Penyebab trafik blog turun: Pelajari dan Perbaiki!

Penyebab trafik blog turun » Penyebab trafik blog turun: Pelajari dan Perbaiki!Momok yang paling menakutkan bagi blogger adalah trafik blog yang turun, dan tidak tahu apa sebabnya, atau apa yang telah dilakukan sehingga bisa mengakibatkan penurunan trafik tersebut. Jika trafik menurun, tentu saja akan diikuti oleh berbagai efek negatif lainnya, seperti contohnya:

  • Pendapatan menurun
  • Keinginan untuk update blog menjadi malas
  • Muncul keinginan untuk menjual blog

Tentunya jika sebuah blog dengan trafik yang bagus harga jualnya akan tinggi, sementara blog yang trafiknya turun harga jualnya akan sangat murah dan Anda akan tekor, sebab perjuangan untuk membuatnya tidak sebanding dengan harga jualnya. Namun apa boleh buat, karena orang-orang tentu tidak ingin membeli blog yang bertrafik turun dengan harga mahal.

Hal pertama untuk dilakukan

Hal yang paling penting dan pertama untuk Anda lakukan jika Anda mendapatkan trafik blog Anda yang menurun adalah menganalisanya. Analisalah apa yang sudah Anda lakukan sebelumnya sebelum tanggal atau hari di mana trafik blog Anda menurun atau mengalami degradasi.

Kemungkinan kesalahan yang terjadi adalah sebagai berikut ini:

  • Backlinks

Ini yang sangat sering terjadi, yaitu masalah backlinks. Anda tentu sudah mengenal yang namanya update Google Penguin, yang bertujuan untuk membasmi crap backlinks atau istilahnya backlinks sampah. Jika di dunia nyata, mungkin ini sama dengan makanan sampah atau junk food yang enak di awal, namun bisa mengakibatkan kematian di akhir. Masih banyak penipu berkeliaran di forum-forum menjual backlinks sampah ini, di mana banyak yang tertipu karena review dari seseorang yang membeli backlinks tersebut. Kemungkinan memang bisa untuk sekarang, namun ke depannya seiring waktu, hanya tinggal menunggu ajal menjemput url blog tersebut. Nantinya bukan saja url blog yang dioptimisasi saja yang turun atau parahnya kena sandbox, namun kemungkinan url blog utama juga akan turun, yang otomatis akan berakhir pada penurunan jumlah visitor. Jadi, harus berhati-hati dalam memilih jasa backlinks.

  • Konten

Pernah ada pepatah bahwa backlinks adalah ratu, dan konten adalah raja. Ya, sebuah blog adalah tempat untuk berbagi informasi, jika blog Anda kosong atau minim konten maka apa yang bisa dicari dari blog Anda? Anda harus memperhatikan itu, terkecuali jika Anda sudah memiliki ribuan konten dan tidak mengupdate blog Anda lagi, maka hal tersebut lumrah dan wajar. Tetapi terkadang banyak admin dari sebuah blog yang hanya semangat pada awal-awal bulan saja, kemudian setelah jalan beberapa bulan dia pun memutuskan untuk tidak update lagi, biasanya karena malas sebab visitor tidak naik-naik atau dianggap karena visitor sudah mencukupi. Ini tidak boleh, Google dan bot dari search engine lain paling senang dengan blog yang selalu update. Maka sebaiknya sisihkan waktu minimal 1 jam saja sehari, Anda masih punya sisa waktu untuk mengerjakan yang lain-lain minimal 10 jam, apakah itu tidak cukup? Dengan 1 jam, Anda paling tidak sudah dapat membuat 2 artikel yang unik dan menarik.

Sekian artikel tentang penyebab trafik blog turun, Pelajari dan analisa, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk subscribe blog kita, ikuti terus update tentang tutorial SEO, dan dunia blogging, karena topik ini selalu berkembang, dan apabila Anda tidak mengikutinya, maka kemungkinan Anda akan kesulitan untuk bersaing dalam SERP search engine Google.