Tips Sukses Jualan Online di Instagram Dengan Omzet Jutaan Rupiah

Zaman sekarang memang eranya bisnis jual beli online. Semakin banyak orang memilih membeli barang secara online karena dirasa jauh lebih praktis dibandingkan membelinya secara langsung di toko.

Kebanyakan orang memang melakukan jual beli online di market place. Namun ternyata, kegiatan jual beli online tidak hanya bisa dilakukan melalui market place khusus saja seperti Tokopedia, Bukalapak, maupun Shopee.

Jualan online di Instagram juga cukup menjanjikan. Buktinya sampai saat ini ada banyak sekali toko online menggunakan Instagram sebagai media pemasarannya. Anda juga tertarik untuk mencoba jualan online di Instagram? Masih bingung apa yang harus anda lakukan untuk bisa sukses jualan online di Instagram? Yuk pelajari tips-tips sukses jualan barang maupun jasa secara online melalui Instagram di artikel ini.

5 Tips Sederhana Jualan Online di Instagram yang Terbukti Efektif Tingkatkan Omzet

Jika anda ingin mulai jualan online di Instagram, pastinya anda sudah harus memiliki akun Instagram yang sudah cukup banyak followernya. Jika anda belum memiliki akunnya, anda bisa pelajari lebih lanjut terlebih dahulu mengenai bagaimana cara membuat akun dan bagaimana mendapatkan banyak follower.

Bagi anda yang sudah memiliki akun Instagram dengan cukup banyak follower, anda sudah bisa mulai mempratekkan beberapa tips sederhana jualan online di Instagram berikut ini:

  1. Perbanyak jumlah produk yang anda jual

Salah satu cara meningkatkan omset jualan online di Instagram adalah dengan menambah jumlah produk yang anda jual.

Untuk menambah produk yang anda jual, anda tidak harus menyediakan stok terlebih dahulu. Jika modal anda masih belum begitu besar, anda bisa menambah produk dengan menggunakan sistem dropship.

Tips Sukses Jualan Online di Instagram Dengan Omset Jutaan Rupiah 1024x768 » Tips Sukses Jualan Online di Instagram Dengan Omzet Jutaan Rupiah

Semakin banyak produk yang anda jual di Instagram, maka kemungkinan meningkatnya jumlah pembeli juga akan semakin besar.

  1. Pajang deretan testimoni dari konsumen anda

Kelemahan jualan online di Instagram dibandingkan dengan di market place adalah anda harus membangun kepercayaan pembeli terhadap anda.

Membangun kepercayaan pembeli memang membutuhkan waktu, namun bukan berarti hal tersebut sulit untuk dilakukan.

Bagi anda yang ingin meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap anda, sebaiknya mulailah rutin menunjukkan testimoni dari orang-orang yang sudah membeli produk yang anda jual.

Sebisa mungkin, selalu minta testimoni dari setiap orang yang sudah membeli dan juga menerima produk yang anda jual. Kenapa? Karena testimoni dari konsumen adalah salah satu aset terpenting dalam bisnis jual beli online.

  1. Selalu ada untuk konsumen

Bagi anda yang ingin mulai jualan online di Instagram, sebaiknya anda juga harus selalu siap membalas pertanyaan dari calon konsumen. Jangan sampai anda terlambat atau bahkan cuek terhadap pertanyaan dari calon konsumen.

Calon konsumen yang mengajukan pertanyaan berarti memiliki ketertarikan terhadap produk yang anda tawarkan. Sebisa mungkin jawab pertanyaan mereka selengkap mungkin.

Pastikan untuk selalu ada untuk konsumen anda. Jika anda bisa selalu ada untuk konsumen, kemungkinan besar anda akan mendapatkan lebih banyak pelanggan nantinya.

  1. Tepat waktu dengan konsumen anda

Jika anda ingin memiliki omset jutaan rupiah dari bisnis jualan online di Instagram, anda wajib tepat waktu dengan konsumen anda. Jangan sampai anda terlambat mengirimkan produk yang sudah dipesan oleh konsumen.

Mungkin hal ini sedikit sulit dilakukan bagi anda yang menjalankan usaha online ini dengan sistem dropship. Bagi anda yang masih menggunakan sistem dropship, lebih baik memberikan tenggat waktu yang jauh lebih panjang kepada konsumen karena bukan anda yang mengirimkan produk kepada konsumen.

Lebih baik berjanji mengirimkan produk lebih lama namun akhirnya justru bisa lebih cepat daripada anda berjanji dapat mengirimkan produk lebih cepat namun ternyata justru sebaliknya.

  1. Selalu follow up konsumen anda

Setelah beberapa waktu menjalankan jualan online di Instagram, seharusnya anda sudah memiliki beberapa pembeli. Jika sudah ada beberapa orang yang membeli produk yang anda tawarkan, sebaiknya tetap lakukan follow up konsumen anda tersebut.

Melakukan follow up ini sangat penting, terutama jika anda ingin mempunyai banyak konsumen yang loyal terhadap anda.

Jika anda serius dalam menjalankan usaha jualan online di Instagram dan menerapkan tips-tips yang sudah dijabarkan di artikel ini, sebenarnya kesempatan anda untuk bisa memiliki omset jutaan rupiah per bulan cukup besar.

Namun masalahnya, kapan anda akan mulai mencoba menjalankan usaha jualan online di Instagram ini? Sebesar apapun potensi untuk sukses dalam satu usaha tidak akan pernah anda dapatkan jika tidak segera memulainya.

Comments are closed.