Mau Jualan di Instagram? Berikut Strategi Sukses Berbisnis di Instagram

Siapa coba yang tidak tahu instagram? Salah satu aplikasi ini pastinya selalu hadir di setiap gadget semua orang. Instagram sudah menjadi trend tersendiri khususnya bagi muda-mudi untuk menyalurkan ekspresi dan gaya hidupnya dengan berfoto eksis.

Bahkan rasanya hampir semua orang sudah memiliki akun instagram, entah itu untuk keperluan eksistensi diri atau dimanfaatkan sebagai ladang berbisnis. Yaps, sekarang ini instagram turut menjadi sasaran bagi netizen sebagai eksplor penghasilan tambahan.

Tentu saja karena fiturnya yang menarik dan cocok banget untuk share foto dan video serta jumlah pengguna yang besar inilah membuat para entrepreneur kreatif memanfaatkan kesempatan ini untuk memperluas bisnis mereka.

Tahukah kamu? Sudah banyak sekali masyarakat yang sukses mendirikan brand besarnya sendiri berkat instagram, baik itu menawarkan barang maupun jasa. Bagaimana? Apa anda tertarik untuk mencoba menggeluti bisnis online via instagram?

Oleh karena itu kamu wajib tahu apa saja yang harus kamu lakukan untuk mendirikan toko online di instagram

Meskipun saat ini pesaing shop online di instagram sudah banyak banget tapi bukan berarti mustahil untuk bisa sukses menjadi owner shop. Dengan usaha keras yang konsisten dan terus belajar dari pengalaman pasti akan membuahkan hasil.

tips sukses jualan via instagram 1024x576 » Mau Jualan di Instagram? Berikut Strategi Sukses Berbisnis di Instagram

Kesuksesan akan datang bagi orang yang mau berjuang dengan senang hati. Jadi, yuk langsung saja berikut adalah tips dan trik jitu berjualan di instagram.

  1. Nama brand

Usahakan untuk bisa memikirkan nama brand atau shop onlinemu semenarik mungkin. Tentu saja sebagai ciri khas dan daya tarik pelanggan. Meskipun unik, buatlah nama merk yang mudah diingat dan tidak mengambil nama yang rumit dan muluk-muluk. Hal ini supaya pengguna lain bisa dengan mudah mencari shop kamu.

  1. Keterangan shop

Untuk menggaet kepercayaan pengunjung, masukkan informasi sedetail mungkin terkait shopmu. Tetap, rangkai informasi mengenai shop kamu dengan kata-kata menarik dan tidak muluk-muluk juga. Singkat, padat, dan jelas, semua info yang dibutuhkan pengunjung instagram tersedia pada akun tersebut. Dimulai dari lokasi kamu, keterangan barang yang dijual, akun medsos, kontak nomor atau apapun yag bisa dihubungi, dan masih banyak lagi.

  1. Koneksikan akun instagram kamu ke media sosial shopmu yang lain

Semakin banyak medsos yang dimiliki shop semakin baik, atau milikilah setidaknya Line, WA, dan Facebook, setidaknya bila kamu belum yakin bisa menghandle semuanya. Namun, tentu saja pelayanan medsos saat ini juga sudah menyesuaikan agar semua akun di berbagai media sosial berbeda dapat saling tersambung satu sama lain. Tentu saja ini akan mempermudah kamu sebagai owner shop online. Mengapa harus punya koneksi medsos yang lengkap? Supaya promosi pada produk anda semakin efektif lagi, mengajak orang-orang yang tidak mempunyai salah satu medsos untuk berkunjung ke online shop via medsos lain, dan untuk membuktikan tingkat profesionalitas dan kredibilitas shop online mu.

  1. Desain dan penataan foto

Nah ini bisa dibilang paling utama nih. Tidak peduli apapun jenis barangmu dan seberapa potensialnya produk yang ditawarkan, bila foto yang di post tidak menarik, hasinya zero. Dari perspektif diri sendiri saja, misalkan, tentu kamu lebih senang dengan shop yang memberikan post foto produknya yang diedit sedemikian rupa, kamera terbaik, posisi angle terbaik, dll, meskipun produk yang dijual tidak begitu populer, dibandingkan dengan produk hits tapi post foto memakai kamera dan penerangan seadanya. Disamping karena alasan artistik, memberikan kualitas foto yang worth it juga dapat jadi tolak ukur kepercayaan dan kredibilitas shop kamu. Jadi, jangan anggap remeh dengan post foto ini.

  1. Gunakan hashtag yang tepat sasaran

Rupanya masih banyak para owner shop pemula yang meremehkan kedasyatan dari penggunaan hashtag ini. Biasanya sih faktor utamanya karena caption serasa kurang indah bila ada hashtag didalamnya, bahkan banyak yang beramsumsi bahwa hashtag ini seperti orang 4l4y.

Padahal hal tersebut sama sekali tidak benar. Banyak sekali shop yang tanpa promosi secara offline atau endorse sana-sini pun bisa populer dan sukses berkat kekuatan hashtag ini. Hal yang perlu diperhatikan adalah bila kamu bisa memasukkan secara tepat hashtag tersebut sesuai dengan produk yang dijual dan di sisi lain, yang orang cari.

Misalnya, kamu menjual sepatu bayi maka kamu bisa bikin hashtag #sepatubayi, #sepatu, dll. Cari peluang dan perkirakan hashtag manakah yang paling digunakan pengguna untuk ditelusuri, jadi kamu bisa memasukkan beberapa hashtag, selama tidak berlebihan.

  1. Pelayanan terbaik terhadap pelanggan

Nah, point ini pun tak kalah pentingnya dengan kualitas post. Shop yang baik adalah yang selalu memberikan pelayanan yang cepat dan nyaman bagi customer. Kecepatan waktu pembalasan chat adalah yang paling utama. Jadi kamu harus membiasakan diri agar gadget selalu berada di sekitarmu. Pastikan bahwa notifikasinya bisa langsung diketahui oleh kamu, bahkan buat owner shop pemula yang baru buka sekalipun. Bila ada yang bertanya sekalipun hanya, “jual apa ya kak?” maka balaslah dengan sopan dan ramah, beri jawaban sesuai yang dibutuhkan customer.

  1. Post bukti pengiriman dan jual beli tokomu

Hal ini supaya pelanggan bisa memastikan bahwa tokomu itu benar-benar terpercaya dan bukan penipu. Kirimlah secara rutin (tidak perlu sering-sering amat) bukti transaksi, pengiriman barang, pertemuan kamu dengan pembeli, screenshot pesan, ke instagram dan media sosial lainnya.Selain memberikan kepercayaan kepada konsumen, post berbagai transaksi di shopmu sendiri bisa menjadi daya semangat dan motivasi tersendiri kalau bisnismu ini terus maju.

  1. Lirik pesaing yang lain

Maksudnya lirik disini adalah coba kamu sesekali mencari inspirasi dari owner shop lain yang lebih sukses, agar kamu menjadi seperti mereka, bahkan melampauinya. Cari tahu bagaimana cara mereka berbisnis, apa saja yang harus dilakukan dan dihindari, cara promosi, dan strateginya. Atau mungkin kamu memang punya kerabat atau teman dekat yang memiliki karir yang sama, nah bisa jadi sarana buat tanya-tanya dan sharing informasi nih terkait pengalaman masing-masing dari bisnis online tersebut.

  1. Update secara teratur

Selain harus update foto dengan kualitas terbaik, juga harus sering-sering juga update, tapi jangan keseringan juga. Jangan sampai dalam sehari kamu posting foto secara berturut-turut, misalkan kamu baru post 1, terus belum juga semenit sudah posting lagi. Percayalah hal ini sangat mengganggu followers yang lain, coba bayangkan saja di beranda mereka isinya berturut-turut postingan shopmu semua. Bakal rentan unfollow loh. Cukup update seperlunya saja, teratur, dan konsisten. Ah! Satu tambahan lagi, usahakan saat update foto itu saat waktu yang strategis, bila misalnya ada 1 hari kamu tidak sempet posting foto seperti biasanya, jangan maksain post pas tengah malem juga. Siapa yang cek? Updatelah saat waktu dimana mereka mendapat kesempatan yang tepat untuk menghibur diri untuk cek sosmed.

  1. PP, endorse, dan pasang iklan

Nih, kalau misalnya bisnis mu sudah berkembang dan ada hasil, atau udah ada cukup duit buat nyewa akun instagram dengan followers banyak, bisa juga andalkan endorse mereka. Biasanya pengorbanan ini paling efektif untuk nambahin followers dan tambah pelanggan baru.

Comments are closed.