Jangan sampai Karyawan kurang Percaya Diri! Ini Cara Memotivasi yang Tepat

Cara memotivasi karyawan agar karyawan menjadi lebih percaya diri itu penting. Dapat dikatakan jika karyawan di perusahaan Anda merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam perkembangan bisnis. Apabila Anda memiliki tim yang sudah termotivasi maka dapat dipastikan jika mereka akan bekerja dengan baik dan sepenuh hati, hasil yang didapat pun akan memuaskan.

Contohnya pelaksana tugas dan tanggung jawab karyawan akan menjadi lebih mudah, karyawan akan merasa senang menyelesaikan pekerjaan mereka, dan yang terpenting mereka akan menjadi lebih dinamis. Yang harus Anda lakukan adalah mencari cara bagaimana memotivasi mereka (Tim) supaya berhasil. Jadilah pemimpin yang pengertian dan tangguh! Di mana Anda harus dapat memberikan perhatian pada karyawan secara individual serta mengakui karyawan menjadi sebuah tim yang solid.

Tanggung jawab manajer

Sebagai seorang manajer, mempunyai tanggung jawab untuk menjaga motivasi karyawan yang di bawahnya. Agar para karyawan dapat menghadapi semua tantangan, contohnya menggapai target penjualan, menguasai pangsa pasar baru, dan mengetahui situasi pasar dengan lebih baik.

cara memotivasi karyawan agar percaya diri 1024x682 » Jangan sampai Karyawan kurang Percaya Diri! Ini Cara Memotivasi yang Tepat

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana memotivasi mereka?

Cara menginspirasi dan memotivasi karyawan

  1. Menciptakan target yang realistis

Target yang bisa digapai akan membuat karyawan menjadi lebih semangat dan optimis. Karena itu dalam menentukan target tim, maka sebelumnya Anda harus mengenali kapasitas dari tim atau karyawan Anda. Pastikan target yang dibuat harus benar-benar sanggup dicapai oleh tim.

Tetapi jangan lupa, dalam membuat target untuk tim, Anda harus memiliki sebuah ambisi. Namun jangan terlalu berlebihan, karena nanti target yang dibuat tidak lagi realistis, bukannya tercapai justru membuat karyawan menjadi ogah-ogahan. Intinya jangan membuat karyawan Anda patah semangat hanya karena pembuatan target yang salah.

Boleh juga membuat target-target dengan jangkauan yang lebih kecil. Di mana ini termasuk salah satu cara yang efektif dan dianjurkan untuk meningkatkan persentase keberhasilan karyawan dalam mencapainya.

  1. Pastikan anggota tim bekerjasama dengan baik dan tidak saling sikut

Untuk melakukan ini tugas Anda sebagai seorang manajer atau pemilik perusahaan untuk menyusun sebuah rencana kerja yang mengharuskan tim untuk bekerjasama dalam menyelesaikannya. Dengan begitu baik mereka mau ataupun tidak mau, tetap harus bekerja sama karena tuntutan pekerjaan. Tetapi jika Anda membiasakan pola kerja yang membutuhkan kerja sama seperti ini terus menerus, maka lama kelamaan kerjasama di dalam tim akan menjadi kebiasaan dan bukan hal yang baru lagi.

Kerjasama dalam tim dapat meningkatkan persentase keberhasilan tim tersebut dalam mencapai target. Persaingan pun akan menjadi lebih sehat. Dan antar karyawan akan saling mendukung, sehingga lingkungan kerja yang kondusif juga akan tercipta. Dengan kata lain banyak efek positif yang akan dirasakan oleh perusahaan dengan menciptakan kerjasama tim ini.

  1. Persaingan sehat

Persaingan antar karyawan memang bagus, tetapi dalam tanda kutip. Bukan persaingan yang tidak sehat. Untuk persaingan kecil bisa dengan memberikan penghargaan yang nyata, contohnya penghargaan karyawan teladan. Selain itu juga bisa dengan mengajak karyawan makan siang gratis, karena melakukan ini akan membuat karyawan merasa gembira, sebab sudah dapat bekerja seoptimal mungkin.

Anda harus ingat bahwa cara memanajemen tim yang benar maka hasil kerja pun akan menjadi lebih baik. Jadi kesalahan atau tidak tercapainya target mungkin saja karena cara manajemen yang salah.

Sekian artikel mengenai cara meningkatkan rasa percaya diri karyawan dan memotivasi mereka, semoga bermanfaat.

Comments are closed.