Ragam Pilihan Media Promosi Online Berbayar untuk Mendongkrak Penjualan Produk

Menjual produk secara online itu memang jauh lebih efektif dibandingkan dengan menjual produk secara konvensional. Namun untuk bisa mencetak banyak penjualan, mau tidak mau anda harus lebih giat melakukan promosi.

Sebagian besar orang yang menjual produk secara online memang masih menggunakan cara promosi yang gratis. Padahal, anda bisa menjual lebih banyak produk dengan memanfaatkan beberapa macam media promosi online berbayar.

Masalahnya, tidak banyak yang mengetahui apa saja media promosi berbayar yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk yang anda jual secara online.

Perlu anda ketahui, masing-masing jenis media promosi online berbayar itu juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Masing-masing jenis media promosi berbayar tersebut harus digunakan dengan tepat.

Mau tau lebih lanjut mengenai jenis media promosi berbayar di dunia online dan mana yang paling cocok digunakan untuk mempromosikan produk yang anda jual? Jika anda ingin mengetahui hal tersebut lebih lengkap, anda bisa pelajari di dalam artikel ini.

dongkrak penjualan produk dengan media promosi online berbayar » Ragam Pilihan Media Promosi Online Berbayar untuk Mendongkrak Penjualan Produk

Ini 3 Jenis Media Promosi Online Berbayar yang Bisa Melipat Gandakan Penjualan Produk Anda

Media promosi online berbayar itu jenisnya memang ada banyak. Ada yang cocok untuk anda gunakan dan ada yang kurang cocok untuk anda gunakan.

Berikut adalah beberapa jenis media promosi berbayar beserta penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangannya ketika digunakan:

  1. Google Adsense

Media promosi online pertama yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan produk yang anda jual secara online adalah Google Adsense.

Media promosi ini dibuat oleh Google Search Engine. Dari semua jenis media promosi online, memang Google Adsense ini memiliki jangkauan yang lebih besar.

Pasalnya, mayoritas orang jaman sekarang selalu menggunakan Google Search Engine ketika ingin mencari informasi tertentu di internet.

Oleh sebab itu, jika anda memasang iklan menggunakan media Google Adsense, jelas iklan anda tersebut bisa ditampilkan ke lebih banyak orang.

Sayangnya, karena jangkauan dari Google Adsense itu sangat luas, kebanyakan orang yang pernah menggunakannya mengalami beberapa masalah seperti:

  • Membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk bisa memasang iklan dengan menggunakan Google Adsense.
  • Sulit menemukan satu kata kunci yang profitable dan cocok untuk mempromosikan produk yang anda jual.
  • Untuk memaksimalkan dana yang anda gunakan untuk melakukan promosi dengan Google Adsense, anda harus membuat website khusus untuk produk yang anda jual.

Karena hal-hal tersebut, maka Google Adsense biasanya digunakan oleh orang-orang atau perusahaan yang memang memiliki modal cukup besar untuk melakukan promosi.

Google Adsense memang dirasakan kurang begitu cocok digunakan untuk anda yang memiliki modal yang tidak terlalu besar.

  1. Facebook dan Instagram Ads

Jika dibandingkan dengan Google Adsense, jelas Facebook dan Instagram Ads itu jauh lebih terjangkau. Namun meskipun jangkauan media Facebook dan Instagram Ads itu tidak seluas Google Adsense, keduanya masih sangat mumpuni digunakan untuk mendongkrak penjualan produk anda secara online.

Pasalnya, anda bisa sangat selektif dalam memilih target market. Anda bisa mengatur penayangan iklan produk anda di Facebook maupun di Instagram.

Karena anda bisa mengatur siapa saja target market yang anda sasar, secara otomatis modal yang anda butuhkan untuk mempromosikan produk secara online tidak terlalu besar.

Hanya saja, jenis media promosi online berbayar ini juga tetap memiliki beberapa kekurangan seperti:

  • Mau tidak mau anda harus meningkatkan engagement dengan target market anda.
  • Mayoritas target market di media sosial itu sedang dalam kondisi tidak siap membeli produk anda secara online.

Pada umumnya, kebanyakan orang yang menggunakan Facebook dan Instagram Ads itu juga membuat konten-konten menarik untuk membangkitkan niatan target marketnya untuk membeli produk yang ditawarkan.

  1. Marketplace Ads

Media promosi online berbayar terakhir adalah marketplace ads. Jika dibandingkan dengan 2 media promosi sebelumnya, jelas marketplace ads ini adalah yang paling efektif digunakan untuk mendongkrak penjualan produk anda secara online.

Kenapa marketplace ads ini paling efektif? Berikut adalah beberapa alasannya:

  • Mayoritas orang yang datang ke marketplace itu memang memiliki keinginan untuk membeli produk tertentu.
  • Tingkat kepercayaan konsumen di marketplace itu sudah sangat tinggi karena ada pihak ketiga yang berperan sebagai perantara atau penjamin transaksi.
  • Biaya memasang iklan di marketplace juga jauh lebih terjangkau.

Namun meskipun punya banyak kelebihan, menggunakan marketplace ads juga ada kekurangannya bagi anda. Berikut adalah beberapa kekurangannya:

  • Anda tidak sedang membangun loyalitas konsumen.
  • Anda tidak memiliki kontrol sepenuhnya pada platform yang anda gunakan untuk menjual produk secara online.
  • Persaingan di marketplace sangat ketat sehingga iklan produk andapun juga akan bersaing dengan penjual lain.
  • Pihak pengelola marketplace cenderung lebih memihak pada sisi konsumen dibandingkan dengan sisi penjual.

Lalu manakah jenis media promosi online berbayar yang paling cocok untuk anda gunakan? Hal tersebut tergantung dari kondisi anda saat ini.

Jika anda memang memiliki modal yang cukup besar, anda lebih disarankan untuk langsung membuat website dan mempromosikannya menggunakan Google Adsense.

Namun jika modal anda masih terbatas, anda bisa mulai mempromosikan produk menggunakan Facebook, Instagram, ataupun marketplace ads yang tingkat kesuksesan dalam meningkatkan penjualan produknya jauh lebih tinggi.

Hanya saja, kedepannya anda tetap disarankan untuk segera menggunakan Google Adsense sebagai media promosi online berbayar primer. Pasalnya anda benar-benar bisa mengelola konsumen-konsumen yang sudah anda miliki.

Comments are closed.