Inilah Ragam Peluang Bisnis yang sangat Sesuai untuk Guru

Guru merupakan pahlawan yang berjasa mencerdaskan anak bangsa. Bahkan, posisi guru lebih tinggi diatas super hero dan avengers karena jasa dan pengorbanannya yang sangat besar dalam mendidik generasi penerus bangsa. Sayangnya, gaji guru di Indonesia masih sangat minim untuk menghidupi keluarga mereka.

Maka dari itu, para guru sebaiknya mencari alternatif peluang bisnis untuk menambah pemasukan diluar gaji dari sekolah. Namun, apakah ada bisnis yang cocok untuk profesi guru ? pasti ada dong, mari kita simak informasi peluang bisnis yang sangat sesuai untuk guru berikut ini :

Bisnis Les Private

Sebagai guru tentunya memiliki keahlian pada mata pelajaran tertentu seperti matematika, fisika, kimia, Bahasa inggris, dan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk menghasilkan uang yaitu dengan cara membuka les privat.

alternatif peluang usaha sampingan untuk guru atau tenaga pendidik 1024x682 » Inilah Ragam Peluang Bisnis yang sangat Sesuai untuk Guru

Enaknya bisnis ini, kamu tidak perlu menyewa tempat karena setiap les privat pasti dilakukan di rumah siswa yang diajarkan. Sebelum mendapatkan siswa tentunya kamu harus melakukan promosi terlebih dahulu seperti membuat brosur, menggunakan website atau blog dan juga memanfaatkan social media. Dengan begitu les private milikmu akan dikenal banyak orang dengan cepat sehingga potensi siswa yang mendaftar juga semakin besar.

Jual Beli Ebook Online

Jika kamu terlalu berat membagi waktu untuk mengajar les private mungkin bisa mencoba bisnis jual beli ebook online. Kamu bisa membuat ebook yang membahas seputar bidang atau pelajaran yang menjadi keahlianmu, buatlah headline yang menarik supaya ebookmu dilirik banyak orang.

Misalkan, membuat ebook “Menguasai Rumus Matematika Dalam Hitungan Menit” atau bisa juga ebook programming dengan judul “Jago Membuat Website dalam 30 Hari”.

Menjadi Youtuber Pendidikan

Belakangan ini profesi menjadi seorang youtuber tengah diminati banyak orang dari berbagai kalangan, karena selain sebagai ajang ekspresi diri juga bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Nah, para guru juga layak bahkan wajib menjadi youtuber khusus di bidang pendidikan.

Kenapa Kami bilang wajib ? karena masih sangat jarang youtuber yang membuat konten seputar cara efektif dalam memahami pelajaran sekolah.

Nah, buat kamu para guru, buatlah konten video yang berisi pembahasan pelajaran dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Kalau bisa, kamu buat video tutorial pembelajaran yang cepat dan jarang diajarkan disekolah.

Setelah viewer dan subscriber youtube kamu jumlahnya banyak, kamu bisa mendaftar di Google Adsense. Kamu akan diberikan kode iklan untuk dipasang di dalam video milikmu, nantinya kamu akan mendapatkan bayaran ketika ada penonton youtube yang membuka video kamu dan melakukan klik iklan di dalam video tersebut.

Jasa Translate

Jika kamu memiliki keahlian lebih dibidang bahasa asing (Inggris, Mandarin, Jerman, dll) maka kamu bisa buka jasa terjemah atau translate. Bentuk jasa translate ini bisa untuk terjemah dalam bentuk artikel dan juga bisa terjemah dalam bentuk video.

Promosikan jasa translate milikmu melalui media online seperti social media, website, forum online, situs jual beli dan juga melalui media offline seperti iklan baris Koran, brosur, spanduk dan stiker.

Semua jenis bisnis diatas merupakan peluang bisnis yang sangat sesuai untuk guru yang ternyata bisa dijalankan dengan modal yang minim loh. Selain itu, semua bisnis tersebut tidak membutuhkan banyak peralatan dan juga persyaratan, sangat mudah dan menjanjikan.

Comments are closed.