Membangun Eksternal Link

external link 001 300x151 » Membangun Eksternal LinkSetelah Anda mengeahui mengenai Link Building, kini saatnya belajar beberapa cara dasar untuk membangun eksternal link:
1. Submit blog ke direktori dan social bookmark. Prioritaskan direktori dan social bookmark yang dofollow.
2. Blogwalking memang ampuh sebagai sarana untuk membangun link. Berkomentarlah dengan meninggalkan link yang ingin anda maksimalkan dan isi nama komentator dengan anchor text yang ingin dioptimalkan. Sekali lagi, untuk backlink Google, prioritaskan pada blog-blog dengan comment dofollow.
3. Pastikan memiliki artikel yang original dan bukan contekan sehingga anda bisa mendapatkan linkback dari website/blog lain yang mereferensi atau meng-copy artikel blog anda. Jika ada yang copy-paste tanpa linkback/link sumber, pastikan untuk memintanya. Karena sekali Google mengetahui sebuah artikel adalah contekan, maka dia akan menurunkan ranking SERP-nya serendah mungkin, atau bahkan menghapus dari indeks hasil pencarian.
4. Perhatikan benar-benar penggunaan anchor text pada link (hyperlink) yang ditinggalkan sesuai dengan target keyword yang ingin dioptimalkan di search engine.
6. Link eksternal juga termasuk link-link dari dalam blog yang mengarah ke website/blog lain. Memberikan link back kepada situs-situs dengan kredibilitas dan rank yang baik juga dapat memberikan nilai tambah di mata search engine. Hindari memberi link pada situs-situs yang memiliki kredibilitas buruk, misalnya web spammer, auto content, agregator, search engine blog, blog yang tidak memiliki original content, dan situs-situs sampah lainnya  karena ini dapat menurunkan pouplaritas suatu web/blog. Kita tidak dapat mengontrol siapa yang memberikan backlink ke blog/website kita, tapi kita dapat mengontrol dan memperhatikan siapa yang kita beri backlink.
7. Untuk blog-blog baru, optimalkan terlebih dahulu link halaman utama (homepage) untuk memperkuat otoritas dan popularitasnya.

Selain cara-cara di atas, anda dapat membangun link dengan misalnya menjadi guess blogger (sebagai penulis tamu di blog lain), namun untuk mengawalinya.Merawat blog tidak hanya dengan menghabiskan waktu bersama blog saja , namun anda juga dapat menambah relasi dengan berkunjung ke blog lain. Selamat mencoba…