Perlukah External Link dikasih Link Nofollow?

Pada umumnya para blogger akan memberikan beberapa informasi di blog, dan biasanya kan disertai dengan alamat sebuah web di dalam artikel. Nah, disini anda tentunya akan memasang link web yang berkaitan dengan tema tersebut. Link tersebut apabila di klik maka akan menuju ke web orang lain, atau dinamakan dengan link keluar atau external link.

Namun jika teralu banyak link yang keluar maka akan berpengaruh terhadap pagerank atau SEO sebuah blog. Semakin banyak link yang keluar maka semakin hilang blog tersebut di mesin pencari google. Dan google akan menganggap link tersebut dengan link farm. Tentunya akan mengakibatkan blog anda akan dianggap spamming oleh google dan ujung-ujungnya blog anda bisa dibanned oleh Google aleas deindex blog. Jika blog anda sudah tidak ditemukan lagi di google, maka akibatnya sudah jelas, traffic pasti menurun.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasinya maka Anda harus membuat link nofollow ketika memasang atau menyisipkan sebuah link di artikel. Link no  follow merupakan link yang tidak akan terdeteksi oleh Google sebagai bagian dari artikel. Google akan menganggap sebagai tulisan/text biasa saja. Jadi artikel dan blog anda aman ketika inspeksi google. Berikut adalah cara membuat link nofollow:

  • Bisa dibuat secara langsung dengan format seperti ini –  <a href=”http://web_anda.com” rel=”nofollow”>anchor text</a>. Dengan demikian maka ketika Google berkunjung ke artikel ini tidak akan terbaca olehnya. Masukkan link tersebut di HTML mode dalam postingan artikel anda baik blogspot atau wordpress
  • Untuk pengguna blogspot. Ketika memasang link pada anchor text yang anda kehendaki centang Add rel=nofollow attribute. Lihat Gambar.

no follow » Perlukah External Link dikasih Link Nofollow?