Cara Memasarkan Produk Handmade ke Mancanegara Secara Online

Ada banyak sekali kesempatan yang bisa anda gunakan untuk menjual produk-produk buatan sendiri aka handmade ke market luar negeri. Anda tidak perlu repot-repot memasarkan produk buatan anda sendiri tersebut secara langsung. Dengan menggunakan teknologi internet, anda bisa dengan mudah memasarkan produk buatan anda sendiri ke mancanegara. Namun sayangnya, masih banyak sekali pengrajin Indonesia yang belum tau bagaimana cara memasarkan produk handmade buatan mereka ke mancanegara.

Apakah anda juga salah satu dari pengrajin yang masih bingung mengenai bagaimana cara memasarkan produk handmade buatan anda tersebut ke pasar luar negeri?

memasarkan produk handmade ke mancanegara secara online 1024x600 » Cara Memasarkan Produk Handmade ke Mancanegara Secara Online

Jika anda tertarik untuk memperluas market penjualan produk buatan anda sendiri tersebut hingga ke pasar luar negeri, anda bisa pelajari bagaimana cara memasarkannya di dalam artikel ini.

Hal-Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Bisa Memasarkan Produk Handmade ke Pasar Luar Negeri

Sebelum bisa menjual produk handmade ke pasar luar negeri, anda harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda miliki sebelum bisa mulai menjual produk handmade ke mancanegara:

  • Akun Paypal yang sudah terverifikasi

Bagi anda yang ingin menjual produk handmade ke pasar luar negeri, anda wajib memiliki akun Paypal. Pasalnya, akun Paypal tersebut nantinya yang akan menjadi media pembayaran dari konsumen anda.

Untuk memastikan tidak ada masalah ketika menggunakan akun Paypal sebagai media transaksi dengan konsumen, pastikan untuk memverifikasi terlebih dahulu akun Paypal anda.

Akun Paypal yang sudah diverifikasi akan membuat anda lebih mudah menerima pembayaran dalam jumlah besar. Selain itu, andapun bisa dengan mudah mencairkan saldo akun Paypal tersebut ke rekening bank yang anda miliki.

  • Aktif dalam beberapa media sosial

Selain memiliki akun Paypal yang sudah terverifikasi, anda juga sangat disarankan untuk mulai membuat beberapa akun media sosial untuk digunakan sebagai showroom produk handmade yang akan anda pasarkan.

Sedikit banyak, media sosial dapat membantu memperlancar promosi produk handmade ke pasar luar negeri. Bahkan sudah banyak pengrajin Indonesia yang hanya menggunakan media sosial sebagai media untuk pemasaran produk handmade buatannya sendiri.

Salah satu media sosial yang sangat cocok digunakan sebagai showroom produk handmade adalah Instagram. Kenapa? Karena Instagram fokus pada penggunaan konten jenis foto dan juga video.

Selain itu, anda juga disarankan untuk memiliki satu kontak yang bisa dengan mudah untuk dihubungi. Salah satu contoh kontak yang paling cocok digunakan untuk mempromosikan produk handmade ke pasar luar negeri adalah Whatsapp ataupun email.

Jika anda sudah mempersiapkan semua hal tersebut, selanjutnya anda bisa mulai mempelajari dan menerapkan cara memasarkan produk handmade yang dibahas di dalam artikel ini.

2 Cara Memasarkan Produk Handmade di Pasar Luar Negeri

Jika anda memang ingin melebarkan pemasaran produk handmade yang anda buat sendiri ke luar negeri, anda bisa menggunakan 2 cara memasarkan produk handmade berikut ini:

  • Menggunakan marketplace Etsy

Cara yang paling mudah untuk memasarkan produk handmade di pasar luar negeri adalah dengan menggunakan marketplace Etsy.

Etsy adalah salah satu marketplace luar negeri yang memang fokus digunakan oleh pengrajin di seluruh dunia. Bahkan Etsy hanya mengijinkan membernya untuk menjual produk-produk yang dibuat sendiri.

Ada banyak sekali kategori produk handmade yang bisa anda pilih di marketplace Etsy. Karena ada banyak sekali kategori produk handmade yang dijual di dalam marketplace Etsy, tidak heran jika banyak orang yang mengenal Etsy sebagai marketplace produk handmade.

Untuk bisa memasarkan produk di marketplace Etsy, anda memang harus membayar biaya listing. Namun demikian, biaya tersebut terbilang sangat murah.

Selain biaya listing, anda juga diwajibkan untuk membayar komisi dari hasil penjualan produk handmade yang anda promosikan di marketplace tersebut.

  • Menggunakan marketplace Ebay

Selain Etsy, anda masih bisa menggunakan marketplace Ebay untuk mulai menjual produk handmade buatan anda ke pasar luar negeri.

Marketplace Ebay memang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan Etsy. Ebay memang tidak fokus sebagai marketplace produk handmade.

Namun meskipun tidak hanya menjual produk handmade, marketplace Ebay juga memiliki traffic yang cukup besar. Oleh sebab itu, kesempatan anda untuk bisa menjual produk buatan anda sendiri juga menjadi lebih besar.

Sama halnya seperti Etsy, Ebay juga mewajibkan anda untuk membayar biaya listing produk. Namun sekali lagi, biaya listing produk di Ebay itu sangatlah kecil.

Selain 2 cara memasarkan produk handmade tersebut, anda juga bisa menjual produk handmade menggunakan media sosial seperti Instagram. Namun untuk bisa menjual produk handmade ke pasar luar negeri dengan menggunakan Instagram, anda harus membangun trust terlebih dahulu dengan calon konsumen anda.

Jadi bagaimana? Sekarang anda sudah paham bukan bagaimana cara memasarkan produk handmade ke pasar luar negeri? Dari beberapa cara yang dibahas di dalam artikel ini, manakah yang kemungkinan besar akan anda gunakan?

Comments are closed.