyewakan tempat-tempat itu pada para penjual makanan, minuman, baju-baju lebaran dan lain sebagainya.

  1. Plastik Kemasan

Siapa bilang ide satu ini juga tak menggiurkan sama seperti yang lain. Apakah makanan minuman atau baju yang Anda beli, akan dibawa pulang tanpa kemasan? Pasti tidak bukan? Mereka para pedagang itu, tentu membungkusnya dengan plastik kemasan khusus, yang tidak sama antara plastik untuk makanan dan pakaian. Bisnis plastik itulah yang pada akhirnya akan bersanding dengan bisnis lain, meraup untung disaat bulan puasa dan menjelang momen lebaran.

  1. Tranportasi

Transportasi atau perhubungan juga menjadi salah satunya bisnis yang tak mau ketinggalan ikut eksis. Dapat diperhatikan bagaimana para penumpang bus kota antar kota antar propinsi antre. Dan tak jarang mereka juga menjadi korban penipuan. Pesawat, kapal laut dan kereta api ramai dengan orang yang hendak pulang kampung.

  1. Umroh

Bagi mereka yang mempunyai rejeki bagus saat momen puasa, banyak yang memutuskan ingin beribadah  waktu puasa dan merayakan hari raya di tanah suci, dengan melakukan ibadah umroh bersama kelurga tercinta. Momen tersebut juga kemudian banyak digunakan oleh para pemilik jasa travel kebanjiran layanan.

  1. Otomotif

Meskipun ini terdengar mewah dan hanya kalangan tertentu segmen pasarnya, namun faktanya bisnis tersebut bisa mendulang laba berlebih. Tidak hanya dalam urusan penjualan, bidang reparasi seperti bengkel, juga ikutan didatangi konsumen. Dari jual beli mobil dan motor, baru atau bekas, suku cadang, sparepart hingga aksesoris tetap laris diserbu orang.

  1. Naskah

Berbahagialah para penulis yang menggeluti dunia literasi, sebab sepertinya tahun ini adalah tahun kejayaan mereka semua. Banyak media baik online maupun cetak membutuhkan naskah bertema puasa dan lebaran. Tentu itu dapat menghasilkan pendapatan berlebih, bagi para penulis konten bukan? Mereka juga menjadi orang yang turut merasakan berkah Ramadhan.

  1. Ponsel

Merupakan alat komunikasi yang keberadaannya selalu bersaing ketat dengan urusan perut. Anda bisa melihat orang-orang di sekililing yang memiliki gaya hidup borjuis. Setiap saat pasti selalu mengganti ponsel dengan keluaran terbaru. Terutama pada saat menerima gaji dan THR menjelang lebaran. Banyak di antara mereka menggunakan sebagian besar gajinya untuk membeli atau bahkan mengubah ponsel baru.

  1. Pulsa

Sama seperti gadged mereka adalah pasangan sejatinya. Seperti makan dan minum, lihatlah banyak yang kecanduan. Bila beberapa menit tidak memegang ponsel dan berbalas pesan dengan teman. Atau sekadar berselancar mencari informasi, atau memang pekerjaan mereka berkaitan erat dengan gadged.

  1. ART

Asisten Rumah Tangga atau ART juga termasuk yang ikut panen rejeki. Meskipun jasa mereka disewa hanya sementara menggantikan asisten utama, yang sedang ijin pulang kampung dari tuannya. Tetap saja bisnis tersebut ada, walaupuan musiman saja.

Ramadhan selalu memberikan kebaikan dan rejeki bagi semua orang. Apakah ide-ide bisnis usaha di bulan Ramadahan di atas dijalani orang yang beragama Islam yang boleh menekuni? Tentu tidak bukan?

Sebab bisnis itu universal! Yang mengerjakannya pun semua mahkluk Tuhan. Guna mempertahankan kehidupan, mereka tetap senang dan bahagia melakukan bisnis.

Comments are closed.